rhijalkautsarAvatar border
TS
rhijalkautsar
Kepribadian Introvert Masuk Komunitas, Kenapa Tidak ???


emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol


Pertama-tama ane jelasin dulu...

Apakah itu Introvert?


Sumber ilustrasi : Tirto.id


Introvertmerupakan jenis atau tipe kepribadian dimana orang-orangnya memiliki ciri yang lebih mengutamakan pada perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi diluar dari lingkungan sekitarnya. Orang-orang yang memiliki berkepribadian introvert akan cenderung pendiam, pemalu, suka menyendiri dan fobia sosial hingga berusaha untuk menghindari dari situasi sosial. Meski demikian, orang dengan kepribadian introvert sebenarnya juga tetap bisa untuk bersosialisasi dengan baik dan mereka punya kemauan kuat buat bersosialisasi.


Apakah itu Komunitas?


Sumber ilustrasi : idpengertian.com

Komunitasmerupakan suatu perkumpulan atau kelompok di dalam masyarakat yang anggotanya mempunyai kesamaan kriteria sosial yang menjadi suatu ciri khas. Misalnya kesamaan bakat, kesamaan minat, kesamaan profesi, kesamaan hobi, kesamaan agama, kesamaan tempat tinggal, dan lain-lain. Terbentuknya Suatu komunitas bisa disebabkan karena adanya keinginan dari masing-masing anggotanya untuk bisa mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama. Selain itu, komunitas bisa juga bertujuan untuk saling memberikan dukungan dan bantuan antar sesama anggotanya sehingga dapat berkembang bersama-sama.


Apa pengaruh Komunitas kepada orang introvert?

Dikarenakan Setiap orang memiliki hobi, bakat, minat dan profesi masing-masing, tak terkecuali dengan orang dengan kepribadian introvert, maka mereka akan berusaha mengembangkan hal tersebut dengan membentuk atau bergabung dalam suatu komunitas. Komunitas yang sudah terbentuk tentu memiliki manfaat untuk para anggotanya.

Adapun beberapa manfaat yang didapatkan oleh anggota komunitas khususnya anggota yang termasuk tipe introvert adalah diantaranya :

Untuk Menjalin Hubungan (Silaturahmi)


Sumber ilustrasi : Maxmanroe.com

Manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan manusia yang lainnya dalam hidupnya. Dengan adanya kelompok atau komunitas maka diantara sesama anggota dapat saling menjalin hubungan atau relasi yang lebih baik antara satu dan lainnya. Dengan begitu, orang dengan tipe introvert akan dapat membuka diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Melatih Bersosialisasi


Sumber ilustrasi : Rijal09.com

Dalam kehidupan tentunya kita akan menemui berbagai hambatan dan masalah begitu juga dengan komunitas. Dalam menciptakan suatu hal pasti ada saja yang menjadi rintangan namun semua akan terasa sulit jika dilakukan sendiri, untuk itu peran semua anggota komunitas bisa jadi sangat membantu, apalagi teman-teman dalam komunitas tersebut memiliki maksud dan tujuan sama. Hal tersebut juga akan melatih orang introvert untuk dapat berhubungan sosial yang baik kepada anggota komunitas ataupun yang bukan anggota komunitas.

Saling Mendukung


Sumber ilustrasi : Dakwatuna.com

Dikarenakan adanya kesamaan minat atau kesamaan ketertarikan pada bidang tertentu maka para anggota komunitas bisa saling memberikan dukungan. Selain dapat mendukung antar sesama anggotanya, suatu komunitas bisa juga ditujukan untuk dapat membantu orang lain meskipun di luar komunitas tersebut.

Membangun karakter dan kepribadian


Sumber ilustrasi : Wartakita.com

Dengan bergabung dalam suatu komunitas juga bisa membangun kepribadian dan karakter seseorang. Dalam suatu Komunitas biasanya terdiri dari berbagai macam orang dengan kepribadian dan karakter yang berbeda-beda. Hal ini memberi dampak yang baik bagi orang yang tidak terbiasa bersosialisasi menjadi bisa bersosialisasi. Dan juga Orang yang introvert bisa berubah menjadi lebih aktif dalam komunikasi.

Quote:
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 7 lainnya memberi reputasi
8
594
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.