Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shifu356Avatar border
TS
shifu356
Revitalisasi Trotoar Anies Dicemooh Warga
Revitalisasi Trotoar Anies Dicemooh Warga
Pejalan kaki melintas di sekitar proyek revitalisasi trotoar di Jalan Salemba Raya, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merevitalisasi trotoar Jalan Salemba, Kramat Raya, dan Cikini Raya dengan anggaran sebesar Rp75 milliar. Rencananya proyek tersebut rampung pada Desember 2019. | AKURAS E N S O REndra Prakoso

AKURAT.CO, Bunyi klakson mobil saling bersahutan di sepanjang Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur. Para pengendara yang hendak menuju Kampung Melayu berusaha untuk bisa masuk ke lajur dua jalanan tersebut. Pasalnya di lajur paling kiri sedang ada pelebaran trotoar.
"Ngapain sih ngerjain kaya begini pagi-pagi, bikin macet tambah parah aja," ujar Ahmed Husni pengendara mobil Mitsubishi Lancer, Selasa (16/10/2019).
Ahmed mengaku bukan tidak setuju dengan perluasan trotoar, dirinya merasa keberatan karena hal tersebut dilakukan pagi hari, sehingga membuat suasana di ruas jalan tersebut makin semrawut.

Baca Juga:

[url=http://akuraS E N S O Rnews/id-812121-read-pemkot-jakarta-timur-persiapkan-trotoar-jatinegara-untuk-pkl][color=#ef4623][b]Pemkot Jakarta Timur Persiapkan Trotoar Jatinegara Untuk PKL[/b][/color][/url]
[url=http://akuraS E N S O Rekonomi/id-811765-read-pemerintah-bakal-revitalisasi-blk-di-lampung-barat][color=#ef4623][b]Pemerintah Bakal Revitalisasi BLK Di Lampung Barat[/b][/color][/url]
[url=http://akuraS E N S O Rnews/id-808957-read-penuhi-hak-pejalan-kaki-pemprov-dki-memperlebar-sejumlah-trotoar-jakarta][color=#ef4623][b]FOTO  Penuhi Hak Pejalan Kaki, Pemprov DKI Memperlebar Sejumlah Trotoar Jakarta[/b][/color][/url]



"Harusnya dikerjakan malam hari, ketika aktivitas warga ibu kota tidak begitu padat," ujarnya.
Terkait pelebaran trotoar sendiri Ahmed mengatakan, hal tersebut tidak akan berhasil menekan jumlah kendaraan roda empat jika pemprov DKI masih membuka seluas-luasanya para produsen mobil untuk menjual barang dagangannya.
"Sekarang jalan dipersempit, namun penjualan mobil tetap dilakukan, maksudnya apa jika seperti itu," ujar pekerja swasta yang pernah kuliah di Universitas Jayabaya ini.
Di tempat terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, telah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 kilometer pada 2017-2019.
Anies menuturkan, revitalisasi trotoar akan dilanjutkan pada 2020. Pemprov DKI mengusulkan anggaran Rp 1,1 triliun untuk revitalisasi trotoar pada 2020.
"Kita melakukan revitalisasi di tahun 2017-2019 sepanjang 134 kilometer dan targetnya nanti tahun depan, kita akan menata 47 kilometer," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/10/2019).
Ada 51 lokasi revitalisasi trotoar, antara lain Jalan KH Wahid Hasyim dan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat; Jalan Sisingamangaraja hingga Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan; kawasan Velodrome, Jakarta Timur; Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat; Jalan Yos Sudarso dan Jalan Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara.
Anies menyampaikan, revitalisasi trotoar dibangun dengan spirit kesetaraan untuk semua kalangan.
"Karena itu disiapkan ada bidang miring atau ramp, ubin pemandu atau guiding block, lalu fasilitas untuk penyandang disabilitas, ibu hamil, lansia," kata Anies.
Selain itu, trotoar yang sudah direvitalisasi juga terintegrasi dengan angkutan umum, yakni transjakarta, MRT, dan LRT.
Anies menuturkan, halte-halte di kawasan trotoar Sudirman-Thamrin juga sudah dilengkapi dengan peta rute dan petunjuk jalan.
"Di beberapa kawasan, kita sudah mulai tambahkan wayfinding dan signage. Nanti kita rencanakan seluruh kota Jakarta akan dilengkapi dengan itu. Saat ini koridor Sudirman dan Thamrin," ucapnya.
Pemprov DKI, lanjut Anies, juga membangun penyeberangan sebidang (pelican crossing) dan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang artistik.[]





[url=https://akuraS E N S O Rnews/id-813069-read-revitalisasi-trotoar-anies-dicemooh-warga]Sumber[/url]

0
1.8K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.