News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
228
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c0d82f4d69569c41bbfff/pemprov-dki-menyarankan-warga-menumpang-di-rumah-warga-lain-untuk-bab
Kondisi salah satu permukiman di Jakarta Barat menjadi sorotan karena ada 21 rumah yang tak punya septic tank. Lokasi ini tepatnya berada di RT 15, RW 17, Tanjung Duren Utara, Petamburan, Jakarta Barat.
Lapor Hansip
08-10-2019 11:16

Pemprov DKI Belum Punya Solusi bagi Warga yang Tak Punya Septic Tank

Past Hot Thread
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB

Quote:Kondisi salah satu permukiman di Jakarta Barat menjadi sorotan karena ada 21 rumah yang tak punya septic tank. Lokasi ini tepatnya berada di RT 15, RW 17, Tanjung Duren Utara, Petamburan, Jakarta Barat.

Kondisi ini membuat mereka terpaksa buang air besar (BAB) di jamban yang alirannya langsung menuju ke kali. Hal ini tentu sangat buruk bagi kesehatan warga.
Namun, sampai saat ini, Pemprov DKI Jakarta belum memiliki solusi konkret atas permasalahan ini.
Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto, menyarankan, untuk sementara warga yang rumahnya tak memiliki septic tank sebaiknya menumpang ke rumah warga lain.
"Mungkin mereka kalau buang hajat besarnya, cuci kakusnya numpang di tempat yang ada saluran septic tanknya," kata Edy saat dihubungi, Senin (7/10).

Edy menjelaskan, kewenangan untuk membangun sarana septic tank untuk warga saat ini berada di Dinas Sumber Daya Air. Untuk sementara, dia akan berkoordinasi dengan RT, RW, lurah, camat, hingga wali kota untuk mencari solusi jangka pendek yang bisa dilakukan.

"Mungkin ke depan koordinasi dengan lurah. Kalau saya tegas saja saluran limbah domestiknya harus kami tutup, nanti solusinya coba kami bicarakan dengan lurah," tambah dia.
Edy menjelaskan, koordinasi antarlembaga sangat diperlukan untuk mengurai masalah ini. Sebab, Suku Dinas Lingkungan Hidup tak punya banyak pegawai yang secara khusus mengawasi septic tank warga.
"Makanya perlu bantuan dari teman-teman RT, RW, camat. Iya karena kurang SDM. Dulu ya 2016, 2017. Ini baru sekarang baru ketemu mudah-mudahan, kan masyarakat juga bisa mengadukan ini kepada aplikasi di Diskominfotik. Nah, itu bisa langsung kalau dilaporkan kita bisa langsung," tutur Edy.

Melihat permasalahan ini, anggota DPRD Fraksi PDIP, Ima Mahdiah, mengusulkan agar pengadaan septic tank dimasukkan dalam APBD-P DKI tahun 2020.
"Soal septic tank akan kita usulkan di APBD Perubahan untuk pendataan dan pengecekan lahannya. Setelah itu kita anggarkan pengadaan septic tank di APBD Murni. Kita akan dorong via komisi E (kesehatan) dan B (lingkungan hidup)," ujarnya.


kumparan


DKI ga punya duit untuk buat WC umum?
ini ngelawak?

dana operasional gubernurnya di pakai untuk rakyat kali
ga usa simpan untuk hari tua elu

dulu TGUPP aja alot banget karena ga mau pakai dana operasional
skrg lagi2 di simpan?

masa suruh warganya mau boker numpang di rumah tetangga?
bloon amat

emoticon-Cape d... 
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 11
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 06:33
namanya juga anis Baswedan....

logikanya kalo setiap BAB numpang terus apa yg punya rumah nyaman? setiap hari ditumpangi BAB loh

emoticon-Najis
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 06:42
tumben ga ada nasbung di thread ini

@venomwolf@pdt.henderson

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 07:05
Yaaa mungkin bisa dicarikan dana hibah atau csr gitu untuk menanggulangi sementara permasalahan itu sih gan
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 07:29
renovasi atap rumdin wan abud 4.7 milyar by the way
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 07:46
wow.... wow...
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:34
warga dki be like : "Anjir kok ga kepikiran sih dari dulu.. Terima kasih pemprov"
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:37
ko bisa bikin rumah tapi ga dipikirin sanitasinya?
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:37
Ke mall aja sekalian mandi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:38
Quote:Original Posted By knoopy
Tutupi godhong pring emoticon-Cool


Taleni rafia koli di godok....
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:39


Quote:Original Posted By fardanor
SURUH BERAK DIRUMAH ANIS AJA LAH BINGUNG AMAT SI LUUUUU

Pan mau renov sekalian buatin wc umum di sana
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:41
masalahnya bukan karena kurang WC Umum, tapi tidak tersedianya/dibuatnya Septictank Komunal...
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:41
Quote:Original Posted By hawk
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BABPemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BABPemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BABPemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
Bata only!


Merasa sangat sangat sangaaaatttt prihatin
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:49
sampe soal tai kok gubernur yg hrus mikir. bukannya tiap bangun rumah sudah harus ada fasilitas kamar mandi dll buat kelayakan pemiliknya. apalagi septic tank
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:50
jadi teringat dulu teriak2 mainland suka berak sembarangan...
rupanya negara nya sendiri juara 2 bab sembarangan..
😆😆😆
ironis emang
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:51
maaf tolong jelasi ke ane , apbd sm tgupp gunanya buat apa dah ? emang hal hal kaya gini tuh ga masuk salah satu kinerja gubernur yah ?
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:52
Mereka gak butuh septic tank ... Mereka butuh kavling syurga
profile-picture
nempu memberi reputasi
1 0
1
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:53
kaga seneng bat ane klo liat saluran tinja langsung diarahin ke selokan atawa sungai
0 0
0
Pemprov DKI menyarankan warga menumpang di rumah warga lain untuk BAB
09-10-2019 15:58
Quote:Original Posted By defanasywaQ
maaf tolong jelasi ke ane , apbd sm tgupp gunanya buat apa dah ? emang hal hal kaya gini tuh ga masuk salah satu kinerja gubernur yah ?


Ya gklah gan..
Gubernur itu ngurusin MAYAT & kapling syurga
0 0
0
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia