fahrul2111Avatar border
TS
fahrul2111
11 Resep Bumbu Ayam Bakar Super Lezat Sederhana Praktis
Ayam bakar merupakan salah satu variasi  masakan unggas yang dibuat dengan cara dibakar diatas bara api. Kelezatan dan aroma khas masakan ayam bakar ini memang menggugah selera. Perpaduan bumbu ayam yang dibakar diatas bara api memang sangat menggoda selera. Aroma harum dari berbagai bumbu rempah rempah alami yang dilumurkan di ayamnya sangat harum.

Kali ini kita akan berikan beberapa masakan bumbu ayam bakar spesial yang menjadi primadona di Indonesia. Seperti ayam bakar kalasan, ayam bakar madu, bumbu padang, bumbu rujak dan ayam bakar spesial bumbu Solo. Lengkap dengan cara membuat bumbu bakaran ayam yang harum dan meresap kedalam dagingnya. Aneka bumbu ayam bakar yang kita berikan dibawah ini tidak hanya cocok untuk bakaran ayam saja lho.

Memang kalau jaman dahulu kita hanya mengenal masakan ayam yang diberi bumbu terus dibakar diatas bara api. Kalau saat ini kan bukan hanya dibakar saja. Kita juga bisa menggunakan bumbu ayam spesial tadi untuk membuat ayam panggang ataupun ayam bakar teflon. Jadi kalau memang kebetulan tidak punya bakaran ayam atau arang, kita bisa tetap membuat resep ayam bakar spesial diatas teflon. Tetapi memang aroma yang keluar tidak seenak kalau ayam yang dibakar diatas bara api atau arang menyala. Bumbunya kelihatannya juga tidak terlalu keluar kalau cara membuat ayam bakar nya dipanggang diatas teflon.

Indonesia memang terkenal dengan banyak suku dan budayanya. Termasuk juga aneka masakan ayam bakar nya. Walaupun kalau dilihat sebenarnya tidak terlalu berbeda, tetapi masing masing resep bakar tersebut tetap mempunyai ciri khas khusus. Sebut saja bumbu ayam bakar taliwang dan ayam rica rica mando yang terkenal pedas dan lezat. Ayam bakar madu yang kaya citarasa manis yang legit. Ataupun ayam bakar kecap pedas manis yang sederhana tetapi tetap nikmat dan lezat. Kunci dari resep ayam ini memang terletak di bumbu rempah rempahnya. Untuk lebih jelasnya, aneka bumbu ayam bakaran khas Indonesia bisa dilihat dibawah ini ya. Selain dibakar diatas bara api bisa juga untuk membuat ayam bakar teflon.

Dibawah kita berikan kumpulan masakan ayam bakar dari berbagai daerah yang ada di negara kita. Lengkap dengan cara membuat bumbu ayam bakar spesial yang mudah dan sederhana.

Ayam Bakar Kalasan



Terletak di daerah Jawa Tengah, kalasan juga menyimpan segudang resep masakan ayam yang enak dan lezat. Selain ayam gorengnya, resep ayam bakar kalasan juga banyak disukai oleh masyarakat kita. Bukan hanya masyarakat sekitar saja lho, bumbu ayam bakar kalasan juga disukai oleh masyarakat di luar Jawa lho. Memang dibalik bumbu nya yang sederhana, citarasa gurih yang menjadi ciri khasnya inilah yang membuat kangen.

Ayam Bakar Madu



Dari namanya pasti sudah terbayang bukan aroma dan citarasa resep ayam bakar ini. Ya, madu yang ditambahkan di bumbu ayam bakar nya membuat resep masakan ayam ini berbeda dengan yang lain. Selain memberikan aroma yang khas, madu yang dipakai juga memberikan warna yang lebih menarik. Tentu saja selain itu citarasa madu nya juga kuat dan terasa sampai di dalam dagingnya.

Bumbu Ayam Bakar Padang



Teman teman yang sering bersantap di warung masakan Padang pasti tidak asing lagi dengan ayam bakar ini. Bumbu ayam bakar padang memang spesial dan mantap sekali. Warnanya yang coklat kemerahan dipadu dengan hitam bekas bakaran ayam membuatnya menjadi satu pilihan utama. Nah selain untuk resep masakan sehari hari, resep ayam bakar padang ini pas juga untuk acara tahun baru atau malam tahun baru.

Bumbu Ayam Bakar Kecap



Bumbu ayam bakar kecap merupakan resep ayam bakaran yang paling sederhana. Walaupun begitu, aroma dan citarasa bumbu ayam bakar kecap ini tetap memberikan sensasi di lidah. Perpaduan aroma bakaran dengan manisnya kecap dan gurihnya bumbu ayam membuatnya banyak dicari. Cocok sekali buat hidangan sehari hari atau menu sarapan pagi juga mantap.

bumbu ayam bakar bumbu rujak



Teman teman yang suka pedas wajib mencoba ayam bakar bumbu rujak ini. Sama seperti ayam rica rica atau ayam bumbu rujak, citarasa resep ayam dengan bumbu bakaran rujak ini sungguh spesial. Tidak hanya aroma bakaran ayamnya saja yang menggoda, perpaduan bumbu rujak juga menjadi ciri khas dari resep masakan ayam ini. Bumbu ayam bakar rujak yang dipakai membuat bumbu nya meresap sampai kedalam daging.

Ayam Bakar Pedas Manis

Bumbu ayam bakar pedas manis ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan ayam bakar kecap. Sesuai namanya, resep ayam bakar ini menggabungkan citarasa pedas dan manis dalam satu resep. Kombinasi 2 rasa dasar ditambah dengan rasa gurih alami ayam inilah yang membuatnya banyak dipilih penggemar masakan ayam bakar. Selain itu cara membuat bumbu ayam bakar rasa pedas manis ini juga sangat mudah. Tidak perlu waktu lama, pas sekali buat persiapan acara malah tahun baru nanti.

Bumbu Ayam Bakar Solo

Salah satu resep ayam bakar yang tidak kalah enaknya adalah ayam bakar Solo. Ya, selain budayanya, solo juga menyimpan segudang resep masakan yang enak dan lezat. Salah satunya adalah ayam yang dibakar dengan bumbu spesial khas Solo ini. Ciri khas dari bumbu ayam bakar solo ini terletak di perpaduan rasa manis dan gurih yang spesial.

Ayam Bakar Bumbu Kuning

Ayam bakar bumbu kuning ini bisa menjadi pilihan buat menu resep masakan sehari hari di rumah. Bumbu ayam bakar kuning ini sebenarnya hampir sama dengan ayam goreng bumbu kuning biasanya. Bedanya cuma setelah diungkep tidak dibakar melainkan dibakar diatas bara api. Selain itu resep ayam bumbu kuning ini bisa juga dibuat untuk ayam panggang lho.

Ayam Bakar Sunda



Resep ayam bakar sunda bisa menjadi menu pilihan buat sajian keluarga. Dengan menggunakan bumbu khas Sunda yang terasa ringan, manis dan gurih, sajian spesial bakaran ayam tentu akan nikmat dan lezat. Untuk membuat bumbu ayam bakar sunda juga tidak terlalu sulit kok.

Bumbu Ayam Bakar Taliwang



Selain ayam bakar bumbu rujak, ayam taliwang ini juga bisa menjadi pilihan buat teman teman yang hobi makan pedas. Bahkan tingkat kepedasan resep ayam bakar taliwang ini lebih mantap dibandingkan yang bumbu rujak. Selain pedas tentu saja bumbu ayam bakar taliwang ini juga spesial. Perpaduan bumbu taliwang dan aroma bakaran ayam mantap sekali untuk dinikmati bersama keluarga.

Ayam Bakar Rica rica



Bumbu rica rica sudah menjadi primadona buat sebagian masyarakat kita. Bumbu ini memang spesial dengan citarasa pedas dan gurih yang mantap. Nah buat yang suka bakaran, ternyata bisa menggunakan bumbu ayam bakar rica rica lho. Resep ayam bakar dengan bumbu rica rica khas Manado ini tidak kalah enak dan lezat dibandingkan ayam bakar dari daerah lainnya.

Dari beberapa resep ayam bakar diatas, mana yang menjadi favori dan pilihan kamu. Masing masing resep tadi memang mempunyai citarasa spesial yang berbeda dengan yang lain.


Spoiler for Fauzzi resep:
Diubah oleh fahrul2111 28-09-2019 16:56
Richy211
ceuhetty
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.