Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

secret434Avatar border
TS
secret434
Apa Itu Internet Marketing ?
Assalamualaikum wr. wb 
emoticon-Hai
Untuk kesekian kalinya akhirnya kita jumpa lagi nih agan/sista ..

Kali ini ane bakal membahas Pemasaran atau bahasa kerennya itu Marketing emoticon-Big Grin

Udah siap ... hayuk cuss kita pelajari 



Apa Itu Internet Marketing ?



Sebenarnya, apa itu internet marketing (pemasaran online) ? Secara umum, pengertian internet marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui atau menggunakan media internet atau secara online.

Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah hanya jualan lewat internet. Sebenarnya itu tidak salah juga karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Lalu, apa gunanya kita melakukan internet marketing ? 

Tentunya setiap pebisnis ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka lebih terkenal. Nah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Bentuk internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak. Berikut ini adalah penjelasan lebih sederhana tentang internet marketing :

1. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Saat ini, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat urban. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua orang sudah punya smartphone, bahkan tukang siomay pun sudah punya Aplikasi WhatsApp di smartphone miliknya agar bisa langsung promosi siomay dagangannya ke pelanggan.

Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri (barang dan jasa), dan lain sebagainya. 

2. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, promosi online adalah salah satu bentuk dari pemasaran online. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui iklan PPC (PPC Ads), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.

Kelebihan Internet Marketing

Pemasaran online memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mengacu pada pengertian internet marketing di atas, berikut ini adalah beberapa kelebihan pemasaran online :

- Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.

- Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan negara lain (global) ketika memasarkan suatu produk melalui internet.

- Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
Dengan internet marketing maka risiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvensional.

- Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.

- Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.

- Dan masih banyak kelebihan lainnya.

Dari sedikit penjelasan diatas tentu kita temukan begitu banyak manfaat dari internet marketing ini, Agan/sista tertarik untuk mempelajarinya  ?

Coba yuk mampir ke SINIemoticon-Ngacir2

Demikianlah sedikit penjelasan singkat mengenai apa itu internet marketing beserta kelebihannya.

Semoga bermanfaat 
Terima Kasih

Wa'alaikumsalam wr.wb

emoticon-Jempol














0
1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & ResearchKASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.