• Beranda
  • ...
  • Health
  • Pseudobulbar, Penyakit yang Bikin Joker Tertawa Tanpa Sebab

auliakahasiwiAvatar border
TS
auliakahasiwi
Pseudobulbar, Penyakit yang Bikin Joker Tertawa Tanpa Sebab

(foto: USA Today)


Dalam film Joker yang kini sedang tayang di bioskop, Arthur Fleck alias Joker digambarkan sebagai seorang pengidap gangguan yang membuatnya mudah tertawa dalam kondisi apapun, bahkan dalam keadaan sedih. Namun rupanya penyakit ini bukanlah khayalan, lho. Di kehidupan nyata penyakit ini benar-benar ada, bahkan cukup banyak pengidapnya.

Pseudobulbar Affect (PBA) merupakan gangguan emosi yang membuat penderitanya tiba-tiba tertawa atau menangis secara berlebihan tanpa sebab. Berbeda dengan kebanyakan orang yang menangis ketika sedih dan tertawa ketika senang, pengidap PBA akan mengeluarkan ekspresi yang tak sesuai dengan apa yang ia rasakan.

Dilansir dari situs MayoClinic, hal ini terjadi pada orang-orang dengan kondisi neurologis tertentu atau mereka yang mengalami cedera sehingga merusak sistem saraf. Lebih tepatnya, kerusakan terjadi pada korteks prefrontal yang berpengaruh pada cara otak mengendalikan emosi.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu munculnya gangguan PBA pada seseorang, salah satunya adalah trauma otak akibat pukulan di bagian kepala seperti yang dialami Arthur Fleck. Selain itu, beberapa faktor lain adalah karena amyotrophic lateral sclerosis (ALS), multiple sclerosis (MS), pernah mengidap stroke, penyakit alzheimer, dan penyakit parkinson.

Untuk mengatasi penyakit ini, penderita bisa mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter secara rutin. Umumnya dokter akan memberi obat antidepresan untuk mengendalikan PDA, namun pada 2010 silam Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui dextromethorphan sebagai terapi obat pertama untuk mengontrol gejala PBA.
0
415
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.