raiahAvatar border
TS
raiah
Rekomendasi Tempat Makan di Thailand Berdasarkan Shell Shuan Shim Award 2019
Kalau Agan bingung mau mencari restoran enak di Thailand, mungkin ada baiknya kamu cari restoran-restoran yang sudah memiliki logo Shell Shuan Shim berupa mangkuk hijau dengan bubuhan tanda tangan seperti pada gambar di bawah ini Gan.




Mirip dengan penghargaan Michelin Stars, Shell Shuan Shim atau yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi “Welcome to Taste” adalah penghargaan yang diberikan kepada restoran-restoran atau produk di Thailand yang dianggap unggul dalam kualitas makanan yang disajikan Gan.

Penghargaan Shell Shuan Shim sendiri sudah ada sejak 58 tahun lalu Gan. Penggagas dari penghargaan ini adalah Thanadsri Svasticolumn, seorang aristokrat Thailand sekaligus kritikus makanan paling disegani di Thailand.  Tanadrsri Svasticolumn biasanya menulis kolom Shell Shuan Shim yang menyoroti restoran-restoran yang oke. Kolom ini sendiri sudah diterbitkan selama 50 tahun sebelum sempat berhenti pada tahun 2012. FYI, Thanadsri baru meninggal pada akhir Agustus 2019 lalu di usianya ke 93 tahun.


Thanadsri Svasticolumn (Foto: nationthailand )


Sejak terhenti di tahun 2012, kini pengumuman penghargaan Shell Shuan Shim sendiri kembali lagi di tahun 2019 ini.  Dilansir dalam coconuts.co, inilah deretan tempat makan tebaik di Thailand yang dipilih ke dalam penghargaan Shell Shuan Shim di tahun 2019.

Uncle Riang & Auntie Malee



Photo: Uncle Riang and Auntie Malee / FB

Restoran yang terletak di Pattaya ini tidak hanya dikenal menyajikan kuliner olahan seafoodtapi juga beragam menu makanan dengan resep dan bahan yang berasal dari alam seperti stir-fried bird. Salah satu menu yang di-highlight adalah chicken curry with coconut meat served inside a coconut shell atau kari ayam dengan daging kelapa yang disajikan di dalam tempurung kelapa Gan.
Quote:


Jeh O Chula



Foto:danielfooddiary.com


Tempat makan ini juga terbilang populer sampai-sampai untuk mendapatkan meja di dalamnya kamu harus ngantri Gan. Ada banyak menu Thai Food yang bisa kamu jumpai di sini, tapi salah satu menu yang sering dicari di Jeh O yang legendaris ini adalah menu Tom Yum yang dipadu dengan mi dan topping lainnya.


Quote:


Baannual



Foto: TimeOut


Terletak dekat dengan benteng Phra Sumen, Baanual adalah restoran Thailand berukuran mungil yang menyajikan berbagai masakan tradisional Thailand yang juga disebut-sebut enak Gan. Sayangnya tempat ini hanya bisa menampung 15 pengunjung dalam satu waktu sehingga kamu butuh buat booking terlebih dahulu untuk bisa menikmati kenikmatan makanannya. Menu yang harus dicoba disini adalah stir-fried shrimp with shrimp paste, crab cakes, garoupa fish soup atau crab roe with chili sauce.


Quote:



Ruan Thai Goong Phao 



Foto: bangkokglutton 


Ada banyak restoran seafood di Thailand, tapi restoran yang satu ini patut masuk dalam daftar yang harus kamu coba Gan. Ruan Thai Kung Phao menawarkan hidangan seafood yang nggak kalah nikmat dan segar. Salah satu yang dikenal dari restoran ini adalah udang galah berukuran raksaasa yang telah dipanggang sempurna. Selain makan, kamu juga bisa menikmati pemandangan sungai Chao Phaya saat datang ke sini


Quote:


Pa Lek & Pa Yhai's Mango and Sticky Rice


Foto: Pa Lek & Pa Yhai’s Mango and Sticky Rice / FB


Letaknya di dekat kawasan kota tua Bangkok, toko ini menjual mango and sticky rice yang jadi favorit banyak orang. Rasa ketan yang dijual di sini sudah jadi ciri khas yang sama selama 60 tahun lalu karena resep yang digunakan telah diwariskan selama beberapa generasi. Kedai mango sticky rice ini hanya buka selama 5 bulan yakni selama Januari hingga Mei aja saat musim Mangga berlangsung.



Quote:



Daeng Namnuang


Foto: tripadvisor


Kalau dari tadi banyak restoran Thai Food yang masuk dalam daftar, ada satu restoran khas Vietnam di Thailand yang juga mendapat penghargaan Shell Shuam Shin. Namanya Daeng Namnueng yang terletak di provinsi Nong Khai. Restoran ini sudah buka selama 50 tahun dan dikenal sebagai salah satu yang membuat tren makanan Vietnam di negara itu Gan. Menu andalannya adalah Nam Nueng,  bakso khas vietnam yang dibalut dengan rice paper dan disajikan dengan sepiring sayur -sayuran dan rempah.

Quote:



Honmono


Foto: Tripadvisor


Restoran jepang yang ada di Thailand ini juga mendapatkan pengakuan yang sama dari Shell Shuan Shim Gan. Bahan-bahan yang digunakan di restoran ini disebut-sebut segar dan mirip banget seperti yang bisa kamu temukan saat di Jepang. Menu rekomendasi yang bisa dicoba adalah salmon rice bowls, matsu sashimi, dan menu-menu signature Honmono lainnya.


Quote:



Cocotte Farm Roast & Winery



Foto: tripadvisor


Pecinta daging cocok banget mampir ke restoran yang ada di jantung kota Bangkok ini. Restoran yang dibuka kembali pada tahun 2016  menyajikan beragam macam daging panggang yang lezat. Restoran dengan konsep "living in farm" ini sendiri pada dasarnya menyediakan beragam hidangan dengan bahan-bahan dari pertanian organik dan pengrajin makanan sebanyak mungkin.


Quote:



Toby's



Foto: bk.asia-city. com


Restoran instagramable ini sudah dikenal jadi salah satu tempat favorit untuk mencari makanan saat brunch atau untuk sekedar nongkrong di kafe Gan. Menu yang ditawarkan sendiri pada dasalnya adalah menu-menu sarapan khas Australia . Ini karena sang pemilik sebetulnya adalah orang Thailand yang lama tinggal di Australia.

Quote:


Pizzeria Limoncello



Foto: travelopy


Mencari pizza di Thailand dengan cita rasa asli Italia bisa kamu temukan di restoran yang sudah berdiri selama 20 tahun ini Gan. Pizzeria Limoncello sudah dikenal menyajikan beragam menu pizza khas Napoli dan Capri dengan rasa otentik yang dibuat langsung di tungku.

Quote:



Itu dia beberapa restoran di Thailand yang mendapat penghargaan Shell Shuan Shim di tahun 2019 ini Gan. Bisa lah kamu jadikan referensi kalau bingung mau milih makan enak apa di negeri Gajang gajah putih ini.

Kalau ada yang pernah mengunjungi restoran-restoran dengan penghargaan Shell Shuan Shim lainnya di Thailand boleh nambahin list ini. Nanti ane angkut ke atas.

emoticon-thumbsup


Diubah oleh raiah 23-09-2019 10:54
hvzalf
andrabedy
ceuhetty
ceuhetty dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.4K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.