duniafurqanAvatar border
TS
duniafurqan
Thread Didalam Kaskus Dipantau Inteligen


Referensi pihak ketiga

Apa Itu Inteligen?

Maraknya pemberitaan tersebut membuat instansi Badan Intelijen Negara menjadi perbincangan umum. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum begitu paham mengenai intelijen itu sendiri.

Berdasarkan kosakatanya, istilah intelijen bermakna luas dan sering di kaitkan dengan kecerdasan. Definisi menurut kamus Webster’s New Collegiate Dictionary (1985), “the abillity to learn or understand or deal with new or trying situation; the abillity to apply knowledge to manipulate one’s environment or to think abstractly Information or news..”.

Dari rujukan kamus tersebut, dapat disimpulkan bahwa intelijen berarti kemampuan untuk mengolah informasi secara abstrak dan menyelaraskannya dengan situasi baru.

Kemampuan ini memerlukan pemikiran serius seseorang. Untuk itu kecerdasan seperti dalam definisi tadi menjadi tuntutan profesi dari seorang agen intelijen.

Agen intelijen melakukan tugasnya dengan menggunakan pikiran. Maka dari itu lebih dikenal sebagai “prajurit perang pikirian”.

Setiap manusia secara alami adalah insan intelijen. Kegiatan sehari-hari yang dilakukannya mencakup tiga fungsi dasar intelijen, yaitu penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan.

Contohnya pada masyarakat pedalaman, rumah panggung dipilih masyarakat dalam rangka mengamankan penghuni dari gangguan binatang buas atau serangan musuh.

Sebelum membangun rumah panggung tersebut, manusia mengumpulkan informasi atau menyelidiki terlebih dahulu wilayah yang akan dibangun rumah.

Setelah itu, manusia berupaya mempengaruhi masyarakat sekitar agar mendapatt dukungan untuk membantu membangun rumah tersebut, upaya mencari dukungan tersebut menjadi bukti adanya upaya penggalangan.

Tapi tahukah kamu? setiap kita membuat thread diblog atau website manapun harap berhati hati.Dikarenakan, di setiap thread yang kita buat selalu dipantau team Intelegen.Maka,buatlah thread yang tidak mengandung unsur sara.Seperti, thread yang tidak menimbulkan kerusuhan.

Dihimbaukan untuk seluruh pengguna kaskus,jangan menyalah gunakan kaskus sebagai kepentingan pribadi.Untuk itu, gunakan kaskus dengan sebijak mungkin.Tetaplah dalam memposting hal-hal positif.Salam damai untuk semua pengguna kaskus Terima kasih.

Source: kompasiana.com dan pengamatan pribadi
KangPri
ximuzzaii
ximuzzaii dan KangPri memberi reputasi
2
4.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan KepolisianKASKUS Official
2.2KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.