elviciAvatar border
TS
elvici
Simak Lagi, 7 Perilaku Keren Dalam Keseharian (Part 2)
Kebaikan, Perilaku Sederhana, Be Kind.


Hai Gan and Sis, apa kabarnya hari ini? Kita jumpa lagi, ya.

Di threadsebelumnya saya sudah membahas tentang 7 Perilaku Keren Dalam Keseharian (Part 1), adalah tujuh kebaikan-kebaikan sederhana yang baik untuk dilakukan dalam keseharianmu. Kebaikan-kebaikan yang sangat mudah dilakukan, asalkan pake hati yang tulus, semua tidak akan berat.

Kita semua udah tahu lah, ya, kalo bahagia itu tidak selalu bersifat materi. Melakukan kebaikan juga bisa membuat kita bahagia dan lebih positif. Bahkan bisa mendongkrak moodyang lagi down, mengubah cemberut menjadi senyuman, dan membuat hari yang kita jalani menjadi lebih ‘bersinar’.

Nah, kali ini saya akan lanjutkan membahas beberapa kebaikan-kebaikan kecil yang ajaib lainnya. Semoga bermanfaat, Gan n Sis.

1.     Dahulukan antrean orang tua

Menunggu adalah sesuatu yang membosankan, dan bukan enggak mungkin juga menguras tenaga. Di antrean untuk berobat di klinik, atau rumah sakit, misalnya. Bisa juga ketika kita sedang duduk di antrean bank. Lihat sekelilingmu. Kasihan, kan, seandainya melihat orang yang lanjut usia menunggu lama, walaupun sedang duduk nyaman. Jika kamu tidak sedang terburu-buru, tanyakan nomor antreannya dan tukar nomor antreanmu jika urutanmu lebih dulu. Toh, kamu bisa membunuh kebosanan dengan memainkan gadget atau menulis sesuatu. Beda dengan mereka, kan?

 


Quote:


 

2.     Memencetkan tombol lift

Di dalam ruang lift yang terbatas, seringkali kita berdiri berhadap-hadapan ataupun bersisian dengan orang lain yang baru masuk sehingga situasi menjadi canggung. Untuk menghindari hal itu, pecahkan suasana dengan menyapa mulai saat ia masuk. Tanyakan lantai tujuannya, dan pencetkan tombol nomor lantainya, apalagi jika posisi berdirimu dekat dengan panel tombol. Demikian juga denganmu, sebelum kamu masuk lift, menepi dan dahulukan orang di dalam lift untuk keluar. Jangan menerobos pintu apalagi bertabrakan dengan orang yang akan keluar. Begitu juga kalo kamu antre di depan pintu MRT, ya. Perilakumu ini terlihat elegan, deh.

 


Quote:


 

3.     Tawarkan makanan pada orang yang duduk di sebelahmu

Sebagai pribadi yang ramah, carilah kesempatan untuk menyapa. Jika di ruang publik kamu sedang ingin menikmati camilan, tawarkan juga untuk orang yang duduk di sebelahmu. Terlepas dari mereka menerima atau tidak, yang jelas mereka pasti akan menghargai sikapmu.

 

Quote:


 
4.     Tinggalkan toilet dalam keadaan bersih

Ingatlah, setelah kamu, akan ada orang lain yang akan menggunakannya. Maka dari itu, sebelum meninggalkannya, coba deh dicek apakah kloset sudah tersiram dengan baik, sampah seperti tisu yang kamu pakai sudah dimasukkan ke tong sampah dan tak tercecer di lantai. Jangan sampe deh, ya, orang mengernyit dan merutuk karena serampangannya kita. Perilaku yang bersih mencerminkan sebersih dan serapi apa diri kita, kan?

 

Quote:


 
5.     Jelaskan saat orang meminta petunjuk jalan

Malu bertanya sesat di jalan, peribahasa ini ada benarnya. Namun, dalam suatu perjalanan biasanya kita lebih lama mengira-ngira dahulu dan baru akan bertanya saat sudah benar-benar memerlukan. Jika seseorang bertanya padamu dan kamu mengetahuinya, berilah petunjuk sejelas-jelasnya, jangan hanya menunjuk arah sambil lalu saja. Yakin deh, pertolonganmu itu sangat berarti baginya.

 


Quote:


6.     Menghubungi dan tanyakan kabar keluarga, saudara, atau teman jauh

Rutinitas membuat kita kadang lupa untuk berinteraksi, bahkan dengan keluarga, saudara atau teman-teman yang sudah terpisah jauh. Zaman sekarang, berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun tidak lagi menjadi hal yang sulit. Cukup angkat gawaimu, menelepon langsung, atau ketik kata sapamu lalu kirim. Pilihlah teman dan kerabat yang berbeda paling tidak satu orang setiap minggu. Mereka tentu saja akan bersenang hati karena tahu bahwa kita tidak melupakannya dan masih menjaga silaturahmi. Jika kau tinggal jauh dengan orang tua, rutinlah menghubungi mereka. Percaya, kan, kalau itu adalah tindakan sepele yang membahagiakan?

 


Quote:


7.     Berbagi ilmu

Bagikan pengetahuan atau keterampilanmu pada orang lain. Sepanjang itu adalah baik dan tidak mendatangkan mudarat, kenapa tidak? Ilmumu akan lebih lekat jika kamu bagikan. Bukankah baik jika memberi manfaat bagi sesama?

 


Quote:


Demikian Gan n Sis. Kesemuanya itu tidaklah berat, kan? Justru saya yakin hal-hal kecil ini tanpa sengaja sudah sering kita lakukan. Jadi, alangkah baiknya jika itu kita praktikkan terus menerus dalam keseharian sehingga menjadi kebiasaan. Be kind.

Quote:


Apa lagi, nih, hal baik yang sering Agan lakukan? Sharedi komentar, ya ... Supaya jadi inspirasi juga buat kita-kita.

Baca juga: (Part 1) 7 Perilaku Keren Dalam Keseharian
Diubah oleh elvici 06-12-2019 19:53
trifatoyah
abizaidan
tata604
tata604 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
6.7K
254
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.