GenPicoAvatar border
TS
GenPico
Wiranto Ditusuk Tak Berdarah, Lukanya Lebih Gawat dari Dugaanmu!

GenPI.coPeristiwa penusukan Menko Polhukam Wiranto membuat netizen bertanya-tanya, kenapa setelah ditusuk tidak mengeluarkan darah yang banyak. 


BACA JUGA : Walah, Habis Ditusuk, Agama Wiranto Malah Jadi Trending Google!

Seorang warganet yang memiliki akun Twitter @nurshs menjelaskan kenapa pasca penusukan yang dilakukan Abu Rara terhadap Wiranto tidak menimbulkan darah sampai berceceran.

Akun tersebut memberikan contoh dengan slide foto yang menggambarkan akibat tusukan seperti yang dialami Wiranto. Dalam keterangannya, @nurshs mengategorikan tusukan tersebut merupakan jenis ‘tusuk abdomen’.


Dalam ulasannya, @nurshs menjelaskan bahwa tusukan yang menggunakan pisau kecil tidak berefek kerusakan jaringan tubuh luar. Tetapi efek tersebut akan berdampak sangat parah di dalam perut.


“Contoh luka tusuk abdomen, mengapa tdk memberikan efek perdarahan dramatis terlihat dari luar. Krn senjata yg digunakan berbentuk kecil runcing tajam. Tapi memberikan efek kerusakan jaringan di dalam perut shg terjadi perdarahan massiv di intra abdomen (di dalam rongga perut),” tulis @nurshs yang menyertai slide foto akibat tusuk abdomen.

Dalam postingan selanjutnya, @nurshs menjelaskan, kenapa efek dari tusukan tersebut, usus Wiranto harus dipotong 40 cm karena luka usus halus ditemukan di banyak tempat.

“Ada lagi yg nyinyir, kok usus halusnya Pak @wiranto1947 dipotong 40 cm. Pada manusia panjang usus besar adalah sekitar  1,8 sd 2 meter & panjang usus halus adalah 6 meter. Kalau dilihat dari video, tikaman bertubi-tubi sangat memungkinkan terjadi luka usus halus di banyak tempat,” tulis @nurshs.


@nurshs juga memberikan contoh dengan disertai video proses pembersihan gumpalan darah pada usus yang rusak akibat tusukan abdomen.

“Contoh: Diagnosa dan penatalaksanaan luka tusuk abdomen area kiri bawah menggunakan  laparoscopy . Akan terlihat gumpalan darah di sekitar usus besar di dalam rongga perut, kemudian dilakukan suction. Pada kasus ini tdk terjadi luka serius pada usus,” terang @nurshs.

BACA JUGA : Foto Ini Bikin Kamu Nggak Nanya-Nanya Lagi Soal Agama Wiranto

BACA JUGA : Anggota TNI Dicopot Sebab Istri Nyinyirin Wiranto di FB

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto terkait darah dan luka yang diderita oleh Wiranto melalui pernyataan Tenaga Ahli Deputi IV KSP Ali Mochtar Ngabalin atau Ali Ngabalin, bahwa Wiranto menderita luka tusukan dengan kedalam sekitar 10 sentimeter.


Menurut keterangan dokter, kata Ali Ngabalin, darah yang keluar dari tubuh Wiranto akibat luka tusuk itu memang tidak banyak.

"Kalau dari luar darahnya memang tidak terlalu banyak , tetapi karena dalam dinding perut itu senjata tajam menembus usus kecil, diperkirakan darah yang tertampung itu sekitar 3 liter, jadi memang ada masa yang kita khawatirkan kemarin," kata Ali Ngabalin dikutip dari tayangaan Dua Sisi TV One.

Spoiler for Simak! Tragedi Penusukan Wiranto::




Reporter : Winento



rizaradri
revolutionary
suryar
suryar dan 5 lainnya memberi reputasi
4
5.2K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.