Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IndriaandrianAvatar border
TS
Indriaandrian
Awal Menuju Sekolah Baru, Siapkan Si Kecil Sekolah Yuk
Awal Menuju Sekolah Baru, Siapkan Si Kecil Sekolah Yuk



Bulan depan tahun ajaran baru dimulai, sudahkah gansis mendaftarkan anak-anak disekolah tujuan?

Untuk siswa sekolah menengah tentu lebih mandiri dalam menyiapkan diri untuk masuk sekolah baru, namun untuk siswa sekolah dasar, taman kanak-kanak dan paud, masuk sekolah baru tentu butuh persiapan yang lebih dari orangtuanya.

Anak-anak yang terbiasa santai dirumah, mungkin bangun lebih siang, mandi dan sarapan lebih siang, mainan dan nonton tivi seharian, apalagi setelah liburan, perlu dibiasakan untuk kembali rajin sebelum sekolah dimulai.

Setidaknya seminggu sebelum sekolah dimulai anak-anak sebaiknya dibiasakan bangun pagi, dan beraktivitas seperti olahraga atau jalan-jalan agar badan lebih segar.

Selain membiasakan aktivitas pagi, yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan anak. Jangan sampai hari pertama di sekolahnya terhalang dikarenakan anak sakit. Perbaiki pola makan dan pola tidur yang baik, agar saat masuk sekolah anak dalam kondisi sehat.

Selain fisik, yang perlu dipersiapkan adalah mental anak-anak saat mulai masuk sekolah. Beberapa anak mengalami kesulitan beradaptasi disekolah, ada yang menangis, tidak mau ditinggal ada pula yang minta pulang. Oleh karena itu sebaiknya jauh-jauh hari perlu bimbingan dari orangtua, agar anak-anak tidak kaget dan siap untuk bersekolah.

Meskipun masih kecil, tidak ada salahnya anak ditanyakan sekolah mana yang diinginkannya. Bila gansis sudah punya pilihan, bawalah anak berjalan-jalan disekolah tujuan, kenalkan dengan lingkungan sekolahnya. Tempat bermain, kelas, dan lokasi yang sekiranya menarik untuk mereka. Lebih baik saat kondisi sekolah tidak terlalu ramai, sehingga anak bisa bebas menjelajah. Pengalaman mengunjungi tempat baru, dengan kesan yang baik, akan membuat anak tidak merasa terlalu asing dengan lingkungan saat mulai masuk sekolah.

Untuk lebih menambah semangat sekolah pada anak, ajaklah anak untuk ikut berbelanja keperluan sekolahnya, membeli dan memilih sendiri perlengkapan sekolahnya, akan menjadi pemicu untuk lekas menggunakannya saat sekolah.

Selain menambah semangat dan kesenangan anak tentang sekolah, perlu juga kita terangkan pada anak tentang peraturan dan situasi disekolah. Pentingnya mendengarkan, mematuhi dan menghormati guru dikelas, agar anak tidak semaunya sendiri, namun perlu juga ditekankan, bahwa guru bukan sosok yang galak atau harus ditakuti. Jangan sampai anak tidak mau sekolah karena takut pada gurunya.

Yang tidak kalah penting lagi adalah, bagaimana sosialisasi dengan teman-teman disekolahnya. Bagaimana harus bergaul baik dengan teman-temannya. Bersikap baik, tidak nakal, namun juga jangan sampai diam saja saat dinakalin anak lain. Kasus bully sudah banyak terjadi pada usia kanak-kanak.

Awal Menuju Sekolah Baru, Siapkan Si Kecil Sekolah Yuk


Sebagai orangtua perlu sekali untuk mencegah terjadinya bulying sejak usia dini. Jangan sampai anak kita menjadi pelaku ataupun korban bulying, ajarkan menghargai oranglain ( teman-teman ) sejak kecil. Jangan karena masih kecil, kita lantas memaklumi sikap nakal kanak-kanak.

Quote:


Sikap meremehkan kenakalan anak dimasa kecil, sama saja memupuk lebih banyak kenakalan dimasa mendatang.
Awasi baik-baik perilaku anak dalam pergaulannya.

Untuk hari pertama masuk sekolah, lebih baik orangtua ikut mendampingi anak. Lingkungan baru dengan banyak orang asing, anak-anak yang tidak dikenal, kadang bisa membuat anak menjadi bingung. Keberadaan orangtua bisa menambah percaya diri anak disekolah barunya.
Orangtua juga bisa membantu anak untuk memperkenalkan diri pada teman-teman barunya. Terutama untuk anak-anak yang termasuk pemalu. Satu atau dua teman yang sudah dikenal akan lebih membantu adaptasinya.

Bila anak telah disiapkan sejak awal, bisa jadi orangtua hanya perlu sehari atau dua hari saja untuk mendampingi disekolah. Menurut saya maksimal seminggu untuk pendampingan anak, kalau lebih dari itu dikhawatirkan anak akan lebih sulit mandiri dan beradaptasi dengan sekolahnya.

Demikian gansis, bisa dicoba dan semoga menjadi solusi untuk menyiapkan anak-anak menuju sekolahnya. Masih ada waktu beberapa minggu sebelum tahun ajaran baru dimulai. Siapkan anak lebih awal akan semakin bagus, selamat mencoba.

Terimakasih sudah berkunjung

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss




Pic: dokpri
Diubah oleh Indriaandrian 18-06-2019 22:51
tsuway.c001
bekticahyopurno
tata604
tata604 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
2.8K
74
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.