Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Beritaunik24Avatar border
TS
Beritaunik24
Warga Heboh Berburu Harta Karun Peninggalan Sriwijaya di Bekas Lokasi Karhutla
Warga Heboh Berburu Harta Karun Peninggalan Sriwijaya di Bekas Lokasi Karhutla

Warga Sumatera Selatan (Sumsel) di Ogan Komering Ilir dihebohkan dengan kabar penemuan harta karun sisa kerajaan Sriwijaya di lahan bekas lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Warga mengaku banyak menemukan emas.


"Banyak yang menemukan emas, kalau dilihat dari ukiran dan bentuknya emas itu bekas Kerajaan Sriwijaya. Penelitian juga sudah dilakukan dan peneliti udah datang," kata salah satu warga yang ikut berburu harta karun, Denni, Jumat (4/10/2019).

Denni mengatakan penemuan harta itu sebenarnya pernah juga terjadi saat lahan yang terbakar pada 2014 dan 2015 padam. Saat itu, air sungai di lokasi surut sehingga warga disebutnya tak sengaja menemukan emas.

Sejak saat itulah daerah Sungai Jeruju, Cengal OKI dibuat heboh dengan penemuan harta karun sisa Kerajaan Sriwijaya.

"Puncak pencarian itu 2015 dan sudah banyak yang menemukan emas, kendi, guci sama perhiasan lain. Ukiran atau motif, kata peneliti adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya," tutur Denni.

Lokasi penemuan harta karun Sriwijaya sendiri berada di lahan salah satu perusahan. Lokasi berburu harta karun itu tepatnya berada di lahan kosong yang kini sudah dibuat kanal seluas 500 hektare.

"Istri sama anak saya ikut cari dan dapat juga. Ada dapat berupa emas, cincin ada batu merah, ada lambang ikan sama ada motif nanas. Itu emas semua," katanya.

Untuk barang yang ditemukan itu, dijual oleh pemburu harta karun dengan harga yang bervariasi. Dia mengatakan harga dari barang yang ditemukan bakal semakin tinggi jika memiliki motif yang berkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya.

"Penemuan paling tinggi itu ada Rp 50-60 juta. Emasnya satu suku, antara 5-6 gram. Mahal karena motif, motifnya ini yang punya nilai jual tinggi," kata Denni. 

https://news.detik.com/berita/d-4733...adam?single=1


0
1.8K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.