alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d3e60f4d6950a483eecc3/hari-tanpa-bayangan-bakal-terjadi-di-indonesia-ini-dia-fakta-faktanya
Lapor Hansip
09-10-2019 08:56
Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya
Past Hot Thread
Saat kita berdiri atau berjalan di bawah sinar matahari, pasti kita bisa melihat bayangan hitam kita yang selalu mengikuti. Tapi, udah tau belum Gan, kalau setiap tahunnya ada hari di mana bayangan kita nggak terlihat? Bahkan, kota Pontianak, yang dikenal sebagai Kota Khatulistiwa, punya festival sendiri untuk memperingati hari tanpa bayangan ini. 

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya

Tahun ini, nggak cuma di Pontianak aja, tapi hari tanpa bayangan juga bisa dirasakan di kota-kota lain di Indonesia, Gan! Saat hari tanpa bayangan ini tiba, kita bisa pergi ke luar rumah saat siang hari dan nggak akan menemukan bayangan dari benda-benda yang berdiri tegak di sekitar kita. Kok bisa ya?

Bagi yang penasaran, ini dia fakta-fakta tentang hari tanpa bayangan yang sebentar lagi bisa kita rasakan!

1. Sering  disebut ‘kulminasi’

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya

Dalam astronomi, fenomena hari tanpa bayangan ini disebut dengan istilah ‘kulminasi’, ‘transit’, atau ‘istiwa’. Peristiwa kulminasi dapat terjadi ketika matahari berada tepat di atas titik zenith atau di atas kepala kita. Posisi matahari yang seperti inilah yang menyebabkan bayangan bertumpuk dengan benda, sehingga bayangan pun nampak hilang di mata kita.

2. Terjadi setahun dua kali

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya

Hari tanpa bayangan erat kaitannya dengan peristiwa ekuinoks, yakni saat dimana garis khatulistiwa Bumi sejajar dengan pusat matahari. Ekuinoks biasanya terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Karena ekuinoks terjadi dua kali, maka hari tanpa bayangan di Indonesia pun bisa dinikmati dua kali dalam setahun.

3. Nggak terjadi secara serentak

Hari tanpa bayangan ini terjadi secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia. Daerah-daerah tertentu, terutama yang tepat dilewati garis khatulistiwa, seperti Pontianak, mengalami hari tanpa bayangan ini tepat pada hari ekuinoks, yakni pada 21 Maret dan 23 September. Pada hari-hari ini, biasanya warga pontianak akan meramaikan Tugu Khatulistiwa untuk menyaksikan peristiwa tahunan  ini. 

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya

Daerah seperti Banda Aceh juga udah mengalami kulminasi pada 9 September. Sementara, kalian yang tinggal di Pulau Jawa, siap-siap nih karena akan mengalami peristiwa kulminasi ini mulai tanggal 9-13 Oktober!  Nah, pada tanggal-tanggal ini, Agan bisa coba keluar rumah sekitar jam 12 siang dan liat deh, bayangan kalian masih ada apa nggak.

4. Bisa membuat telur berdiri tegak

Kalau biasanya sulit, bahkan mustahil untuk membuat telur berdiri tegak, saat peristiwa kulminasi ini hal tersebut bisa terjadi.

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya

Ini karena pada saat kulminasi, gaya gravitasi matahari terhadap bumi akan bertambah kuat. Nah, biasanya, warga Pontianak akan menjadikan momen kulminasi sebagai ajang untuk perlombaan mendirikan telur, yang jadi perhatian para wisatawan.

5. Durasi siang dan malam akan sama

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya
Saat terjadi hari tanpa bayangan, siang dan malam dalam satu hari akan mempunyai durasi yang sama. Nama ilmiah dari fenomena ini adalah Vernal Equinox, yang berasal dari kata vernus yang artinya musim semi, serta equus yang artinya sama, dan noct yang artinya malam.

6. Nggak berdampak apapun

Hari Tanpa Bayangan Bakal Terjadi di Indonesia! Ini dia Fakta-Faktanya

Peristiwa hari tanpa bayangan ini nggak perlu ditakutkan, kok, karena nggak akan memberikan dampak apapun. Satu-satunya dampak yang diberikan ya cuma bayangan kita yang menghilang. “Dampaknya hampir tidak ada, namun menarik untuk edukasi publik, tentang perubahan posisi matahari sepanjang tahun karena kemiringan sumbu rotasi Bumi," ujar ketua LAPAN Thomas Djamaluddin soal hari tanpa bayangan yang terjadi tahun lalu.




Sumber


profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 5
10-10-2019 11:29
Kota Solo terkena ndak yaa?
bayangan sendiri emang hilang, tapi bayanganmu masih tetap mengikuti 😢😢
0
10-10-2019 11:30
Quote:Original Posted By ceweknyacuik
waaaaaaaa
bayangan nya jadi ngga keliatan ya
btw itu matahari tepat diatas kepala ? panasnya kek gimana itu yaaa


Yang jelas kayaknya gak sepanas di Padang Mahsyar hehehe
0
10-10-2019 11:31
Suhu pasti akan lebih panas daripada biasanya. Di tempat ane sih katanya hari ini, namun cuma di beberapa tempat aja. Kebetulan di kosan ane sih sekarang malah mendung
0
10-10-2019 11:40
Selamat datang di Thriller Bark
0
10-10-2019 11:47
kayaknya bakalan seru nih..
0
10-10-2019 12:53
Di jakarta terjadi gk gan
0
10-10-2019 13:00
Aku kok jadi ikutan sedih emoticon-Turut Berduka
0
10-10-2019 13:29
Gitu aja gumun
0
10-10-2019 13:41
Wah berarti ane bakal bisa ngelakuin jurus Tendangan Tanpa Bayangan emoticon-Leh Uga


Tapi Jurus-jurus hokage konoha bakal ngilang sementara, kaga ada bayangannya sih emoticon-Wakaka
0
10-10-2019 13:42
hhhmmm

bgtu kah jadinya emoticon-Nyepi
0
10-10-2019 13:49
hari tanpa bayangan.
itu hari nasional bayangan, gan.
pantes gak ada bayangan, pada libur semua bayangannya.
0
10-10-2019 13:55
waahh aku baru tau kalo ada hari tanpa bayangan seperti iniii...
0
10-10-2019 13:55
untungnya tidak terjadi dampak apa-apa yaaa
0
10-10-2019 13:57
Quote:Original Posted By marikita2
Tahun depan jangan sampai ketinggalan lah ya, cus gan di notes dulu biar tahun depan gak kelewatan ikut merayakan hari tanpa bayangan. - Bayangan mantan wkwkwkw


wahahahha lebih menyakitkan kalo bayangan mantan yaak
0
10-10-2019 14:00
"Ini karena pada saat kulminasi, gaya gravitasi matahari terhadap bumi akan bertambah kuat. Nah, biasanya, warga Pontianak akan menjadikan momen kulminasi sebagai ajang untuk perlombaan mendirikan telur, yang jadi perhatian para wisatawan."

Wisatawannya mungkin heran, orang-orang ini ngapain sih.
Bahkan bulan yang efek gravitasinya lebih besar karena lebih dekat dengan bumi,
cuma mengubah berat manusia setara 0.6 gram.
Kalau matahari ke telur, mungkin 1 miligram pun tidak.
0
Lapor Hansip
10-10-2019 15:03
Balasan post perihbanget
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
1
Lapor Hansip
10-10-2019 15:25
Balasan post perihbanget
@littledeasy kalo cape istirahat, sist.
cari bahu yang lapang. emoticon-Stick Out Tongue
0
10-10-2019 15:43
ga kebayang... bakal panasnya kaya apa yeeee kannnn.. duh duh... mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
0
10-10-2019 15:44
ga kebayang... bakal panasnya kaya apa yeeee kannnn.. duh duh... mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.