indahpapiAvatar border
TS
indahpapi
Kisah Dramatis Warga Sampang Selamatkan Diri dari Amukan Massa di Wamena

Kisah dramatis dibagikan pengungsi Wamena asal Sampang, Jawa Timur. Pria bernama Salim ini menuturkan berhasil selamat dari pembakaran massa setelah menjebol bagian rumahnya.

"Jadi waktu itu rumah lantai 1 sudah mulai terbakar. Di depan sudah ada puluhan orang. Saat itu juga saya langsung ke lantai 2 dan tidak berpikir menyelamatkan barang - barang. Saya lalu ke belakang rumah di lantai 1 dan menjebol triplek," ujar Salim saat ditemui Okezone di Lanud Abdul Rachman Saleh, Rabu (2/10/2019).

Di sepanjang jalan dari rumahnya menuju lokasi evakuasi, ia melihat betapa mengerikannya kondisi Wamena.
Mayat bergelimpangan di mana - mana, rumah, ruko, hingga kendaraan bermotor habis dibakar massa.

"Sudah parah dan mengerikan sekali. Di Wamena mereka dibunuh dan dibakar ramai - ramai. Dibacok terus dibakar hidup - hidup, sungguh mengerikan," kisahnya.

Salim mengungkapkan mayoritas korban berasal warga pendatang, sedangkan yang melakukan yakni warga asli Wamena.

"Yang dicari itu ya perantau. Itu semua dibabat habis, rumah yang ketahuan milik perantau jadi amukan penduduk sana, dibakar habis semua," jelasnya.

Bahkan Salim menjadi saksi bagaimana istri dan anak tetangganya asal Toraja, Sulawesi Utara, meregang nyawa. "Korbannya salah satu tetangga saya, dia dari Toraja. Rumahnya dibakar habis, yang selamat hanya dia, sedangkan istri dan anaknya meninggal dibakar bersama rumahnya," kisahnya.

Salim menjadi bagian dari 120 orang pengungsi Wamena asal Jawa Timur yang dipulangkan menggunakan pesawat hercules milik TNI AU.

Rabu siang tadi 120 orang pengungsi Wamena dari berbagai kota di Jawa Timur dikembalikan ke daerah masing - masing, seperti Malang, Blitar, Pasuruan, Sampang, hingga Lumajang. Di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang para pengungsi disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Para pengungsi tiba dengan kondisi seadanya, beberapa pakaian mereka tampak lusuh. Barang bawaan yang dibawa pun seadanya yang bisa diselamatkan.



Satu per satu pengungsi disalami oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bahkan Khofifah langsung menggendong salah seorang anak dari pengungsi sambil menyalami para pengungsi.

"Jadi sebetulnya sudah 3 hari yang lalu tiap hari ada yang datang. Kita ingin memberikan perlindungan evakuasi kepada terutama warga Jatim, didalam rombingan ini tidak semua warga Jatim, tetapi bahwa mereka siapapun harus mendapatkan perlindungan keamanan," tutur Khofifah.

okezone.com

Quote:
Aparatkaskus
Aparatkaskus memberi reputasi
1
1.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.