Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nadaramadhan20Avatar border
TS
nadaramadhan20
Unggahan foto telapak tangan melepuh terkena gas air mata, ini penjelasannya
4 Oktober 2019

Unggahan foto telapak tangan melepuh terkena gas air mata, ini penjelasannya

Belum lama ini masyarakat mendapati foto yang diunggah dalam sebuah akun media sosial yang menggambarkan telapak tangan terluka dengan narasi bahwa itu merupakan telapak tangan salah seorang peserta aksi demonstrasi yang terkena gelembung gas air mata yang ditembakkan oleh polisi. Unggahan itu mengundang ratusan komentar dan telah dibagikan hampir ratusan kali.

Dari penelusuran yang dilakukan oleh Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, foto yang menunjukkan telapak tangan dengan luka akibat kulit terkelupas tersebut merupakan unggahan yang tidak ada kaitannya dengan aksi demonstrasi apalagi akibat terkena gas air mata yang ditembakkan oleh polisi.

Foto yang kemudian dinarasikan berbeda itu, diambil dari foro yang diunggah oleh akun twitter @PITBUL_DO_HAWAI dan @camillefrases. Kedua akun itu menggunakan bahasa Portugis dan tidak ada hubungannya dengan aksi demonstrasi terutama terkena gas air mata.

Unggahan foto telapak tangan melepuh terkena gas air mata, ini penjelasannya

Dalam narasi aslinya, kedua akun twitter itu menuliskan kalimat "O verdadeiro homem engole seu orgulho e faz qualquer trabalho para sustentar honestamente sua familia" yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bisa diartikan "seorang lelaki sejati rela mengalahkan egonya dan mau melakukan apapun untuk memberikan dukungan bagi keluarganya"

Referensi
Antara

Kominfo

Kesimpulannya
Foto yang lebih dulu diunggah oleh akun twitter @PITBUL_DO_HAWAI dan @camillefrases beberapa bulan yang lalu tidak ada hubungannya dengan aksi demonstrasi terutama terkena gas air mata.
Diubah oleh nadaramadhan20 05-10-2019 06:06
kampret.stres
kampret.stres memberi reputasi
1
5.4K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.