• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Kandungan Gizi Tempe dan Cara Membuatnya yang Perlu Agan Tahu!

abellacitraAvatar border
TS
abellacitra
Inilah Kandungan Gizi Tempe dan Cara Membuatnya yang Perlu Agan Tahu!

sumber

#Tempe
#Apakah itu tempe? Kandungan gizinya bagaimana?
#Bagaimana Membuat Tempe yang Mudah?


Assalamualaikum

Hai, Gansist. Jumpa lagi dengan thread saya, Abella Citra. Semoga selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Kali ini saya membawakan wacana tentang tempe. Apakah itu tempe? Pasti Gansist sudah banyak yang pahamkan? Iya, betul. Tempe adalah olahan dari biji kedelai atau dari biji-bijian tertentu (kacang tanah, kacang hijau, petai cina, biji jagung, kacang koro, bahkan biji karet) diolah melalui beberapa tahapan proses kemudian difermentasikan dengan ragi atau kapang jenis Rhizopus.

Kapang yang tumbuh pada biji kedelai atau bahan lain inilah yang menyebabkan kita mudah mencerna jenis bijian ini, Gansist.

Spoiler for Kandungan Gizi pada Tempe:


Setelah kita tahu banyak sekali kandungan gizinya Gansist, pantaslah kiranya tempe ini menjadi makanan favorit. Bisa menjadi menu andalan keluarga. Di samping harganya yang murah dan mudah didapatkan, Gansist.

Tempe ini bisa diolah menjadi berbagai varian rasa salah satunya Kering Tempe Teri

Sekarang saya akan mengulas tentang cara membuat tempe, Gansist.

Cara Membuat Tempe

Membuat tempe banyak sekali prosesnya Gansist, kalau gak teliti, cermat, dan tepat bisa-bisa gagal Gansist.

1. Pemilihan biji dan perebusan

Untuk mendapatkan hasil tempe yang berkualitas tentunya kita memerlukan bahan yang berkualitas juga Gansist, pilih biji yang bulat utuh (gilik). Setelah biji dipilih dan dipisahkan dari kerikil atau barang kali ada kotoran kemudian dicuci, Gansist.

Setelah itu direbus. Fungsi dari perebusan adalah untuk proses hidrasiagar biji kedelai menyerap air sebanyak mungkin, Gansist. Fungsi lain yaitu mempermudah penyerapan asam pada tahap perendaman nantinya.

2. Pengupasan

Pada tahap ini setelah direbus biji kedelai yang sudah dingin kemudian dikupas kulitnya, Gansist. Kalau bahan pembuatan tempe sedikit bisa menggunakan tangan dengan diremas-remas Gansist. Jika, skala besar bisa diinjak-injak, atau menggunakan mesin pengupas kulit yang sudah bisa dibeli. Siram menggunakan air mengalir agar kulit ikut aliran air ya, Gansist.

3. Perendaman

Setelah dikupas kemudian masuk pada tahap perendaman, biasanya selama semalam Gansist. Tujuannya untuk hidrasi biji kedelai itu nanti bisa sempurna, Gansist. Proses fermentasi asam laktat secara alami dan diperoleh tingkat keasaman yang sesuai untuk pertumbuhan fungi itu sendiri.

Fermentasi ini dianggap berhasil Gansist, jika tercium bau asam dan ada buih pada air rendaman tersebut. Akibat pertumbuhan bakteri Lactobacillus.

Fungsi lainnya dari asam laktat yaitu meningkatkan nilai gizi dan menghilangkan bakteri beracun, Gansist.

4. Pencucian

Pada tahap ini diharapkan kotoran yang masih menempel atau kotoran yang terbentuk oleh asam laktat pada biji kedelai bisa hilang, Gansist. Sehingga, proses pertumbuhan fungi bisa sempurna dan menghasilkan tempe yang berkualitas.


sumber

5. Inokulasi atau peragian

Setelah tahap pencurian kemudian dikeringkan dahulu Gansist biji kedelainya. Sekiranya cukup kering baru ditambahkan biangnya atau biaa disebut dengan ragi tempe atau inokulum.

Spoiler for Macam-macam inokulum:


Inokulasi bisa dilakukan dengan dua cara antara lain,

1. Menebarkan inokulum atau ragi tempe pada permukaan biji kedelai yang sudah siap tadi, Gansist. Secara merata agar pertumbuhan kapang sempurna juga.

2. Inokulasi dilakukan pada saat perendaman tadi, akan tetapi memerlukan waktu yang lebih lama Gansist.

6. Pembungkusan

Setelah proses peragian barulah biji kedelai ini dibungkus Gansist, bisa menggunakan plastik, daun pisang, daun jati, ataupun daun waru.

Pada proses ini Gansist, memerlukan oksigen untuk menyempurnakan proses peragian. Jadi, kalau bungkusnya plastik harap diberi lubang kecil yang banyak ya.

Kita memerlukan waktu sekitar 18-36 jam, pada suhu 20-37 derajat Celsius supaya ragi tersebut mampu menembus permukaan biji kedelai dengan sempurna, Gansist.

Jadilah tempe yang siap diolah. Nah, gimana Gansist? Rumit dan memerlukan waktu yang lamakan? Kita tak tahu prosesnya yang kita tahu tempe ini siap diolah menjadi berbagai varian olahan.

Kalau agan ada yang berkeinginan untuk berwiraswasta membuat pabrik tempe bisa sebagai bahan referensi, Gansist.

Semoga thread ini bisa membantu ya, Gansist. Jangan lupa rate, komentar, dan subscribe!

emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk

Surakarta, 15 Oktober 2019
Abella Citra
sumber di sini




zafinsyurga
nona212
tien212700
tien212700 dan 45 lainnya memberi reputasi
46
8.7K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.