Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

red.cyber3009Avatar border
TS
red.cyber3009
Anjing Bisa Tertular Stress Manusia. Kenapa ya?


Pemilik hewan peliharaan tampaknya dapat mengirimkan stres mereka kepada hewan peliharaan ini. Setidaknya itu berlaku untuk pemilik anjing. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports mengungkapkan bahwa pemilik anjing yang mengalami banyak stres dapat membuat hewan peliharaan ini merasakan hal yang sama. 

Para peneliti Swedia meneliti 58 orang yang memelihara anjing jenis border collie atau anjing gembala Shetland. Mereka meneliti rambut sang majikan serta hewan peliharaannya, mencari jejak hormon kortisol yang dilepaskan dalam aliran darah dan diserap oleh folikel rambut sebagai respons stres.

Kondisi seperti depresi, kelelahan akibat aktivitas fisik berlebih, serta pengangguran hanyalah beberapa pemicu stres yang bisa berpengaruh pada jumlah kortisol yang ditemukan di rambut. Lina Roth dari Linkoping University Swedia mengungkap hal tersebut.

Roth dan timnya menemukan bahwa pola kadar kortisol pada rambut para pemilik anjing tampak serupa dengan yang ditemukan pada anjing mereka selama musim dingin maupun panas. Hal itu menunjukkan kadar stres mereka ternyata bersinkroni.


Ditularkan oleh pemilik
Roth berkesimpulan, pemilik hewanlah yang menularkan stres tersebut, bukan sebaliknya. Ini karena beberapa kepribadian manusia dapat memengaruhi kadar kortisol hewan peliharaan.

Hingga saat ini para peneliti belum menemukan penyebab keterkaitan stres antara pemilik anjing dengan anjingnya. Namun, hal itu bisa jadi karena hubungan erat yang terjalin di antara mereka.

Ikatan antara pemilik dan anjing peliharaannya selama masa pelatihan kemungkinan meningkatkan ikatan emosional pada hewan tersebut. Pada akhirnya keterikatan emosional itu yang memicu sinkronisasi kadar stres mereka.
red.wangyi
yuliantioenang
betiatina
betiatina dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.3K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.