alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ac077f0bdb266b0152258/jangan-hanya-ngebet-nikah-siapkan-dua-hal-penting-ini-agar-hidupanmu-selalu-bahagia
Lapor Hansip
07-10-2019 11:35
Jangan Hanya Ngebet Nikah! Siapkan Dua Hal Penting Ini Agar Hidupanmu Selalu Bahagia!
Past Hot Thread
Jangan Hanya Ngebet Nikah! Siapkan Dua Hal Penting Ini Agar Hidupanmu Selalu Bahagia!

Setiap orang di dunia ini, perempuan ataupun laki-laki, pasti ingin membangun rumah tangga. Tentunya rumah tangga yang harmonis dengan orang yang tepat dengan dikaruniai anak yang sempurna. Pokoknya kehidupan keluarga yang harmonis dan selalu bahagia pasti diimpikan oleh semua orang.

Untuk bisa menjalani rumah tangga yang seperti itu tidaklah mudah, tidak cukup jika pernikahan hanya bermodalkan cinta saja. Ada hal-hal lain yang perlu kamu persiapkan sebelum melangkah ke tahapan yang lebih serius alias pernikahan. Kenapa tak cukup jika hanya bermodalkan cinta? Karena menjalin kehidupan rumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah, maka kalian perlu hal-ha lain celain cinta untuk emempertahankan bahtera rumah tangga kalian.

Hasto Wardoyo sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengatakan bahwa dua hal lainnya selain cinta yang dibutuhkan sebelum menjalin rumah tangga adalah biologis dan psikologis.

Jangan Hanya Ngebet Nikah! Siapkan Dua Hal Penting Ini Agar Hidupanmu Selalu Bahagia!

Kalian berpikir ga sih, kalau ternyata faktor biologis juga merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum menjalin kehidupan rumah tangga. Kenapa? Karena membina rumah tangga membutuhkan fisik yang kuat, khususnya dalam urusan kehamilan dan juga melahirkan. Jika dilihat secara biologis, usia siap menikah untuk perempuan berada di usia 21 tahun, sedangkan laki-laki berada di usia 25 tahun. Hasto yang juga merupakan seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan mengatakan bahwa usia tersebut didapatkan karena rahim seorang perempuan baru matang di usia 20-an. Pada usia tersebut, mulut rahim serta diameter panggul perempuan sudah siap untuk mengalami kehamilan.

Selain kesiapan fisik untuk mengalami kehamilan, saran menikah di usia 21 tahun bagi perempuan juga disebabkan oleh resiko anak yang lahir dari ibu yang berusia dibawah 20 tahun memiliki resiko lebih besar untuk mengalami kurang gizi dan stunting. Yap! Selain merugikan sang ibu, menikah di usia yang belum matang secara fisik juga akan merugikan sang calon bayi.

Jangan Hanya Ngebet Nikah! Siapkan Dua Hal Penting Ini Agar Hidupanmu Selalu Bahagia!

Selain faktor biologis, faktor lainnya yang juga penting dan harus dipersiapkan adalah faktor psikologis. Hasto berpendapat bahwa kesiapan psikologis dapat dilihat dari respon orang tersebut ketika ia sedang menghadapi sebuah masalah atau tekanan, selain itu bisa juga dilihat dari cara oang tersebut dalam memecahkan masalah yang seadng dialaminya tersebut. Kesiapan psikologis diperlukan setiap pasangan yang akan menikah agar dalam menjalani kehidupan rumah tangga mereka dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang menghampiri kehidupan rumah tangganya.

Nah, itu dia dua hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum melangsungkan pernikahan. Biologis dan psikologis, meski banyak pasangan yang sering mengabaikan dua hal ini, tapi nyatanya dua hal ini merupakan kunci dalam membina rumah tangga. Jadi jangan asal ngebet nikah aja ya, siapkan segala hal agar pernikahanmu bisa tumbuh harmonis.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
08-10-2019 18:05
semoga bahagia
0
08-10-2019 20:14
belajar jugaa buatt bisaa jadi ortu yg baik.
0
Lihat 1 balasan
08-10-2019 23:09
Siapkan mental sebaik mungkin. Cinta aja nggak cukup buat bikin pernikahan bahagia. Jangan memutuskan menikah ketika hati sedang cinta2nya. Kebanyakan malah jadi buta. Kalau masih ragu, konsulkan aja ke Halodoc sista. Ada psikolog yg siap bantu konsul 24 jam penuh
0
Lapor Hansip
09-10-2019 07:11
Balasan post penyukabiru
Quote:Original Posted By penyukabiru
belajar jugaa buatt bisaa jadi ortu yg baik.


Yup bener banget gan, selain harus mempersiapkan fisik dan mental yang sehat dan kuat, kita juga harus belajar menjadi orang tua yang baik, yang bijak yang dapat merawat dan mendidik anak dengan sebaik mungkin.
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
1
09-10-2019 10:23
Quote:Original Posted By cheria021
Yup bener banget gan, selain harus mempersiapkan fisik dan mental yang sehat dan kuat, kita juga harus belajar menjadi orang tua yang baik, yang bijak yang dapat merawat dan mendidik anak dengan sebaik mungkin.


Yupii banget. Klo ga siap pasti berantakan dan banyak keluhan2
0
09-10-2019 12:35
yang lebih perlu dipersiapkan sih jelas,menyiapkan mental sebaik mungkin. karena cinta aja nggak cukup buat bikin pernikahan bahagia. karena cinta juga butuh logika, dan tentu juga komitmen, kesetiaan, dan kedewasaan dalam bersikap. someone told to not married someone when you're really in love. karena emang kebanyakan malah jadi buta...
0
09-10-2019 20:05
persiapin bekal duit juga bree, kalau mental kuat, fisik juga kuat tapi duit kaga punya,,, ujung” bisa mngurngi ksmpatan buat bahagia,,, nikah, hamil, ngurus bayi , skolahin anak itu perlu duit yg gede.... dan saran ane jngan cba” ngutang buat biaya resepsi yee emoticon-Betty
0
10-10-2019 11:53
Betul harus disiapkan matang2😁
0
11-10-2019 17:19
kalo menurut ane faktor biologis sih kl udah memutuskan menikah (kecuali nikah dibawah umur) pasti udh pd siap yee malah dinanti2 tuh, cuma faktor psikologis yg masih kurang, malah pd lomba2an tuh
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.