alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9add6568cc9528070ec070/stretch-mark-momok-pasca-melahirkan-jangan-khawatir-sista
Lapor Hansip
07-10-2019 13:38
Strect Mark Momok Pasca Melahirkan, Jangan Khawatir Sista
Past Hot Thread

Stretch Mark Momok Pasca Melahirkan, Jangan Khawatir Sista pixabay


Hai Gan Sist, yuk yuk sini kepoin ada info apa di sini

Wanita itu selalu ingin tambil cantik, tidak hanya yang terlihat oleh pandangan mata saja, tapi juga semua anggota tubuhnya, benar bukan? Apa lagi yang sudah menikah hamil dan melahirkan, pasti disela-sela bahagia ada risih kala sesuatu merubah penampilan, apa gerangan? Yuk disimak Sista boleh Agan juga.

Tahu stretch mark kan?
Stretch mark adalah timbulnya guratan-guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter sampai puluhan sentimeter. Biasanya para wanita nih yang sering kebagian beginian di tubuhnya sehabis melahirkan. Tapi stretch mark juga bisa terjadi pada laum pria juga loh, tapi jarang, nanti baca paling bawah ya.

SM ini memang bikin tidak percaya diri ya, apa lagi di depan suami, takut mereka pada ngeri melihatnya. Biasanya stretch mark muncul di paha dan perut.

Kemunculan stretch mark ini harus dihindari sista, memang sangat sulit menghindarinya kalau sudah tergambar di tubuh kita, jadi harus dicegah sedini mungkin, begitu kata pemerhati kesehatan bumil dan menyususi dr. Annisa Oktantiani.

Apa penyebabnya ya?

Pertama bisa karena faktor hormonal penyebab munculnya stretch mark pada ibu hamil semakin meningkat.

Kedua karena mekarnya tubuh, atau terjadi peregangan kulit secara berlebihan, lalu mengempis seketika, seperti yang terjadi pada bumil.

Jadi harus dicegah sebelum hamil, bisa dengan menggunakan produk khusus, misal produk yang mengandung aloe vera atau lotion khusus untuk menjaga kelembaban kulit. Nah ini sepertinya penggunaan baby oil juga bisa sista, dioles pada kulit kita untuk menghindari garis-garis tadi, juga minyak atau pelembab lainnya, boleh dicoba bagi yang belum hamil ya.

Pemakaian pelembab khusus bisa juga terus digunakan pasca melahirkan tapi hati-hari untuk seputar payu darah ya, apa lagi yang masih menyusui. Karena bisa juga terlukis di area payu dara.

Stretch Mark Momok Pasca Melahirkan, Jangan Khawatir Sista pixabay


Selain itu juga harus mengatur pola makan yang sehat, terutama mengkonsumsi air mineral yang banyak (tidak disarankan bagi penderita jantung) juga sayur dan buah. Hal ini sangat penting untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik, ini cara mencegah timbulnya garis membelas di permukaan kulit, pasca melahirkan.

Ada cerita dari jaman dulu sista, waktu awal melahirkan, ibu ane nih membuatkan ramuan yang dioles di perut, menghindari stretch mark ini, bahan dari endapan kapur sirih decampur air jeruk nipis. Aduh ribetnya, kasihan padahal berbagai merk lotion sudah berjajar di etalase mall.

Karena menghormati beliau, ane pakai saja itu ramuan, diolesin di perut lalu pakai gurita terus ditutup stagen, auuww tersiksa awalnya. Tetapi melihat hasilnya jadi sumringah he he. Buat generasi Z tak usah bingung, olesi dengan baby oil ya. Dan jaga makan biar gak melar.

Ini di Gan Sista beberapa cara menghilangkan stretch mark ya, selamat mencermati serta bisa mencoba dari referensi yang saya peroleh ini.

Quote:Cara menghilangkan stretch mark
Cara menghilangkan stretch mark ada dua, yaitu cara menghilangkan stretch mark secara medis dan alami.

Cara menghilangkan stretch mark secara medis

1. Minum air mineral
Meminum air mineral 8 sebanyak gelas sehari akan menjaga tingkat elastisitas kulit dan juga akan membantu mempercepat proses regenerasi pada kulit.

2. Lemon
Lemon mengandung banyak vitamin C yang berguna sebagai anti-oksidan. Selain itu mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Caranya mudah: Oleskan air perasan lemon pada stretch mark, hal ini akan membantu untuk memacu regenerasi kulit yang membuat stretch mark cepat hilang.

3. Kentang
Kentang mengandung mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami untuk membantu regenerasi kulit. Kandungan Anti-oksidan-nya yang alami juga berfungsi untuk menghilangkan stretch mark dengan segera.

Cara penggunaannya:

Tumbuk halus kentang yang telah direbus.
Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.
Oleskan pada stretch mark.
Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Putih telur
Putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien, yang berfungsi untuk mengenyalkan wajah Anda juga mencerahkan kulit wajah.

Caranya:

Gunakanlah putih telur sebagai lotion kulit alami.
Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

5. Lidah buaya
Menggunakan gel lidah buaya secara rutin pada stretch mark, bisa membantu merawat kulit agar kekenyalannya tetap terjaga dan elastis sehingga perlahan-lahan stretch mark akan hilang. Selain untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit Anda terbakar.

Caranya pun mudah saja:

Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.
Lalu oleskan secara merata pada stretch mark.
Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Salep atau krim penghilang stretch mark
Obat penghilang stretch mark bisa dengan mudah didapatkan di apotek atau supermarket. Berbagai merk obat-obat penghilang stretch mark ini saling menyatakan bahwa krim merk A atau B merupakan cara menghilang stretch mark dengan cepat. Tapi ternyata krim merk apapun hanya bisa menyamarkan saja, bukan menghilangkan seluruhnya.

7. Laser
Memang, jika menggunakan laser, dalam sekejab stretch mark pada tubuh Anda akan hilang. Tapi tentunya ada harga mahal yang harus dibayar. Selain itu juga menghilangkan stretch mark dengan menggunakan laser tidak menjamin 100 persen akan benar-benar hilang. Jika Anda berhenti tidak melakukan memberikan treatment laser pada stretch mark, maka bekasnya mungkin saja bisa timbul kembali.

8. Lotion
Perawatan secara rutin dengan menggunakan lotion yang cocok dengan jenis kulit yang Anda miliki maka stretch mark perlahan-lahan akan menghilang. Dengan memakai lotion setiap hari akan menjadikan kulit semakin kenyal juga membantu untuk memperbaiki kulit.

9. Krim asam retinoat
Asam retionat atau retin-A telah terbukti efektif untuk menghilangkan stretch mark. Fungsi Retin-A bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar.

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dan cepat

10. Minyak vitamin E
Vitamin E memang telah diyakini manjur dan efektif untuk mengatasi masalah kulit. Gunakanlah minyak vitamin E secara rutin untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

11. Minyak jarak
Minyak jarak juga terbukti manjur digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami, sebab minyak jarak mengandung banyak vitamin E yang berfungsi untuk meregenerasi kulit. Caranya mudah saja. Cukup oleskan minyak jarak pada stretch mark sebanyak 2 kali setiap hari.

12. Minyak zaitun
Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan zat linoleic acid yang dapat membantu untuk menjaga kadar air dalam kulit. Dan juga dalam minyak zaitun banyak mengandung anti-oksidan, yaitu polifenol yang berfungsi untuk membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan.

Caranya:

Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu.
Lalu aplikasikan dengan cara mengoleskan pada stretch mark.

13. Cocoa butter
Cocoa butter mengandung mineral yang telah terbukti baik untuk kesehatan kulit, yaitu: kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E. Cocoa butter bisa digunakan untuk melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit.

Caranya: Cukup oleskan cocoa butter pada sctretch mark sebanyak dua kali sehari.

14. Bubuk coklat
Selain cocoa butter, ternyata bubuk coklat juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sctretch mark.

Caranya adalah:

Buat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air.
Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.

15. Berolahraga
Olahraga adalah cara menghilangkan stretch mark yang mudah dan apmpuh, karena pada saat berolahraga kulit kita akan mengencang dengan sendirinya dan alami. Dengan begitu stretch mark akan menghilang secara otomatis.
(fimela)


Tetap sehat, cantik dan kendalikan jarak serta angka kelahiran ya.
Senoga trit ini bermanfaat buat Agan Sista

Stretch Mark Momok Pasca Melahirkan, Jangan Khawatir Sista pixabay


trit dibuat untuk kaskus
Oleh alizazet

emoticon-Peluk

Sumber; pengalaman pribadi, koran Surya 12 Agustus 2019 dan di sini
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
08-10-2019 21:36
Quote:Original Posted By l13ska
Ngilangin streetmal kyaknay susah banget dah emoticon-Hammer2


Iya, jd oles oil nya harus pas hamil saat terjadi peregangan kulit
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1
08-10-2019 23:07
Dulu pas hamil juga sempet takut sama ini. Tapi trus konsul ke dokter di Halodoc, disarankan rutin pake minyak zaitun sama salep yg diresepin sama dokter di sana. Syukurlah gak sampe jadi stretchmark pas udah lahiran
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1
08-10-2019 23:52
Quote:Original Posted By Megais
Dulu pas hamil juga sempet takut sama ini. Tapi trus konsul ke dokter di Halodoc, disarankan rutin pake minyak zaitun sama salep yg diresepin sama dokter di sana. Syukurlah gak sampe jadi stretchmark pas udah lahiran


Hmmm, halodoc ya?? Hallodoc itu gratis ya?

Tp aku pernah dpt telp pemawaran jd member janjinya gratis biaya pengobatan 1 jt u/ sekian bulan. Cm krn disuruh stor nomor rekening, aku putus telp. Takutnya penipuan
0
08-10-2019 23:53
Quote:Original Posted By Megais
Dulu pas hamil juga sempet takut sama ini. Tapi trus konsul ke dokter di Halodoc, disarankan rutin pake minyak zaitun sama salep yg diresepin sama dokter di sana. Syukurlah gak sampe jadi stretchmark pas udah lahiran


Aku olesin Sis, tetep aja keluar.pasca lahiran. Mungkin krn pola makan ku yg gak aturan ya?? Jd badan bengkak banget emoticon-Cape deeehh
0
09-10-2019 00:09
hmmm monggo kepada bumil-bumil bisa dicoba nih tipsnyaaaaa...
Diubah oleh farinamany
0
09-10-2019 01:43
Hai kalian mau mudah menghilangkan strechmark? disini saya akan memberikan beberapa tips menghilangkan strechmark. saya menemukan video di Youtube mengenai bagaimana cara menghilangkan strechmark.

https://dausel.co/ZwyMB3

click link diatas lalu jika kalian sudah memasuki halamannya, maka click tulisan "i am not a robot" lalu akan diarahkan ke video Youtube tentang bagaimana cara menghilangkan strechmark.
0
09-10-2019 04:47
Quote:Original Posted By l13ska
Ngilangin streetmal kyaknay susah banget dah emoticon-Hammer2


banget, tp udah pudar gitu seneng bgt, dripada pas baru lahiran parah banget
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1
09-10-2019 06:40
Quote:Original Posted By triwinarti
banget, tp udah pudar gitu seneng bgt, dripada pas baru lahiran parah banget



Aku bari sadar pasca anak kedua dah dia tahun, ada streatchmel di atas paha. Dilekukan saat kita duduk itu ljo. Jd ky ketutup ma perut gendut. Lucunya bentukmya ky karet coklat jd bisa ditarik. Kug bisa sampek gitu ya??

Setahuku stretchmail timbul karena digaruk, tp aku ngrasa gk pernah garuk bagian itu emoticon-Ngakak
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1
09-10-2019 06:44
Quote:Original Posted By l13ska
Aku bari sadar pasca anak kedua dah dia tahun, ada streatchmel di atas paha. Dilekukan saat kita duduk itu ljo. Jd ky ketutup ma perut gendut. Lucunya bentukmya ky karet coklat jd bisa ditarik. Kug bisa sampek gitu ya??

Setahuku stretchmail timbul karena digaruk, tp aku ngrasa gk pernah garuk bagian itu emoticon-Ngakak


klo d garuk kyaknya mitos itu, stretmarck itu muncul gegara melar kulitnya mungkin karena pas hamil jadi gendutan jadi muncul deh kyak motif garis" punyaku bnyak d perut samping" gegara dlu pas hamil gendutan bb naiknya 25 kg, pas udah kurusan ilang tp smbil d kasih minyak baby oil dulu soalnya kasar gk nyaman bgt
0
09-10-2019 12:32
nice info gan, mantap nih buat ibu2 sekalian yang mau perawatan alami...
0
09-10-2019 18:03
Bisa menghilangkan bekas luka di hati ngga ya....
0
Lapor Hansip
10-10-2019 09:09
Balasan post alizazet
Quote:Original Posted By alizazet
Bekas bekas garis di badan bisa dihilangkan
Namun bekas garis di hati entah siapa mau menyembuhkan

emoticon-Leh Uga


Gampang, Mbak. Keluarin dulu hatinya, terus lukanya di balut sama sambel terasi. Palingan sehari langsung ......

emoticon-Wkwkwk emoticon-Shakehand2 emoticon-Cendol Gan

0
10-10-2019 11:27
sm itu momok ibu setelah melahirkan. makasi tipsnya gan.
profile-picture
cwiti memberi reputasi
1
10-10-2019 12:46
minyak jarakemoticon-Big Kiss
0
10-10-2019 13:33
Nice info sis, emang stretchmark bisa dihilangkan ko biar sistah cantik lagi kaya dulu. Kalau masih bingung coba deh sama ahlinya di Halodoc. Disana ada dokter spesialis yang informatif banget, pasti deh bisa kasih solusinya
0
Lapor Hansip
10-10-2019 22:53
Balasan post alizazet
Quote:Original Posted By alizazet


Iya, memang harus olah raga untuk menghindari buncit dan gelambir. Namanya juga habis bengkak hamil terus harus makan banyak agar ASI berkualitas dan banyak.

Jalan satu satunya, olah raga untuk mengencangkan otot perut, mengurangi lemak yang menumpuk di sekitar pinggul dan perut. Ada OR mudah kelihatan ringan tapi pas dijalani bisa ngosngosan kuga, aduh namanya apa ya istilahnya, cuma angkat kaki dan kepala dalam posisi rebahan. Seperti mau sit up


Iya sih sist emang harus dengan olah raga juga agar perut bisa agak kencang kembali, cuma sering malasnya emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) Iya ane pernah ngelakuin itu sist, ada yang bilang pas bangun tidur gitu langsung kaki diangkat ke atas, turunkan perlahan, angkat lagi dan turunkan lagi gitu sampai sekuatnya. Kalau belum terbiasa mungkin baru 5x gerakan udah capek.
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.