• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Indonesia Banget! Seperti Ini Jika Halloween Dirayakan dengan Sentuhan Kearifan Lokal

elviciAvatar border
TS
elvici
Indonesia Banget! Seperti Ini Jika Halloween Dirayakan dengan Sentuhan Kearifan Lokal
Halloween di Indonesia, Halloween, Pesta Topeng, Pesta Kostum, Trick or Threat!


Sebentar lagi tanggal 31 Oktober, kesibukan untuk perayaan Halloween sudah mulai terlihat. Hampir seluruh dunia dari berbagai latar belakang negara tak ingin ketinggalan merayakan.




Kegembiraan terlihat dari kekhasan perayaan Halloween, yaitu berbagai dekorasi seram, acara-acara festival dan kostum karakter disiapkan.

Jadi, apa sih sebenarnya yang dimaksud Halloween itu?

Istilah Skotlandia menyebutnya All Hallows' Eve yaitu Malam Para Kudus. Dalam bahasa Skot, kata "eve"adalah even, dan dipendekkan menjadi e'en atau een. Lalu berkembang dan berevolusi menjadi Hallowe'en dan penyebutannya familier sebagai Halloween, kependekan dari All Hallows’ Evening. Tradisi Halloween bermula dari festival-festival panen Kelt kuno, sebutan bagi sejumlah puak Eropa Tengah pada masa silam. Dimaksudkan untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia, termasuk para santo atau semacam tingkatan orang suci, dan arwah orang baik lainnya.

Apa saja bentuk kegiatan perayaan Halloween?

Umumnya, kegiatan saat merayakan Halloween seperti  menghadiri pesta kostum Halloween, mendekorasi, mengukir labu menjadi Jack-o'-lantern, menyalakan api unggun (bonfire), pertunjukan kembang api, bermain ramalan, saling melemparkan lelucon dengan menempatkan lilin-lilin di dalam tengkorak di pemakaman untuk menakut-nakuti pengunjung, menonton film horor, mengunjungi atraksi berhantu, dan berdongeng tentang cerita mengerikan.

Paling populer dalam perayaan Halloween adalah permainan Trick or Treat!,  biasa dilakukan anak-anak dengan memakai kostum seram sebagai penyamaran, mereka berkeliling mengetuk pintu ke pintu tetangga mereka untuk meminta permen, cokelat, atau kadang-kadang uang sambil meneriakkan “Trick or Treat!”. Ucapan ini serupa ancaman yang dimaksudkan bahwa mereka akan melakukan kenakalan pada pemilik rumah jika tidak diberikan apa-apa.

Tradisi Perayaan Berbeda-beda di Setiap Negara

Tradisi dan arti penting Halloween sangat bervariasi di antara negara-negara yang merayakannya karena dipengaruhi adat istiadat dan latar budaya berbeda-beda. Halloween dibawa dan populer di negara-negara lain seperti Amerika Utara, Kanada, Chili, Australia, Selandia Baru, sebagian besar Eropa Daratan, Jepang, dan belahan Asia Timur lainnya oleh gerakan imigrasi massal pada abad ke-19.

Perayaan di Amerika Utara dan Kanada berpengaruh besar pada bagaimana acara tersebut dirayakan di negara lain, menjadi salah satu perayaan populer di samping Natal dan Thanksgiving. Orang-orang Filipina yang punya Hari Raya Semua Orang Kudus (Araw ng mga Patay) pada 2 November dan Hari Semua Jiwa pada tanggal 2 November bahkan mempercepat perayaan itu dan merayakannya tanggal 31 Oktober yaitu di hari Halloween.

Lalu, bagaimana dengan perayaan Halloween di Indonesia?

Di negara yang mayoritas beragama Islam, banyak pendapat mengatakan bahwa perayaan yang menampilkan dan menggambarkan sosok setan atau iblis tidak patut ditiru. Meskipun tidak terdapat ritual keagamaan di dalamnya.
Namun, pergeseran pemikiran era modern telah mengesampingkan alasan itu dan pendapat dikuatkan dengan dalih bahwa perayaan Halloween diisi oleh kegiatan bernilai keseruan, mengasyikkan dan memperkuat keakraban. Alasan bahwa perayaan Halloween telah bergeser nilainya, bukan lagi sebagai tradisi sakral, melainkan perayaan ekspresi diri dan mendatangkan keuntungan bagi beragam sektor industri.

Nah, bagaimana jika perayannya di Indonesia diiisi dengan kreativitas khas Indonesia?

Karakter hantu dan setan yang ditampilkan dalam perayaan Halloween di negara barat memang banyak dipilih. Seperti zombie dan vampire, atau tokoh thriller sampai karakter superhero. Akan tetapi, ketimbang mempopulerkan karakter luar, kenapa kita tidak mengangkat tokoh-tokoh populer yang turun temurun diceritakan di negeri kita ini, coba? Indonesia punya segudang karakter menyeramkan, yakin deh, tampilan dan cerita pendukung di balik karakter hantu Indonesia lebih mengerikan dibanding yang ada di luar negeri.

Indonesia Banget! Seperti Apa Jika Halloween Dirayakan dengan Sentuhan Kearifan Lokal?

Karakter hantu, setan, iblis, makhluk halus, makhluk mitos dan semacamnya ala Indonesia cocok banget jika diangkat dalam festival Halloween. Bahkan dinilai dari seramnya cerita Suzana, Si Manis Jembatan Ancol, Hantu Casablanca, bisa diangkat kok sebagai karakter kostum pesta Halloween. Seperti apa lagi misalnya? Yuk, simak 7 hantu legendaris di bawah ini bagaimana berdandan beserta keseruan tampilannya.

1. Kuntilanak


Hantu legenda Indonesia banget ini, hehe. Seringnya menghuni pohon-pohon di pinggir jalan. Ceritanya sih dia bisa berubah wujud jadi wanita cantik, terus isengin pengendara.
Tuh, tinggal pakai baju daster putih dan wig panjang, lalu berdiri aja di balkon ruang pesta, dijamin tampilanmu sukses bikin acara lebih berasa mengerikan.

2. Sundel Bolong


sumber gambar

Karakter hantu Indonesia yang punggungnya bolong, ngeri, ya?
Bajumu dilukis pake tiga dimensi di bagian punggung, jadi seolah bolong tuh.

3. Genderuwo


sumber gambar

Makhluk astral yang terkenal dengan mata merah menyala dan sosoknya yang tinggi besar menjulang, serta seluruh tubuhnya ditutupi bulu. Konon juga bisa berubah wujud jadi laki-laki tampan lalu mengelabui wanita-wanita untuk mengencaninya. Ada juga cerita bahwa genderuwo suka ikut ke rumah kalo kita sempat dari luar dan berhenti di tempat yang dihuninya.
Kalo ini, kayaknya kamu bisa permak kostum gorila deh. Terus topengnya dipakein taring dan bikin bagian matamu berwarna merah.

4. Tuyul


sumber gambar

Wujudnya berupa anak kecil botak dan telanjang dada, cuma pake cawat alias celana dalam doang. Katanya tuyul terampil mencuri uang, jadi dimanfaatkan untuk pesugihan. Menurut mitos, orang yang mencukur alisnya bisa melihat tuyul. Wah, berarti banyak ya zaman sekarang cewek-cewek yang bisa lihat tuyul.
Ada enggak kira-kira yang mau mengangkat karakter ini di pesta Halloween nanti? Pasalnya, ya harus rela telanjang dada terus pake kolor doang? Muka dibedakin sampe putih celemokan gitu. Nah, yang dekat-dekat sama tuyul ini perhatikan deh, pada pegang dompet enggak, takut uangny raib, hehe.

5. Pocong


sumber gambar

Wah, hantu pocong sih udah familier ya di telinga. Karakter hantu yang digambarkan bangkit kembali setelah dikuburkan. Jadi ya itu, kain kafan kumal otomatis jadi pakaiannya, kan ceritanya udah kotor dong kena tanah.
Mau pakai seprai putih juga bisa. Tinggal diikat di bagian pinggang dan atas kepala. Jangan lupa seprainya dikucelin dulu. Bagian kaki jangan ikut diikat, ya. Entar malah terpaksa jalanmu bener-bener mesti loncat-loncat sepanjang pesta.

6. Jin Tomang


sumber gambar

Asyik juga buat yang punya postur tubuh mendukung, nih. Pake karakter ini. Jin bersosok telanjang dada, botak, dan perut buncit.

7. Jelangkung


sumber gambar

Arwah gentayangan yang memasuki perantara karena dipanggil dengan ritual. Perantaranya biasa dibuat boneka kepala batok kelapa dan ranting atau bilah kayu yang dibentuk lalu dikasih baju.
Kebalikan dari Jin Tomang, karakter ini cocoknya ya buat kamu-kamu yang punya tubuh ceking cungkring. Kan enggak lucu juga boneka jelangkung kok gemuk.

Gimana, GanSis? Karakter hantu-hantu Indonesia di atas tentunya akan menambah keseruan dan keseraman acara kostum Halloween-mu. Tentu saja mesti didukung dengan make-up yang totalitas buat mendukung kostum.

Jadi, enggak melulu menyontek tradisi luar, Hallowen itu bisa jadi ajang dan momen yang tepat untuk melestarikan kearifan lokal kita dan memperkenalkan khasanah ‘dunia lain’ khas Indonesia ke khalayak.

Referensi:
wikipedia, opini

darmawati040
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 20 lainnya memberi reputasi
21
8.2K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.