Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

astechfutureAvatar border
TS
astechfuture
Penting!! Komponen Pada Laptop Yang Wajib Dibersihkan
Mungkin diluar sana masih banyak yang belum tau betapa pentingnya membersihkan bagian dalam laptop atau notebook.
Tapi admin yakin kalian yang membaca thread ini pasti sudah bisa menebak,kira kira komponen atau bagian mana yang wajib agan agan bersihkan??
Kuyy langsung saja kita bahas 1/1.!!

1. Mainboard

Mainboard atau mesin laptop adalah bagian terpenting dalam laptop. Kalian harus extra teliti ketika membersihkannya,Loh kenapa harus extra teliti min??? Karena mainboard adalah bagian terentan dalam laptop,bagaimana tidak? Dalam sebuah mainboard terdapat banyak komponen listrik yang berukuran sangat kecil,dikhawatirkan ketika kalian membersikannya terlalu bersemangat komponen tersebut bisa jadi hilang atau copot, dan juga kalian harus perhatikan apakah ada komponen yang terlihat korosi(bercak putih bekas terkena air) jika ada kalian wajib membersihkannya dengan tiner ya gan.

2. FAN atau Kipas

Kalo yang satu ini kalian pasti udah paham fungsinya. Fan / kipas sangatlah penting untuk proses pendinginan saat laptop bekerja. Jadi kalian wajib membersihkannya apabila terlihat sudah sangat kotor. Jika didiamkan kotor terlalu lama bisa mengakibatkan performa putaran kipasnya semakin lambat dan juga kipas akan mengeluarkan suara yang mengganggu alias berisik dan yang lebih parah bisa mati gan, gak muter.
Saran dari admin ketika kalian membersihkan fan kalian harus buka cangkak yang menyelimuti kipasnya, biasanya dibaut atau ada soket kunciannya,kenapa admin menyarankan seperti itu? Supaya kalian bisa membersikan bagian dalam kipas lebih maksimal dan menyeluruh.

3. Heatsink atau Ventilasi Udara

Heatsink adalah bagian dalam laptop/notebook yang berperan penting untuk mendinginkan komponen tertentu,salah satu contohnya adalah CPU/chipset. Heatsink memiliki lubang lubang ventilasi berukuran kecil yang berfungsi untuk membuang udara atau hawa panas yang ditarik keluar oleh fan atau kipas. Ventilasi ini sangatlah rentan tertutup oleh debu/kotoran, Jadi apabila kalian mengecek laptop kalian tidak mengeluarkan angin atau udara panas,bisa dipastikan ventilasi heatsink tertutup oleh debu yang tebal.Harus segera di bersihkan ya gans kalo kalian temukan hal semacam ini.

4. Keyboard

Yang satu ini jangan terlewatkan ya gans. Keyboard pada laptop sering sekali dengan mudahnya kemasukan debu atau pasir dikarenakan bagian keyboard memiliki rongga yg amad terbuka gans. Sekilas edukasi dari admin nih buat kalian, keyboard memiliki jalur sirkuit yang amad kecil dan amad tipis,jadi retan sekali terhadap debu,kotoran,bahkan air. Untuk membersikannya cukup mudah gan hanya dengan kuas,semprotan angin dan untuk sela sela keyboard biasanya admin memakai cutton bud.

Itulah beberapa komponen/bagian terpenting versi admin yang wajib kalian bersihkan pada laptop atau notebook.
Mulai sekarang sayangi dan rawat device kalian ya gans. .
emoticon-Jempol

Semoga bermanfaat.
Diubah oleh astechfuture 08-10-2019 16:56
0
1.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread9.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.