Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

evywahyuniAvatar border
TS
evywahyuni 
Komunitas, Wadah Sosialisasi Ke Arah Yang Positif
Keseruan Bareng Komunitas Pilihan

Komunitas, Wadah Sosialisasi Ke Arah Yang Positif

Berkomunitas, membentuk suatu perkumpulan biasa berdasarkan atas kesenangan bersama, kesukaan bersama baik itu hobi atau hal-hal yang menjurus pada tujuan yang sama.

Seperti kita ketahui bersama, adanya komunitas juga membantu menyalurkan bakat dan mengembangkan kepribadian dalam kehidupan sosial masyarakat. Dari yang pendiam akhirnya menjadi bisa berbaur, dari kegiatan-kegiatan kumpul biasa bisa diarahkan menjadi kegiatan yang bersifat amal jariah.

Ane pernah membuat tulisan yang sama beberapa bulan yang lalu, soal komunitas dan beberapa manfaatnya, apakah benar komunitas itu adalah sekumpulan kelompok pembentuk jati diri? Rupanya, hal itu bisa menjadi pendorong dan motivasi dan tentu saja itu bisa terjadi, gan.

Komunitas, Perkumpulan Pembentuk Jati Diri?

Menggalang dana untuk korban bencana, mengunjungi panti dan daerah-daerah kumuh sekedar menyalurkan bantuan sukarela, atau membuat kegiatan amal lainnya, seperti mengadakan pengajian anak-anak(TPQ) atau mengadakan lomba baca Al-Qur'an.

Banyak pula komunitas di sekitar kita yang terbentuk dari hal-hal terkecil, misalnya sering kumpul bareng jadi sepakat membuat arisan per dasawisma, atau karena sering kumpul bareng setelah sholat berjamaah di mesjid, jadi mengadakan pengajian rutin sambil menunggu waktu sholat berikutnya.

Komunitas, Wadah Sosialisasi Ke Arah Yang Positif
Dokpri

Seperti kelompok pengajian yang ane ikuti, itu terjadi karena adanya animo dari beberapa teman yang mengajak berkumpul membentuk kelompok pengajian, awalnya ada beberapa orang yang tidak saling kenal malah. Alhamdulillah, sekarang sudah menginjak tahun kedua, kita semua sudah seperti keluarga, saling mengingatkan bila ada lupa hadir dan bersama-sama melakukan harber, sebagai sarana ajang silaturahim bersama.

emoticon-Angelemoticon-Angel

Masih banyak kegunaan dan manfaat berkomunitas lainnya, salah satunya bila ada berita penting, maka penyebaran informasi menjadi sangat cepat, lewat layanan aplikasi sosial media. Semua informasi bisa di share ke semua grup komunitas. Biasanya komunitas semacam itu mencakup teman-teman yang berada jauh di luar daerah misalnya atau tidak berada di sekeliling kita.

Seperti komunitas-komunitas yang biasa ane ikuti, gan. Seabrek pokoknya, dari yang formal sampai informal pun ada. Menyita waktu? Tentu saja, gan. Ada komunikasi intens yang terjadi, penyampaian informasi juga secara langsung face to face ini sebatas di RL, gan.

Komunitas, Wadah Sosialisasi Ke Arah Yang Positif
Dokpri

Belum lagi komunitas ane di dunia maya. Komunitas kepenulisan yang juga ane ikuti, dulu? Seabrek juga, gan. Sampai-sampai karena tidak bisa mengikuti semuanya, ane dihadapkan pada pilihan must leftpada beberapa jenis komunitas penulis tersebut. Antara lain, Komunitas Pecinta Creepypasta, Komunitas Pentigraf Indonesia, Komunitas Puisi dan Sastra.

emoticon-Shakehand2

Semua komunitas harus bisa memberikan manfaat yang positif, bukan membawa virus negatif ke dalam pikiran anggota-anggotanya. Harus bisa membangun rasa percaya diri, menjalin diskusi aktif dan meniadakan sikap mau menang sendiri dan ego yang melambung tinggi.

emoticon-Cool

Bagaimanapun keseruan berkomunitas, berkelompok dengan orang-orang satu selera maka akan memudahkan kita untuk bisa berbaur dan bersosialisasi. Tak percaya? Bergabunglah dengan komunitas yang ada di sekeliling agan, dan rasakanlah manfaatnya!

emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah

Komunitas, Wadah Sosialisasi Ke Arah Yang Positif
Diubah oleh evywahyuni 30-09-2019 08:43
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 31 lainnya memberi reputasi
32
3.1K
174
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.