Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Pamer Sederet Infrastruktur
Dream – Tak lama lagi, masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan berakhir. Selama lima tahun pemerintahan Jokowi-JK, pembangunan difokuskan kepada infrastruktur.

Menjelang berakhirnya pemerintahan Jokowi 2014—2019, mantan gubernur DKI Jakarta memamerkan sederet prestasinya di bidang infrastruktur yang terbaru. Mulai dari bendungan sampai jalan perbatasan.

Dikutip dari akun Instagram @jokowi, Senin 30 September 2019, misalnya Bendung Sungai Gugubali di Morotai Utara, Maluku. Bendung dan tanggul dibuat indah dan berwarna-warni.

Bendung itu menggunakan teknologi Bendung Modular yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ada juga jalan paralel di perbatasan di Kalimantan Barat. Jalan selebar minimal tujuh meter ini dibangun di daerah perbatasan serta bisa membuka daerah yang terisolasi dan mendorong ekonomi di kawasan perbatasan.

Lalu, ada apa lagi? Berikut ini lima pembangunan infrastruktur yang dipamerkan Jokowi menjelang akhir pemerintahannya: 


Jalan Paralel Perbatasan

Jalan Paralel Perbatasan ini sepanjang 317,05 km yang telah beraspal, 253,29 km yang berlapis agregrat, dan 257,63 km masih berupa perkerasan tanah. Jalan ini selebar minimal 7 meter.

 Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Pamer Sederet Infrastruktur

Jalan itu membentang dari Temajuk sampai Batas Kalimantan Timur. Total panjangnya 827,97 km.

Pembangunan jalan perbatasan ini strategis karena selain sebagai fungsi pertahanan dan keamanan negara, juga membuka daerah terisolir dan menumbuhkan ekonomi kawasan perbatasan.


Bendungan Sungai Gugubali

Bendung dan tanggul ini dibangun di Pulau Morotai, Maluku Utara, oleh Kementerian PUPR tahun lalu. Bendungan ini selebar 30 meter untuk mengairi daerah irigasi seluas 300 hektare.

Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Pamer Sederet Infrastruktur

Menariknya, bendung terdiri dari balok berwarna-warni. Balok-balok itu merupakan susunan blok beton tipe pusair yang saling mengikat, mengunci, serta membentuk struktur ambang dan pelimpah bendung.

Teknologi Bendung Modular yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR, digunakan di Bendung Sungai Gugubali untuk menaikkan tinggi muka air sungai.

Konsep bendung modular memiliki sambungan yang kuat, cukup kedap untuk mengurangi kehilangan air, dan strukturnya dapat beradaptasi dengan perubahan dasar sungai. Balok yang rusak dapat diganti sesuai bagiannya.

Inovasi dan teknologi diperlukan dalam pembangunan infrastruktur untuk menjadi lebih baik, cepat, dan lebih murah. Teknologi itu merupakan karya anak bangsa, lho.



Jalan Tol Cikampek II

Jokowi juga mengunggah proyek Tol Jakarta—Cikampek II. Dikatakan bahwa tol ini akan beroperasi pada akhir November 2019. Kendaraan tersebut bisa dilalui pemudik Natal dan Tahun Baru 2020.

Saat ini, pembangunan Tol Jakarta—Cikampek II sudah 96,5 persen dan telah melalui uji beban dengan 16 truk—masing-masing truk berbobot 40 ton.

Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Pamer Sederet Infrastruktur

Tol Jakarta—Cikampek II ini menjadi jalan tol dan jembatan terpanjang se-Indonesia. Jembatannya membentang sepanjang 36,4 km dan konstruksi layang ditunjang oleh 9 ribu tiang panjang di sebagian ruas tol Jakarta—Cikampek, mulai dari Cikunir sampai Karawang Barat.


Tol Balikpapan-Samarinda

Jalan tol Balikpapan—Samarinda membentang sepanjang 99,35 km. Jalan itu bisa memangkas waktu tempuh yang biasanya 4 jam menjadi 1 jam.

 Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Pamer Sederet Infrastruktur

Selain itu, jalan tol ini akan melewati Kecamatan Samboja di Kutai Kartanegara yang rencananya jadi lokasi ibu kota baru negara baru Indonesia.


Tol Cisumdawu

Jalan tol ini menghubungkan Ranca Kalong dengan Sumedang, Jawa Barat. Jalan tol dua arah bersisian melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut gunung.

Di atasnya jalan-jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan permukiman warga Desa Cilengser di Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang. Dan di kejauhan, terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut.

Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Pamer Sederet Infrastruktur

Terowongan ini berada di seksi dua Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalan tol ini panjangnya 61,5 kilometer yang terdiri atas enam seksi. Seksi 1-3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020. Ada pun sisanya, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan.

Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan “ segitiga emas” Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utamo menyebut, hingga akhir 2019 pemerintah menyelesaikan 103 proyek.

"Per September 2019 ada 81 proyek yang sudah selesai. Kami mencatat akhir 2019 akan mencapai 103 proyek yang akan selesai dan hingga 2020 sekitar 143 proyek diperkirakan akan selesai yang mana sedang dalam tahap progress pembangunan," kata Wahyu di Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019).

Menurut Wahyu, secara kumulatif terhitung sejak 2016 sampai September 2019 terdapat 81 PSN yang selesai dengan nilai investasi Rp390 triliun. 

Sebagai informasi, dalam paparan presentasi Wahyu sempat menjelaskan secara rinci soal capaian pemerintah pada lima tahun ke belakang. Seperti, proyek yang selesai pada 2016 mencapai 20 proyek dengan nilai Rp33,3 triliun, capaiannya yaitu 7 bandara, 1 jalan tol, 6 bendungan, 1 pelabuhan, 1 jalur pipa gas, 4 PLBN

Kemudian proyek yang selesai tahun 2017 ada 10 proyek senilai Rp61,4 triliun. Seperti 2 jalan tol, 1 jalan akses, 1 bandara, 1 fasilitas gas, 3 PLBN, 1 bendungan, 1 saluran irigasi

Kemudian proyek yang selesai di tahun 2018 mencapai 32 proyek senilai Rp207,4 triliun. Seperti 2 kereta api, 4 bendungan, 1 irigasi, 10 jalan tol, 5 KEK, 1 bandara kawasan industri, 4 semelter, 1 sentra kelautan perikanan.

Kemudian proyek yang selesai di tahun September 2019 yaitu, 19 proyek senilai Rp7,7 triliun. Terdiri dari 3 bandara, 5 jalan, 4 kawasan, 2 smelter, 3 bendungan sampai 2 teknologi.

https://m.dream.co.id/dinar/akhir-ja...pt-ad-dream-sc
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.3K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.