• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Perkenalkan BioUrban,Pohon Artifisial Yang Cocok Mengatasi Polusi di Indonesia

bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
Perkenalkan BioUrban,Pohon Artifisial Yang Cocok Mengatasi Polusi di Indonesia

Gambar : Kiri , kanan .

Bersama saya,dan....hai.
Quote:

Indonesia,hampir sepanjang tahun diserang polusi udara.Apalagi kota-kota besar.Tak hanya kota besar,seluruh wilayah di Indonesia pun berpolusi bahkan bisa mencapai kondisi dengan kualitas udara tidak sehat.Hal itu sebagian besar disebabkan oleh asap buang kendaraan,pabrik,dan kebakaran hutan.
Berbagai cara dilakukan untuk mencegah polusi udara,mulai dari pengeluaran regulasi,hingga reboisasi.
Jakarta contohnya,mereka sampai harus menanam pohon Bougenville untuk mengurangi polusi udara.
Tentu polusi udara cukup banyak dampak negatifnya,seperti peradangan pernapasan dan lainnya.Polusi udara yang parah mengakibatkan lebih dari 8 juta kematian per tahun .

-------
Namun tenang,Perusahaan startup asal Meksiko menemukan solusi untuk permasalahan ini.Mereka menciptakan pohon artifisial yang mana kemampuannnya mampu merubah polusi udara menjadi oksigen yang setara dengan 368 batang pohon asli per satu pohon artifisial.

Gambar

Para insinyur,peneliti,dan ahli biologi melalui perusahaan startup asal Meksiko bernama BiomiTech terinspirasi membuat pohon ini atas dasar masalah polusi udara di kota Meksiko.
Mereka pun mendapat penghargaan atas penemuannya pada ajang 2018 Pollution Expo .

Pohon artifisial atau pohon robot ini dinamakan BioUrban.BioUrban menggunakan teknologi penyaringan mikroalga(alga berukuran mikro yang biasanya terdapat pada air) untuk menyerap udara yang tercemar dan menghasilkan udara yang bersih.Cara kerja BioUrban sama seperti cara kerja pohon asli saat berfotosintesis,BioUrban akan menyerap senyawa polutan berupa karbon monoksida dan nitrogen oksida dan kemudian menghembuskan oksigen murni.


Gambar

Pohon robot BioUrban mampu menangkap kapasitas udara tahunan mencapai 13.140.000 m3.Mereka memfilter udara yang berpolusi dengan tingkat efisiensi mencapai 99,7 %.Hembusan oksigen murni satu unit BoUrban itu setara dengan 368 pohon muda.Juga,tiap hari BioUrban mampu menghasilkan oksigen untuk 2.850 orang .
Kota padat macam Jakarta tentu sangat membutuhkan pohon robot ini.Bayangkan kota Jakarta dengan jumlah kendaraan dan pabrik yang menghembuskan asap polusi yang sekian banyaknya,disetiap sudut kota dilengkapi dengan pohon BioUrban,tentu akan sangat terasa manfaatnya secara instan.

Gambar : kiri , kanan

Selain pohon ini bermanfaat menghasilkan oksigen dan memfilter udara yang berpolusi,pohon BioUrban juga tidak memberikan dampak negatif sama sekali.Artinya,BioUrban tak membuang limbah atau  gas berbahaya.Mereka juga menggunakan alga yang ada banyak di dunia ini.
Karena pohon ini adalah robot,banyak orang yang beranggapan kalau teknologi ini akan menggantikan pohon asli.Namun itu dibantah oleh pihak pengembang,BiomiTech.Sebagai pengembang,mereka menyatakan bahwa BioUrban tidak diciptakan untuk menggantikan pohon tetapi untuk melengkapi dan membantu pohon dalam menyaring udara yang tercemar.
Pohon robot setinggi 4 meter ini telah dipasang diberbagai tempat di dunia seperti Meksiko,Kolombia,dan Panama.Bagaimana Indonesia?ini sepertinya solusi yang tepat.
For your information,untuk membuat satu unit BioUrban,dibutuhkan biaya kurang lebih $50.000 atau Rp 750.000.000 (kurs 15.000).Kalau harga jualnya,belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak BiomiTech
Quote:


Thank,



Saleum.
Sumber referensi : kemari
Diubah oleh bintanghu 29-09-2019 14:09
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 13 lainnya memberi reputasi
14
10.9K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.