cempakaautofilmAvatar border
TS
cempakaautofilm
Coklat Rasa Makanan dan minuman Nusantara, Ada Rasa Nasi Uduk Juga Loh




Bagi Agan dan Sista yang gemar makan makanan manis seperti coklat, Ane ada  artikel permen Coklat tetapi rasanya itu rasa makanan khas Nusantara.

Fusion Food, merupakan masakan yang mencampurkan dari dua atau lebih budaya yang berbeda. Tujuannya untuk menciptakan rasa baru supaya lebih menarik minat. 


Fenomena fusion food jadi daya tarik tersendiri. Banyak menu Indonesia yang kembali terangkat namanya setelah digabungkan dengan cita rasa kuliner dari luar, seperti Burger Rendang atau Klepon Cake yang tren.

Academy of Pastry and Culinary Arts (APCA) Indonesia memperkenalkan kuliner tradisional nusantara yang dibalut dengan sentuhan modern. Contohnya varian cokelat yang dipadukan dengan rasa kuliner tradisional. 

“Kekayaan rempah serta bahan khas masakan nusantara yang mudah kita temukan sehari-hari dan mengurangi penggunaan perisa buatan, menjadi alasan pemilihan bahan hidangan cokelat ini,” kata Chef Christian Dewabrata saat demo pembuatan pastry & cake di APCA, Alam Sutera, beberapa waktu lalu.






Bertajuk Archipelago Chocolate, ada empat varian cokelat dari makanan dan minuman khas Indonesia, seperti Wedang Ronde, Rempeyek, Bajigur, dan Nasi Uduk yang dikemas dalam chocolate pralines.



“Chocolate pralines atau permen cokelat awalnya dibuat oleh Chef dari Prancis yang kini semakin banyak divariasikan dari rasanya,” tambah Louis Tanuhadi Director & Executive Chef APCA. 


“Dengan teknik khusus yang digunakan untuk mengekstraksi bahan-bahan menjadi bahan isian atau ganache dari Archipelago Chocolate,” terangnya. 



Berikut ini empat varian chocolate pralines yang rasanya makanan dan minuman nusantara.

Nasi Uduk








Bahan-bahan yang digunakan untuk isian atau ganache membuat cokelat pralines dengan santan, sereh, kacang tanah, bawang goreng, dan daun jeruk. 



Rempeyek








Isian cokelat pralines rasa rempeyek ini memakai kacang, dark chocholate, mentega hingga daun jeruk purut.


Wedang Ronde








Untuk cokelat rasa wedang ronde menggunakan dark chocholate, kayu manis, mentega, cengkeh, serai, jahe merah, dan gula merah.


Bajigur








Dan bahan cokelat pralines rasa bajigur diantaranya memakai full cream, susu cokelat, daun pandan, jahe merah, banana crispy hingga gula merah.


Semoga terinspirasi Gan.. 









Sumber





andrabedy
ceuhetty
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.3K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.