alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9f37b4c8208426c75d1260/inilah-bunyi-hukum-kekekalan-timbunan-ente-termasuk-tipe-penimbun-nomor-berapa
Diantara para penimbun buku, ada istilah yang namanya "Hukum Kekekalan Timbunan". Apakah ini sama dengan "Hukum Kekekalan Energi" yang kita kenal waktu sekolah dulu?
Lapor Hansip
10-10-2019 20:52

Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?

Past Hot Thread
Hukum Kekekalan Energi
VS
Hukum Kekekalan Timbunan


...
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
Sumber : pixabay.com


Buku bagi seorang bibliophile, buku adalah segalanya. Sebelum bahas lebih lanjut, ane mau tanya nih, udah ada yang paham belum tentang bibliophile?

Jadi, bibliophile itu berarti pecinta buku. Kalau istilah jadulnya disebut kutu buku. Saking cintanya sama buku, mereka sering terlihat bersama buku. Ini yang mendorong seorang bibliophile juga menjadi seorang penimbun buku.

Diantara para penimbun buku, ada istilah yang namanya "Hukum Kekekalan Timbunan". Apakah ini sama dengan "Hukum Kekekalan Energi" yang kita kenal waktu sekolah dulu?

Hukum kekekalan energi kan berbunyi : Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tetapi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan.

Sedang Hukum Kekekalan Timbunan berbunyi :

1. Kecepatan baca berbanding terbalik dengan kecepatan timbunan. Belinya sih secepat kilat tapi bacanya nunggu waktu luang, lagunya Koes plus nih : Kapan-kapan.

2. Timbunan tidak berkurang tapi hanya berganti judul saja. Lebih seringnya sih timbunan semakin lama semakin banyak, bukan semakin berkurang.

3. Berat badan boleh berkurang, berat timbunan jangan (spesial penimbun dengan berat badan berlebih).

4. Kalau berat badan aja nggak boleh berkurang, maka berat timbunan juga harus ditambah. (spesial penimbun dengan berat badan kurang/underweight seperti ane)

5. Baju boleh bolong tapi serial buku favorit jangan sampai bolong. Kejar terus sampai komplit.

Ada yang mau menambahkan isi hukum kekekalan timbunan?


Berdasarkan hukum tersebut, kita bisa membedakan tipe-tipe penimbun, antara lain :

1. Penimbun yang Ideal
Beli buku langsung dibaca begitu sudah sampai rumah.

2. Penimbun Lapar Mata
Sering jatuh cinta pandangan pertama pada cover, judul, atau blurb. Tanpa pikir panjang langsung beli yang cocok di mata.

3. Penimbun Lupakan Masa Lalu

Buku yang dibeli di masa lalu yang tidak sempat dibaca semakin menggunung dan akhirnya tidak dibaca karena tertarik dengan buku baru.

4.Penimbun Fanatik
Beli buku untuk dikoleksi dan tidak bakal dijual. Dipinjam teman saja mungkin bakalan diumpetin.

5. Penimbun Aji Mumpung

Timbunan bertambah dengan cepat karena ada kesempatan, mumpung murah, mumpung ada sale, mumpung ada yang jual, mumpung ada uangnya, mumpung ingat, mumpung sudah set lengkap, dan lain sebagainya.

6. Penimbun Pinginan
Pernah pinjam punya teman, berhubung bukunya bagus jadi kepengin beli. Setelah dibeli tidak dibaca lagi karena sudah baca. Taruh aja di rak buku.

Kira-kira agan dan sista termasuk penimbun type yang mana? Atau jangan-jangan tipe komplikasi, campuran dari beberapa tipe? Selamat, ente nggak sendirian. Ane temanin.

Lihat perkembangan timbunan ane di bawah ini :

Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?

Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?

Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?


Sumber : dokumentasi pribadi

Sumber klik di sini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arya333 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:10
Quote:Original Posted By wiskey31
Jadi inget ama buku2 ane yg msh ada di rmh ortu,

Terakhir ane ke sana, udah dirapihin & dikasih rak khusus krn ane udah pisah jd udah ga sempet ngurus itu buku
emoticon-Big Grin

Mau ta bantu ngurusin? Tinggal kirim ke rumahku emoticon-Malu

Quote:Original Posted By MbaWarna
Diantara tumpukan buku aku menyimpan sebuah kisah rindu, untuknya yang tak juga bisa membaca isi hatiku. emoticon-Salam Kenal

Semoga dia bisa baca isi hatimu. Salam kenal juga emoticon-Cendol Gan

Quote:Original Posted By pmahen
wew penimbun?

Penimbun kelas teri

Quote:Original Posted By evywahyuni
Ane suka baca, tapi tak sampai pada taraf penimbun:nulisah

Gila baca sih, bun. Sejak kecil gila baca tapi ga boleh beli. Sejak di acc suami jadi bisa nimbun.

Quote:Original Posted By lupis.manis
Sayang loh kalau ga dibaca.

Dibaca lah, tapi masih kalah sama kecepatan beli
Diubah oleh IztaLorie
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:10
Quote:Original Posted By IztaLorie
Mau ta bantu ngurusin? Tinggal kirim ke rumahku emoticon-Malu


Semoga dia bisa baca isi hatimu. Salam kenal juga emoticon-Cendol Gan


Penimbun kelas teri


Gila baca sih, bun. Sejak kecil gula baca tapi ga boleh beli. Sejak di acc suami jadi bisa nimbun.


Dibaca lah, tapi masih kalah sama kecepatan beli


Jangan lupa dibaca ya, gan.
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:13
Quote:Original Posted By cattleyaonly
Wah, aku tertampar Sist. Ada buku yang bahkah sudah 2 tahun beli tapi baru dibaca covernya doang.

Aku juga ada yang seperti itu. suami dan anak-anak kecepatan baca lebih lambat ada yang 3 tahun belum tersentuh.

Quote:Original Posted By worldgovt.
Nomor 1 sih kalau saya, sepertinya. :goyang

Wah, mantap dong.

Quote:Original Posted By mantanqu
Suka novel tp gasuka nimbun
emoticon-Ngakak

Suka koleksi sih kalau aku

Quote:Original Posted By unibebi
Kekekalan timbunan saraf jomblo emoticon-Leh Uga

Untung udah ga jomlo emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By kurniawan34
Kalau ane tipe pengirit aja, bukan penimbun, tongkrongin toko buku, cari buku yang tidak diplastikin trus baca sampai habis.. Ngirit tapi keinginan baca buku tersalurkan.. Ada nggak ya yang kayak ane emoticon-Hammer2

Kalau ini bukannya irit tapi boros, ke toko buku aja harus 3 jam perjalanan. Abis tu pasti ga jadi beli karena diseret sana sini sama anak.
profile-picture
unibebi memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:16
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Nyinderrr ane ini? 😤😤😤😤😤

Ane baca buku pas longgar, kilat pula 🤭🤭🤭🤭🤭🤭

Aku juga pembaca kilat

Quote:Original Posted By Spiritualis
ane beli yang 1000 an 100buku...bacanya pas sudah dianter ke rumah

Harga seribuan? Beli di mana? Mau ikut borong dong.

Quote:Original Posted By slametsantos242
tertarik tapi kalau sudah punya kaga baca baca...

Wah, sayang sekali kalau nggak dibaca

Quote:Original Posted By indriketaren
ane tukang timbun jalan....

Jalan apa nih?

Quote:Original Posted By silentreadrclub
ane juga termasuk.. baru beli satu paket buku agama (ada 11 buku tebel2).. yang dibaca buku saku doang.. krena itu bonus. hahahhaa

Bonus lebih menarik ya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By YenieSue0101
Aku termasuk penimbun aji mumpung. Kalo ada yang murah borong semua emoticon-Ngakak

Aku komplikasi berat nih, campuran dari berbagai tipe.
0 0
0
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:16
Quote:Original Posted By IztaLorie
Mau ta bantu ngurusin? Tinggal kirim ke rumahku emoticon-Malu


Semoga dia bisa baca isi hatimu. Salam kenal juga emoticon-Cendol Gan


Penimbun kelas teri


Gila baca sih, bun. Sejak kecil gula baca tapi ga boleh beli. Sejak di acc suami jadi bisa nimbun.


Dibaca lah, tapi masih kalah sama kecepatan beli


Dulu sejak kecil malah ditimbunin buku cerita ma bapak, tiap minggu kudu baca 1 buku lalu setelah selesai baca, ditanyain. "Tuh, buku yang kemarin judulnya ini (disebutin), tuh isinya bahas soal apa?" Lalu dibahas apa kandungan intisari ceritanya.
Kadang sampe malam masih baca, akhirnya mata kalah dan minus, dehemoticon-Big Grin
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:18
Klo penimbunan mantan gmn?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:20
Quote:Original Posted By aerisiulang
dulu gw nimbun komik emoticon-Malu (S)

Kalau ini sih biasanya rental pas masih SMA, sehari 2 komik

Quote:Original Posted By larron
gue bkan penimbun bray, gue peminjem:nyantai

Di sini susah nyari pinjaman buku sih. Rental cuma ada 1

Quote:Original Posted By haz0204
Ane termasuk penimbun campuran keknya. 😅

Tiap ada paketan buku sampai, emak selalu nyeletuk, "Buku terossss. Mau buat apa sih?"

Kalau ini sih anak-anak ma suami yang suka komentar emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By richwyn
Penimbun ONS aja deh emoticon-Ngakak

Apa itu?

Quote:Original Posted By Surobledhek746
hukum kekekalan tubuh VS hukuk kelebalan tubuh

Timbunan lemak ya?

Quote:Original Posted By teagaja
Aduh jadi malu sebagai penimbun emoticon-Malu
Nggak dari penjual buku bekas, yg dari diskon sampai obral ane embat 🙈

Sama, tos deh

Quote:Original Posted By eni050885
bu dokter bukunya banyak ya..emoticon-Malu

aku bukan dokter lho ya

Quote:Original Posted By dewakere
penimbun kenangan

Belum move on dong

Quote:Original Posted By diaramid
gmn dgn penimbun bbm


Quote:Original Posted By diaramid
Kenangan indah bersama siapa


Quote:Original Posted By dewakere
Gaada emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:24
Quote:Original Posted By anak.produktif
wkwkwkwk somplak bener

Emang somplak

Quote:Original Posted By Richy211
banyak koleksi bukunya ya bundaa?

Iya, udah makin banyak. Rak udah penuh sesak makanya sebagian dijual di ig. Yang udah dibaca. Lumayan buat beli lagi

Quote:Original Posted By pulpe
nimbun komik..... ga pernah dianggap suka baca buku...... emoticon-Ngacir

Dulu pas sma suka baca komik

Quote:Original Posted By mamaproduktif
Ane penimbun aji mumpung kayanya

Ini paling sulit ditolak

Quote:Original Posted By seowsepedah
mantul dah

Mantul banget

Quote:Original Posted By barulangit
ane lebih suka sekarang baca buku format digital (ebook) nggak menuh-menuhin ruangan bisa dibaca kapan pun dan dimana pun, pakai smartphone pun bisa baca ebook, bahkan sambil berendem pun bisa sambil baca asal smartphone nya anti air emoticon-Big Grin

Kalau ebook sih nggak gitu.
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:27
Quote:Original Posted By artono21
pecinta buku itu spesial seperti anda

Terimakasih emoticon-Malu

Quote:Original Posted By wandansari171
barter yuk

Barter apa nih?

Quote:Original Posted By agakluwek
lol emoticon-Ngakak
penimbun = kolektor emoticon-Cool

Betul banget


Quote:Original Posted By KnightDruid
Mirip sama steam user keknya, beli game tapi gak dimainin WKWK.

Semoga bisa ngontrol godaan aja sih WKWK.

Abisin satu-satu", baru yang lain. Susah" gampang sih, namun lebih gampang kalo lagi bokeks.emoticon-Peluk

Kebetulan baru bokek, jadi ngerem timbunan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By davidisdead
bener gan, ane timbunan buku msh tinggi tp nambah terus

Nggak tahan kalo ada buku murah. Makanya jarang ol fb. Penjual-penjual suka tag namaku sih emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By tatanxberuxs
klo ane nimbun buku terus baru baca setengah eh di buat main sama keponakan yang hobinya geratak ampe lupa di bawa kemana giliran mau lanjut baca yah udah ga ada jadi baca yg lain d

Sayang kalau hilang.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:30
Quote:Original Posted By alenilliana
Waw waw ... nice info boskuh, semoga yang baca ini semua sehat selalu emoticon-Salaman

Terima kasih sudah mampir

Quote:Original Posted By mika1987
ane termasuk penimpun ke inginan
pengen doank tapi ntar ga tau kepake buat apaan

Sayang kalau ga dibaca

Quote:Original Posted By koro.sensei
penimbun lemak emoticon-No Hopeemoticon-Sorry

Ini paling ga bisa. Makanan baru sampai mulut udah hilang entah kemana. Kurus kering tanpa lemak nih emoticon-Cape d...

Quote:Original Posted By ari.n
hebat bre,,,
emoticon-2 Jempol

Terima kasih emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By mlboy
wkwkwk gabut banget nih, ada yang sama kek saya gak? seharian baca2 thread doang emoticon-Hammer2

Baca thread juga seru kok. Apa lagi kalau baca thread ane emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By leon4202
Tipe campuran, beli buku karena suka dan karena diskon emoticon-Shakehand2

Sama, aku juga tipe campuran

Quote:Original Posted By malaikatrindu
Waduh, ane banget ini mah emoticon-Ngakak

Tos dulu

Quote:Original Posted By archaengel
Bener nih. Semakin lama timbunan semakin banyak emoticon-Ngakak

Susah yang ngurangin kan emoticon-Jempol
0 0
0
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:34
Quote:Original Posted By Eto243
yang penting baca meski pinjaman, ngga di timbun juga sih

Enaknya kalau ada rental buku

Quote:Original Posted By lupis.manis
Jangan lupa dibaca ya, gan.

Pasti, tiap hari baca kok.

Quote:Original Posted By evywahyuni
Dulu sejak kecil malah ditimbunin buku cerita ma bapak, tiap minggu kudu baca 1 buku lalu setelah selesai baca, ditanyain. "Tuh, buku yang kemarin judulnya ini (disebutin), tuh isinya bahas soal apa?" Lalu dibahas apa kandungan intisari ceritanya.
Kadang sampe malam masih baca, akhirnya mata kalah dan minus, dehemoticon-Big Grin

Dulu sih bapak juga rajin beliin majalah anak-anak, tapi karena aku lebih milih baca dibandingkan aktifitas lainnya jadi dibatasi deh. Meski pun tetap curi-curi baca. Jama SMA jaman keemasan dalam membaca. Sebelah sekolah ada rental buku, perpustakaan sekolah banyak novel juga.

Quote:Original Posted By surya889
Klo penimbunan mantan gmn?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Wah berat kalau yang ini emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:40
istri ane beli buku 2019 bacanya 2020 emoticon-Cape d...
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:41
Quote:Original Posted By IztaLorie
Enaknya kalau ada rental buku


Pasti, tiap hari baca kok.


Dulu sih bapak juga rajin beliin majalah anak-anak, tapi karena aku lebih milih baca dibandingkan aktifitas lainnya jadi dibatasi deh. Meski pun tetap curi-curi baca. Jama SMA jaman keemasan dalam membaca. Sebelah sekolah ada rental buku, perpustakaan sekolah banyak novel juga.


Wah berat kalau yang ini emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Yup, setiap sekolah sudah punya perpus jadi udah ga masalah kalo mo baca bukuemoticon-Cendol Gan
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:42
Quote:Original Posted By erynna
istri ane beli buku 2019 bacanya 2020 emoticon-Cape d...

Susah cari me time ya? Sampai bacanya tahun depan?

Quote:Original Posted By evywahyuni
Yup, setiap sekolah sudah punya perpus jadi udah ga masalah kalo mo baca bukuemoticon-Cendol Gan

Sekolah anakku ada kelas literasi, suruh baca buku bacaan ke sekolah atau pinjam perpus. Sayang semangat baca masih belum setinggi emaknya.
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:44
Quote:Original Posted By IztaLorie
Emang somplak


Iya, udah makin banyak. Rak udah penuh sesak makanya sebagian dijual di ig. Yang udah dibaca. Lumayan buat beli lagi


Dulu pas sma suka baca komik


Ini paling sulit ditolak


Mantul banget


Kalau ebook sih nggak gitu.


Hihii keren bundaaaa....Aku baru dapat dua novel kerajaan somplak sama satunya dari Kalimantan 😂😂😂
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:45
Quote:Original Posted By Richy211
Hihii keren bundaaaa....Aku baru dapat dua novel kerajaan somplak sama satunya dari Kalimantan 😂😂😂


Jangan suruh aku hitung jumlah novel, berat euy emoticon-Ngakak
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:46
Quote:Original Posted By IztaLorie
Jangan suruh aku hitung jumlah novel, berat euy emoticon-Ngakak


Wkkk dulu aku prefer baca komik bunda ketimbang novel
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 14:57
Quote:Original Posted By Richy211
Wkkk dulu aku prefer baca komik bunda ketimbang novel


Dulu aku pernah debat sama mantan gara-gara ini. Aku prefer komik, dia bilang akan ada masanya aku lebih menikmati novel. Ternyata emang benar seperti itu.
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 15:00
Quote:Original Posted By IztaLorie
Dulu aku pernah debat sama mantan gara-gara ini. Aku prefer komik, dia bilang akan ada masanya aku lebih menikmati novel. Ternyata emang benar seperti itu.

Hihii berarti bisa jadi nanti aku suka novel yahh emoticon-Malu
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Inilah Bunyi Hukum Kekekalan Timbunan, Ente Termasuk Tipe Penimbun Nomor Berapa?
12-10-2019 15:00
Quote:Original Posted By IztaLorie
Dulu aku pernah debat sama mantan gara-gara ini. Aku prefer komik, dia bilang akan ada masanya aku lebih menikmati novel. Ternyata emang benar seperti itu.


Uhuuk
Bawa-bawa mantan
profile-picture
IztaLorie memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.