Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aduhaisayangAvatar border
TS
aduhaisayang
Fenomena Ketiduran saat Khotbah Jumat
Dulu, sebelum bersahabat dengan Ustadz Yono, TS sering kali ngantuk sampai ketiduran saat khotbah Jumat sedang berlangsung. Gak bisa fokus. Terlebih kalau khotibnya bernada lemah lembut. Mata jadi berat sekali. Dan kesadaran tiba-tiba hilang bin ketiduran.

Kenapa ini TS sebut fenomena, karena TS suka mengamati. Hampir setiap khotbah Jumat berlangsung ada-ada saja mereka yang tertunduk seakan mendengarkan padahal nyatanya hilang kesadaran. Jumlahnya bukan satu atau dua, tetapi lebih dari 10 loh. Kalau gak percaya, coba agan buktikan sendiri. Atau bisa jadi agan termasuk salah satu pelakunya.

Fenomena Ketiduran saat Khotbah Jumat

Namun ada perbedaan ketika khotibnya bersuara lantang dan keras serta sekali-sekali berteriak. Membewa efek yang cukup signifikan mengurangi populasi jamaah yang kerap ketiduran. 


Menurut analisa TS, sering ketiduran saat khotib berkhotbah bisa dicegah. Berikut tips yang sudah TS terapkan dan terbukti berhasil:

1. Hindari makan siang terlebih dahulu. Perut kenyang sudah jadi rahasia umum bisa mengundang kantuk. Jadi makan sianglah setelah jumatan. Kalau gak tahan lapar, cukup ganjal dengan makanan ringan dulu.

2. Saat duduk bersila, cubitlah ujung-ujung jari kaki. Ini dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Bikin kita tetap sadar.

3. Selain ujung jari kaki. Belakang kedua telinga bisa juga dipijit dari bawah ke atas untuk bikin tetap fokus mendengarkan khotbah.

4. Lebih baik mandi dulu sebelum berangkat jumatan. Badan bakalan lebih segar dan bisa diajak lebih fokus.

5. Ini sekalipun TS letakkan di nomor 5, tetapi tips inilah yang harus diutamakan. Itu ada tentang niat yang kuat. Sadarlah bahwa kita sedang ibadah. Mengharap keridhoan Tuhan. Mengharap penilaian dari Sang Pencipta. Maka sudah seharusnya kita memberkan performa terbaik di hadapan-Nya. Dan teruslah beranggapan hari ini seakan-akan adalah hari terakhir kita melihat dunia.

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

Semoga sharing singkat dari TS ini bermanfaat ya. Silahkan juga bagi agan-agan kalau mau berbagi kisah atau berbagi tips. Dan TS mohon maaf kalau adah hal-hal yang kurang berkanan emoticon-Smilie

Sumber: Dari pengalaman pribadi dan hasil diskusi dengan Ustadz Yono. Ditulis 20 menit sebelum jumatan.

Gresta
ceuhetty
zafinsyurga
zafinsyurga dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.