codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Harapan Ane di Periode Baru Pemerintahan Jokowi


Pesta demokrasi Pemilu 2019 telah usai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah sah menetapkan pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin sebagai pemenang kontestasi Pilpres untuk periode tahun 2019-2024.


Gambar

Setelah ini, tentunya Pak Jokowi tidak boleh berlarut-larut dalam euforia atas terpilihnya kembali beliau sebagai Presiden, karena tantangan besar dan harapan dari seluruh masyarakat Indonesia sudah menunggu di pintu gerbang masa pemerintahan beliau yang baru.

Publik pasti akan menagih apa-apa yang sudah beliau janjikan pada masa kampanye. Tapi kalo ane sendiri sih gak akan muluk-muluk menagih janji-janji beliau bisa terealisasikan semuanya, paling tidak ane berharap Pak Jokowi lebih fokus pada hal-hal penting yang memang dibutuhkan bangsa ini ke depan.
emoticon-cystg


Gambar

Pemerintahan Pak Jokowi yang baru akan menghadapi tantangan besar untuk mengembalikan tingkat kepercayaan publik. Kebijakan pemerintah kerap kali menuai keluhan di masyarakat, mulai dari kenaikan harga barang/jasa/pangan yang fluktuatif dan sosialisasinya yang tidak maksimal, sampai pada penegakan hukum yang masih tebang pilih.

Kebijakan Pak Jokowi juga beberapa kali menimbulkan kegaduhan, contohnya seperti penyetujuan revisi UU KPK yang belakangan sempat ramai. Pemerintah harus bisa meyakinkan publik kalo kebijakan yang dikeluarkan memang bertujuan untuk kepentingan rakyat, bukan untuk kepentingan golongan tertentu. Disini harus ada transparansi untuk bisa memenangkan kepercayaan masyarakat lagi terhadap pemerintah.
emoticon-No Hope


Gambar

Selain itu, pemilihan menteri di kabinet pemerintahan yang baru juga harus dilakukan dengan hati-hati. Walaupun kabinet yang baru nanti diisi lebih banyak dari partai-partai koalisi yang 'bengkak', tapi ane harap dipilih menteri yang punya kredibilitas dan track record yang jelas.

Jangan sampai para menteri yang angkat menghambat kinerja pemerintah. Apalagi kalo sampai terlibat dengan kasus hukum. Karena gak cuma Presiden sendiri yang malu, tapi tingkat kepercayaan terhadap pemerintah nanti juga akan menurun.

Sssst... Kalo boleh saran Pak, jika ada menteri sekarang yang performanya bagus, lebih baik dipertahankan. Dan posisi-posisi menteri yang strategis lebih baik diserahkan ke orang profesional non-partai aja, jangan ke orang partai.
emoticon-Malu


Gambar

Dan yang tak kalah penting juga masalah kualitas SDM. Pemerintah harus meningkatkan kualitas SDM lokal supaya unggul dan tak kalah bersaing dengan SDM negara lain. Pengembangan SDM ini sangatlah penting, apalagi di tengah era globalisasi seperti sekarang. Jangan sampai SDM kita tertinggal.

Salah satu cara meningkatkan kualitas SDM kita adalah melalui pendidikan. Bukan cuma pembangunan dan pemerataannya aja, tapi kualitas pendidikan di Indonesia juga harus ditingkatkan. Dengan pendidikan yang baik, masyarakat akan terhindar dari ajaran-ajaran menyimpang.
emoticon-Jempol


Gambar

Terakhir, ane pengen negara dalam hal ini pemerintah, bisa hadir merajut kembali persatuan dan kebersamaan yang terkikis di masyarakat akibat kontestasi Pemilu kemarin. Baik yang kemarin milih Pak Jokowi atau pun yang enggak, harus bisa dirangkul semua. Jangan sampai ada pihak yang merasa 'dianaktirikan'.

Presiden sebagai panglima tertinggi di republik ini harus jadi ikon pemersatu semua elemen bangsa. Dan kita sebagai masyarakat juga harus mendukung upaya-upaya pemerintah kalo memang itu bertujuan demi kebaikan bangsa dan negara yang kita cintai ini.
emoticon-I Love Indonesia
sebelahblog
zafinsyurga
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
862
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.