kroco.riAvatar border
TS
kroco.ri
Mega Lobi Prabowo untuk Bamsoet, Muzani Tak Tahu soal Jatah Menteri bagi Fadli


Indonesiainside.id, Jakarta – Lobi Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo berhasil memuluskan jalan bagi Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjadi ketua MPR RI. Perjuangan Gerindra yang mengusung kadernya, Ahmad Muzani, kandas di ujung pertarungan.

Menjelang magrib, pembahasan calon ketua MPR masih alot juga. Politikus Partai Gerindra Muhammad Syafii atau akrab disapa Romo Syafii sudah mengisyaratkan bahwa peluang Muzani sudah tipis. Karenanya, apa pun keputusan forum MPR diserahkan kepada masing-masing ketua umum parpol.

Upaya lewat lobi di tingkat pimpinan fraksi sudah mentok. Padahal, kandidat yang diusung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad yang juga masuk bursa ketua, sudah menyerah. Tinggal dua calon yang bersaing, antara Bamsoet dan Muzani.

Romo Syafii mengatakan, proses lobi fraksi harus dikendalikan oleh masing-masing ketua umum partai politik. “Berbeda dengan DPD, kalau DPD kita lobi perseorangan. Nah, tidak mungkin keputusan anggota DPR berbeda dengan kputusan partai,” kata Romo kepada Indonesia Inside, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).

“Makanya kalau mau melobi itu tingkat ketua umum dan ketua umum. Biasanya dalam pengalaman saya di DPR RI, apa yang menjadi keputusan partai akan diikuti oleh fraksinya,” katanya.

Namun, tokoh politik asal Medan ini tidak menyebutkan tanda-tanda Gerindra akan mengalah. Penyelesain di tingkat ketua umum memang benar, tapi ternyata Gerindra yang melunak.

Anggota MPR RI Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengakui ada komunikasi politik yang dilakukan  Prabowo terkait pemilihan ketua MPR RI. Termasuk permintaan musyawarah mufakat dalam menjaga konstitusi MPR RI.

“Proses ini sudah berlangsung hampir matang sehingga agak sulit untuk berputar ke belakang, kemudian Ibu Mega meminta Pak Prabowo untuk bersama-sama menjaga marwah NKRI ini lebih baik lagi,” kata Muzani usai acara rapat paripurna dan pelantikan pimpinan MPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).
Diubah oleh kroco.ri 04-10-2019 03:18
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.9K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.