• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bank Mikro Nelayan, Mensejahterakan Atau Menyengsarakan Para Nelayan?

lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Bank Mikro Nelayan, Mensejahterakan Atau Menyengsarakan Para Nelayan?


Assalamualaikum,

Selamat siang, sobat kaskuser.

Pemilihan Umum Presiden beberapa waktu lalu telah usai, dan pertarungan dimenangkan oleh Pasangan Calon No. Urut 1 yaitu Bapak Joko Widodo dan Amin Mak'ruf. Meskipun banyak polemik yang terjadi, tetapi pemilu kali ini terbilang cukup sukses. Terima kasih atas apresiasi dari masyarakat yang semakin hari semakin cerdas dalam bersikap.



Dengan adanya ketok palu dari Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan permohonan dari Bapak Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam sidang sengketa Pilpres 2019 pada, Kamis (27/6/2019). Maka, sang petahana bakal kembali menduduki jabatan tertinggi di negeri ini.

Selamat dan sukses, ane ucapkan kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Amin Mak'ruf. Semoga janji-janji yang bapak gaungkan selama kampanye kemarin bukanlah isapan jempol belaka, dan bukan hanya untuk melenakan kami rakyat jelata demi mendulang suara.

Dan inilah 10 janji Jokowi - Amin semasa Pemilu jika saja nanti terpilih lagi menjadi Presiden di Indonesia.

1. Kemiskinan turun dan kartu sembako murah.

2. Klaim jaminan pendidikan dan kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah.

3. Progam Mekaar dan UMI (Pembiayaan Ultra Mikro)

4. Sertifikasi tanah dan konsesi lahan.

5. Dana Desa akan capai Rp. 400T

6. Koperasi petani dan Bank Mikro Nelayan.

7. Rasio elektrifikasi dan pemanfaatan energi terbarukan.

8. Kartu Pra-pekerja.

9. Permudah usaha generasi muda.

10. Akses internet cepat.

Itulah 10 poin yang menjadi agenda kerja Bapak Joko Widodo dan Bapak Amin Mak'ruf, semoga benar-benar terlaksana, Amiin.

Dari sekian janji yang digaungkan oleh Pak Jokowi dan Amin, ada satu yang menarik dari sudut pandang ane, yaitu poin keenam, Koperasi Petani dan Bank Mikro Nelayan.



Sebagai negara maritim, Indonesia kaya akan hasil laut, seperti ikan dan garam. Seharusnya masyarakat pesisir pantai akan sejahtera karena hal itu, namun kenyataannya masih banyak para nelayan maupun pembuat garam di negeri ini yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.



Miris memang di saat negara lain mengeruk kekayaan laut kita dengan alat dan kapal yang modern dan canggih. Nelayan kita justru berlayar dengan kapal yang seadanya. Dengan adanya program Bank Mikro Nelayan diharapkan pemerintah bisa membantu para nelayan saat sedang mengalami musim paceklik karena tidak bisa berlayar akibat cuaca buruk. Jika program ini terealisasi maka kesejahteraan para nelayan akan sedikit terangkat. Nelayan tidak kesusahan lagi dalam mencari tambahan modal biaya perawatan kapal dan alat-alat berlayar seperti jaring dan lainnya.

Apakah adanya Bank mikro nelayan ini benar-benar bisa membantu para nelayan?



Dana yang akan digelontorkan oleh Bapak Joko Widodo pun tidak tanggung-tanggung. Bapak Jokowi mentargetkan penyaluran Bank mikro nelayan sebesar 975 M. Pak Jokowi pun berpesan bahwa dana yang akan diterima oleh para nelayan dimanfaatkan untuk modal kerja dan modal investasi. Pak Jokowi mengatakan pinjaman dari Bank Mikro Nelayan memiliki bunga yang kompetitif yakni 3 persen. Dan bagi nelayan yang sudah mengambil (pinjaman) untuk menyicil. Ini yang menjadi dilema para nelayan. Di satu sisi mereka terbantu dengan adanya pinjaman modal, san di sisi lainnya mereka harus menyicil setiap bulannya.

Semoga saja Bapak Jokowi dan Bapak Amin Mak'ruf tidak lupa atas janji yang sudah diucapkan. Dan program-program kerja yang telah dicanangkan bisa direalisasikan dengan baik dan benar.

Sekian trit dari ane, semoga bermanfaat.

Sumber gambar. Google
Sumber link. di sini, di sini ko oikiran
Diubah oleh lintangayudy 12-10-2019 02:17
ceuhetty
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 39 lainnya memberi reputasi
40
3.8K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.