Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faridz070Avatar border
TS
faridz070
Lontong Roomo, Makanan Khas Daerah Gresik yang Murah dan Pasti Bikin Penasaran
Halo gan sis, bertemu lagi sama saya, Faridz Maulana, putra daerah Gresik dengan campuran darah Sunda.

Kali ini saya masih akan membahas tentang kuliner nusantara, dan tetap dari daerah Gresik. Namanya Lontong Roomo (rumo).

Apa sih lontong roomo itu? Sebenarnya yang menjadi ciri khas adalah bumbu roomo itu sendiri. Bumbu roomo yang juga dikenal bubur roomo ini bahan-bahannya akan saya jelaskan di akhir nanti ya.

Sejarah

Sejarah lontong roomo sendiri, berawal ketika zaman para wali, ada seorang nenek-nenek tua yang berasal dari desa Roomo, perbatasan daerah Gresik dengan desa Manyar yang kala itu mengalami kesulitan ekonomi dan sedang kelaparan bersama beberapa orang anaknya. Kala itu sang nenek berdo'a pada Allah SWT agar diturunkan rejeki untuk anaknya agar tidak sampai kelaparan seperti ini. Kebetulan entah darimana, lewatlah wali Allah, dan wali itu berkata Jual-lah daerahmu. Sang nenek pun paham akan isyarat dari wali tersebut. Kemudian dia membuat bubur itu dari bahan seadanya, dan sungguh rejeki Allah memang sangat luas, bubur tersebut ialah bubur roomo yang dikenal sekarang dengan nama lontong roomo atau sego roomo.

Bahan

Bahan makanan dan penyajiannya menggunakan wadah yang khas. Nasinya disajikan dalam takir, wadah segi empat dari daun pisang yang dibuat dengan dua biting (lidi) ditusukkan pada dua sisi yang saling berhadapan, setelah diratakan diberi bubur. Lauknya berupa sayur koya dan krupuk kulit sapi atau cecek.


Bahan dan Pelengkap

Nasi Rumo ini berisi bahan-bahan antara lain Nasi atau lontong di taruh di pincuk (tempat makan dari daun pisang), di atasnya diberi sayuran bayam rebus dan krupuk yang udah diremes, kemudian dilapisi sama bubur rumo (bubur halus yang di bumbui dengan bawang putih, cabe besar, lengkuas, kunyit). Setelah itu dikasih sambal dan taburan koya, sehingga memakan nasi ini seakan lidah kita yang pertama-tama akan merasakan buburnya yang gutih dan sedikit manis, ditambah dengan kukusan dedaunan yang gurih juga, sehingga akan menampakan enak yang beradu dengan pedasnya taburan koya yang ada tersebut.

Jika ingin mendapatkan seporsi lontong roomo ini, agan dan sista bisa menemukannya di area masuk pemakaman Telogo Pojok, di depan sebuah Sekolah Dasar.

Nah, bagaimana nih menurut agan dan sista, tertarik untuk merasakan nikmatnya lontong roomo atau sego roomo? Yuk segera merapat ke kota Gresik.
kudanil.la
tata604
tien212700
tien212700 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.2K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.