News
Batal
KATEGORI
link has been copied
171
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9be38f4601cf79f8044cbe/bpjs-kesehatan-terancam-rugi-rp77-triliun-jika-tak-naikkan-iuran
Meski mendapat sejumlah penolakan dari masyarakat, kenaikan tarif iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi peserta program Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan tetap dilakukan.
Lapor Hansip
08-10-2019 08:17

BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran

Past Hot Thread
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran


VIVA – Meski mendapat sejumlah penolakan dari masyarakat, kenaikan tarif iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi peserta program Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan tetap dilakukan. Kenaikan tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk menangani defisit yang selama ini dialami BPJS Kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, mengungkapkan bahwa hingga akhir tahun ini, defisit keuangan BPJS Kesehatan diprediksi mencapai Rp32 triliun. Bahkan, lanjut Fachmi, jika penyesuaian tarif tidak dilakukan defisit yang dialami BPJS Kesehatan bisa mencapai Rp77 triliun pada tahun 2024.

“Tahun ini proyeksi defisit Rp32 triliun. Defisit naik dari tahun 2018 sebesar Rp18,3 triliun,” kata Fachmi Idris dalam acara Forum Merdeka Barat 9 di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin, 7 Oktober 2019.

Meski demikian, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo, mengatakan bahwa kebijakan penyesuaian tarif iuran merupakan pilihan terakhir yang akan diambil. Adapun pemerintah melalui Kementerian Keuangan menurut Mardiasmo telah memiliki langkah strategis untuk memperbaiki keberlanjutan program JKN.

Selain melakukan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN), yakni, dengan perbaikan sistem dan manajemen JKN, memperkuat peranan Pemda. dan yang ketiga ialah menyesuaikan iuran peserta JKN.

"Sebenarnya, saya sudah bolak balik bicara BPJS Kesehatan. Sudah 150 kali membicarakan BPJS. Dan selama itu, Penyesuaian iuran BPJS itu merupakan the last option, pilihan terakhir," kata Mardiasmo di tempat yang sama.


Sebagai informasi, usulan kenaikan itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat dengan Komisi IX dan Komisi XI di DPR, Jakarta pada Selasa, 27 Agustus 2019. Dalam rapat dengan anggota parlemen Sri Mulyani iuran BPJS Kesehatan naik untuk semua kelas.

Untuk rinciannya, Kelas I naik dari Rp80 ribu menjadi Rp160 ribu, kelas II dari Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu dan kelas III menjadi Rp42 ribu dari Rp30 ribu. Usulan ini lebih tinggi dibanding dengan usulan yang disampaikan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), kecuali untuk kelas III, di mana iuran kelas I Rp120 ribu, kelas II sebesar Rp75 ribu, sedangkan kelas III Rp42 ribu.

Kenaikan iuran ini merupakan yang kedua kalinya. Pada 2016 lalu, melalui Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 dilakukan penyesuaian iuran, yakni kelas I menjadi Rp80 ribu dari sebelumnya Rp59.500, kelas II menjadi Rp51 ribu dari Rp42.500 dan kelas III jadi Rp30 ribu dari Rp25.500.

sumber: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/ke...e&link=terbaru


kalo menyunat tunjangan dan gaji pokok direksi kira-kira bisa ngurangi defisit gak? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 9
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:39
pada sudah sadar klo sehat itu mahal..
Diubah oleh heby_siwi
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
Lapor Hansip
08-10-2019 09:41
Balasan post ssgbaik
ya bakal tetep defisit gan emoticon-Ngakak
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:41
Gua pernah denger istilah, "orang miskin gak boleh sakit."
Antara setuju dan tidak setuju, kalo iuran naik.
Merasa bersalah juga kadang kalo gua berobat baru ngurusin BPJS 😂😂😂😂
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:43
dapet dari mana 77T? emoticon-Embarrassment
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:44
audit dulu internal nya
BPJS BUKAN BACAKAN PIHAK PENYEDIA JAMINAN KESEHATAN DENGAN PIHAK RUMAH SAKIT

gue yakin markup gila2an masalah harga obat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
campletos dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
Lapor Hansip
08-10-2019 09:44
Balasan post yesknow
boro-boro gan, mereka lagi pada ribut mikirin untung rugi tuh
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:45
potong aja gaji DPR sama jajaran terkait, kebanyakan tuh gaji dibanding kinerja emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:48
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran

Naikkan tarif adalah kepastian untuk mengurangi defisit/cashflow gap, oleh karena itu sebagai Warga Negara NKRI yang baik , bayarlah iuran bpjs rutin setiap bulannya. (jika anda pemegang bpjs).

Hal yang sama seperti asuransi lainnya.

Semoga BPJS bisa lebih baik lagi dalam monitoring pembayaran iuran jatuh tempo dan membantu orang tidak mampu, dan miskin.emoticon-thumbsup
Diubah oleh Jazed
profile-picture
tinwin.f7 memberi reputasi
1 0
1
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:49
naik boleh, pelayanan? bisa fight sama swasta gak?
0 0
0
Lihat 2 balasan
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:50
ini judulnya rada2 menurut ane, 77 T itu kan tahun 2024, klo akhir tahun ni terancam 32 T. Klo dinaikkan 100% jg menurut ane bakalan ttp rugi krna kebiasaan masyarakatnya yg merugikan pihak BPJS, bkn jd rahasia lg klo orang buat BPJS pas butuh dan setelah selesai pengobatan berhenti bayar, bahkan ada yg kritis baru buat dan setelah itu orangnya meninggal jd nunggak jg kan. intinya mah ane lbh setuju klo BPJS kesehatan ini wajib, krna sistemnya kan gotong royong jd harus mencangkup golongan atas jg, skrng BPJS kesehatan udh terintregasi ma NIK, nah sbnrnya bisa di cek siapa yg blm punya BPJS, yaa harus ada peraturan yg ketat jg dari pemerintah, jd WNI yg dh mempunyai NIK wajib punya BPJS kesehatan, kelas nya pun terserah mereka itu tuk yg mandiri, klo yg bekerja itu kan kebanyakan tergantung perusahaannya, tuk yg dibantu pemerintah yaa itu urusan pemerintah mau kelas brp. intinya mau dinaikin semahal apapun klo msh ga ada kesadaran masyarakat dan ga ada ketegasan dari pemerintah ttp bakalan rugi. lbh baik naik sedikit tapi semuanya WAJIB punya, itu lbh bisa membantu, klo udh wajib kan masyarakat jg gmna, mau ga mau bikin dan bayar rutin (kecuali bantuan pemerintah), denda yg ga bayar jg dipertegas menurut ane
profile-picture
tinwin.f7 memberi reputasi
1 0
1
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:50
Gampang, kalau ga mampu bayar iuran PBJS

Ga usah pake PBJS saja..

Sakit bayar pake uang sendiri..

Hati tenang ga usah mikir bayar iuran bulanan
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:51
Rugi atw defisit?
emoticon-Bingung
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:51
besok2 demo minta audit aja, kalo perlu pake koridor hukum.
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:52
Program yg jelas2 bakal rugi terus ya jangan dipaksakan lanjut. Lebih baik fokus ke pelayanan kesehatan murah saja bagi keluarga yg benar2 miskin.
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:53
Untuk agan yang ngeluh naik iurannya, tinggal mundur aja dari keanggotaan. Beres kan.

Sakit itu butuh biaya mahal, jadi jangan banyak bacot. Masih untung dikasih yang murah, coba bandingin ama yang swasta.

Belum lagi nih para orang-orang penyakitan yang cuma mau bayar pas lagi sakit aja. Mending dibiarin mati aja anggota kek gitu. Cuma jadi beban.
profile-picture
profile-picture
bikerok dan xandernathaniel memberi reputasi
1 1
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:55
Quote:Original Posted By Jazed
Naikkan tarif adalah kepastian untuk mengurangi defisit/cashflow gap, oleh karena itu sebagai Warga Negara NKRI yang baik , bayarlah iuran bpjs rutin setiap bulannya. (jika anda pemegang bpjs).

Hal yang sama seperti asuransi lainnya.

Semoga BPJS bisa lebih baik lagi dalam monitoring pembayaran iuran jatuh tempo dan membantu orang tidak mampu, dan miskin.emoticon-thumbsup


Hanya bisa menghimbau saja. Tp ga ada sistem atau aturan yg bisa "memaksa" semua pesertanya bayar iuran. Lagipula kalaupun semua taat bayar iuran ane ga yakin kl ga bakal defisit lg. Pasti tetap defisit tp lebih kecil & lama2 defisit yg kecil itu numpuk & jd besar.
0 0
0
Lihat 1 balasan
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:55
gimana g merugi yg sakit parah byk yg nunggak juga byk tapi penyelesaian masalahnya malah naikin tarif emoticon-Nohope kesian org yg udah rutin bayar tapi kena imbas yg nunggak mending kerasin itu yg nunggak kyk diblokir akses BPJSnya sampai ada kepastian bayar lagi emoticon-Nohope konyolnya lagi itu BPJS kebanyakan abis di tunjangan karyawan dsb emoticon-Najis (S) emoticon-Cape d... (S)
lha karyawan kontrak disana aja udah diatas umr untuk level staf klo udah tetap bisa sampai 2 digit emoticon-Gila itu blom termasuk klo ada pelatihan dll reimbursment ini itu emoticon-Najis (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Ngacir
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
Lapor Hansip
08-10-2019 09:56
Balasan post mammoth46
Ada harga, ada kualitas. Swasta lebih mahal, sudah jelas lebih juga pekayanannya.
Kalo nggak mau pake BPJS, pake swasta aja ente. Cuma pertanyaannya mampu bayar nggak ?
0 0
0
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
08-10-2019 09:58
Audit dulu keuangan bpjs ini. Benahi internalnya. Seperti ada yanh kurang beres dengan manajemen bpjs ini.
Kalau udah diaudit nanti kan ketahuan salahnya dimana aliran dana yang sangat besar ini?
Tunggakan dari masyarakat ini cuma salah satu faktor aja kok.
profile-picture
tinwin.f7 memberi reputasi
1 0
1
BPJS Kesehatan Terancam Rugi Rp77 Triliun Jika Tak Naikkan Iuran
Lapor Hansip
08-10-2019 10:00
Balasan post Echizen.Ryoma
Quote:Original Posted By LapenBoyz
Audit dulu keuangan bpjs ini. Benahi internalnya. Seperti ada yanh kurang beres dengan manajemen bpjs ini.
Kalau udah diaudit nanti kan ketahuan salahnya dimana aliran dana yang sangat besar ini?
Tunggakan dari masyarakat ini cuma salah satu faktor aja kok.


BPKP /BPK rutin kok audit tiap tahun, dicek aja ke webnya seharusnya ada LHA-nya. (LHA, Lap hasil audit)

Quote:Original Posted By Echizen.Ryoma


Hanya bisa menghimbau saja. Tp ga ada sistem atau aturan yg bisa "memaksa" semua pesertanya bayar iuran. Lagipula kalaupun semua taat bayar iuran ane ga yakin kl ga bakal defisit lg. Pasti tetap defisit tp lebih kecil & lama2 defisit yg kecil itu numpuk & jd besar.


Sama seperti perbankan dengan debt collector, akan ada petugas khusus /resmi untuk menagih iuran nunggak. Mengenai dasar UU-nya saya belum baca, monggo di share kan saja.

Yup setuju, semakin taat bayar maka problemnya akan berkurang. Thanks untuk komengnya gan ! emoticon-thumbsup
Diubah oleh Jazed
0 0
0
Halaman 3 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia