• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ayo Jadi Suporter Yang Cerdas Untuk Masa Depan Olahraga Indonesia Yang Cerah

pengabdihotspotAvatar border
TS
pengabdihotspot
Ayo Jadi Suporter Yang Cerdas Untuk Masa Depan Olahraga Indonesia Yang Cerah


Hallo gan and sist, jumpa lagi nih dengan ane PengabdiHotspot.


SUMBER GAMBAR

Nah dalam thread kali ini ane mau ngebahas tentang suporter. Suporter adalah pemain keduabelas dari permainan sepakbola. Suporter adalah mendukung setiap tim yang di favoritkannya. Apakah tanpa suporter bisa bermain sepakbola? Tentu saja bisa, tapi suporter merupakan DNA bagi suatu tim.

Karena merekalah para pemain timnas berjuang habis-habisan demi merebut kemenangan. Karena tanpa suporter, sepakbola seperti hampa. Tidak ada yang bersorak-sorak, tidak ada yang menyanyikan yel-yel, serta stadion tempat pertandingan pun sepi jika tanpa mereka.


SUMBER GAMBAR

Para suporter memberikan tekanan yang sangat tinggi kepada timnas saat bermain, target mereka hanyalah udah pasti kemenangan. Apabila tifak sesuai harapan mereka timnas indonesia kalah, tidak heran lagi emosi pun tak tertahankan dan berakhir kericuhan.

Pada hari Kamis tanggal 5 September 2019 kemarin, Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Terjadi kericuhan yang disebabkan oleh suporter Indonesia yang tidak menerima kekalahan timnas Indonesia saat pertandingan Indonesia melawan Timnas Malaysia dalam babak play off piala dunia 2022.


SUMBER GAMBAR

Kasus yang tidak terpuji suporter Indonesia itupun menjadi catatan penting betapa mudahnya suporter kita terpancing oleh suporter lawan. Memang sejarah pertemuan timnas Indonesia dengan timnas Malaysia sudah menjadi ajang yang bergensi dan penuh tensi yang tinggi. Akibat kericuhan yang terjadi itu, FAM ( Asosiasi sepakbola malaysia) melaporkan kejadian itu ke AFC dan juga FIFA. Dan sekarang masih menunggu hasil dari keputusan tersebut. Bisa saja sanksi itu seperti pertandingan tanpa penonton, denda, atau dibekukannya lagi sepakbola Indonesia.


[URL=https://m.akuraS E N S O Rid-268511-read-hadapi-vietnam-pelatih-timnas-u16-minta-dukungan-positif-suporter]SUMBER GAMBAR[/URL]

Ini sih sangat merugikan bagi ane sebagi penikmat cabang olahraga ini. Hanya karena beberapa oknum yang terlibat, kasus ini membuat malu pesepakbolaan Indonesia. Ane bukannya mau menyalahkan sepenuhnya kepada suporter, tapi ane ingin sikap kita sebagai suporter ini berubah.


SUMBER GAMBAR

Maka dari itu, marilah kita menjadi suporter yang cerdas. Suporter yang menerima apapun kenyataan itu, baik menang maupun kalah. Jika timnas menang, maka bersyukurlah, jangan memprovokasi suporter lawan. Namun apabila kita mengalami kekalahan, jangan juga kita emosi, tetap mendukung timnas kita, karena mereka telah berjuang dengan sepenuh tenanganya. Jangan mudah terpancing oleh suporter lawan. Rubahlah mulai dari sekarang, kalo bukan sekarang kapan lagi. Kemajuan masa depan sepakbola Indonesia juga bergantung pada suporter yang cerdas.

Itulah pendapat ane tentang suporter. Jika tanpa suporter, sepakbola telara tidak lengkap.
Jangan lupa cendol serta rate 5 nyaemoticon-Cendol Gan. See you next thread, bye bye.

Sumber tulisan : asli tulisan ts
Sumber gambar : google images
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 6 lainnya memberi reputasi
7
593
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.