amartastoreAvatar border
TS
amartastore
Cisco Unified Communication Manager



Cisco Unified Communication Manager atau yang lebih dikenal dengan Cisco Call Manager atau Cisco CM merupakan produk IP Telephony flagship dari Cisco untuk pasar medium to large enterprise. Berfungsi sebagai jantung dari Cisco Collaboration Services, Cisco Call Manager memberikan fungsi call dan session control untuk komunikasi suara, video, messaging, mobility, instant messaging dan mobility.


Cisco memiliki pendekatan yang cukup unik untuk solusi IP telephony mereka, yaitu penggunaan router sebagai call server (atau call manager menurut Cisco) atau media gateway. Solusi ini merupakan solusi yang sangat efisien bagi anda yang telah menggunakan Cisco seri ISR (Intergrated Service Router) untuk jaringan infrastruktur network. Dengan menggunakan router sebagai media gateway, perusahaan dengan jumlah cabang yang banyak (dan tentunya sudah menggunakan Cisco ISR) tinggal menambahkan FXS atau FXO port jika membutuhkan analog trunk ataupun analog extension. Selain itu, pada seri Cisco Unified Communication Manager Express (atau lebih dikenal dengan Cisco CME atau Call Manager Express), call server dapat diletakkan pada service modul dari router dan dalam sekejap fungsi PBX ada didalam router ISR milik Cisco.


Dari sisi fitur, Cisco Unified Communication Manager (CUCM) memiliki fitur layaknya sebuah PBX tradisional yaitu komunikasi berbasiskan suara. Tetapi tentu saja Cisco tidak hanya memberikan fitur tersebut sebagai salah satu penguasa pasar Enterprise Telephony, beberapa fitur tambahan yang disematkan pada CUCM antara lain; intant messaging, presence, conference bridge, video conferencing, contact center dan beberapa fitur lainnya. Tentu saja untuk mengaktifkan beberapa fitur yang disebutkan sebelumnya ada license yang harus dibeli untuk membuka fitur tersebut.


Cisco melengkapi CUCM dengan berbagai macam dukungan terhadap IP Phone, baik keluaran dari pabrikan Cisco ataupun IP Phone keluaran pihak ke tiga. Mulai dari IP Phone dengan fungsi basic -tanpa layar- sampai dengan IP Phone yang sudah dilengkapi layar sentuh berukuran besar dan dilengkapi dengan kamera untuk melakukan video call - semua ada didalam portfolio IP Phone Cisco. Cisco meng-klaim bahwa CUCM dapat mendukung sampai dengan 40.000 user dan dapat diextend sampai dengan 80.000 user. Dengan jumlah yang fantastis ini, CUCM hanya berhadapan dengan vendor vendor besar lainnya di segmen large enterprise; Avaya dan Alcatel Lucent. Jadi jika anda membutuhkan solusi IP telephony dengan jumlah user lebih dari 1000, maka CUCM adalah solusi yang sangat tepat. Jika jumlah user anda dibawah 1000 tetapi masih diatas 450 user maka Cisco Business Edition 6000 (atau lebih dikenal dengan Cisco BE6000) adalah pilihan yang tepat. Dan jika jumlah user anda hanya dibawah 450 maka anda dapat menggunakan solusi Cisco Unified Communication Express (lebih dikenal dengan CME atau Call Manager Express).


Sumber : amartastore.com
kelvinganteng12
bakoelcisco
bakoelcisco dan kelvinganteng12 memberi reputasi
2
7.2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Product Review
Product Review KASKUS Official
14.8KThread483Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.