carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Kenapa Kebutuhan Kuota Internet Makin Tinggi ?
Halo agan dan sista sekalian, rasanya minggu cepat sekali berlalu dan senin kembali datang tanpa permisi. Buat agan dan sista yang sudah menggunakan smartphone sejak era Blackberry, sadar atau tidak kebutuhan kuota internet semakin tinggi. Ane masih ingat dengan jelas sekitar tahun 2011, dengan kuota 512mb sampai 2gb ane udah bisa mencukupi kebutuhan internet ane untuk satu bulan. Tapi pada hari ini saat thread ini dibuat, kebutuhan kuota internet bulanan ane bertambah menjadi sektar 100Gb per bulan. Ane pikir - pikir, buset jauh banget selisihnya. Ane mencoba mencari penyebabnya dan inilah yang ane temukan.



1. Pergeseran Kebutuhan

Spoiler for Mulus:




Pada awalnya ane tidak terlalu bergantung dengan internet. Paling internet buat ngaskus atau main media sosial secara ringan dan browsing tipis - tipis. Pada saat ane awal - awal menggunakan smartphone, informasi yang ane terima sumber utamanya dari televisi ataupun koran - koran yang ada di giras (baca: warkop).  Makin ke sini, ane makin bergantung pada internet untuk mencari informasi dan pemenuhan kebutuhan pekerjaan. Ane sendiri saat ini berkerja secara remote (baca: kerja jarak jauh) dan koneksi internet menjadi hal yang krusial. Selain kuota, kecepatan internet juga meningkat. Internet dengan kecepatan 1mbps yang dulu sudah dianggap kencang, sekarang sudah bisa memicu emosi emoticon-Ngakak (S). Internet yang dulunya menjadi keubutuhan tersier atau bahkan sekedar iseng, sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama penunjang pendapatan.

2. Harga Yang Semakin Murah


Spoiler for Mulus:





Masih ingatkah ketika di thread kaskus selalu ada peringatan BW atau Bandwidth Killer ? Atau jangan - jangan cuma inget IGO atau BB+17emoticon-Big Grin

Meski masih terbilang mahal dibanding dengan internet di belahan dunia lain ditinjau dari fasilitas, harga internet sudah semakin murah saat ini. Dahulu ane membutuhkan dana sekitar 50 ribu rupiah untuk beberapa giga kuota internet, tapi sekarang dengan harga 150 ribu ane sudah mendapat kuota internet sebesar 50 giga. Ane masih menjadi pengguna setia operator berwarna merah (ane gak diendorse tapi mau kalo diendorse emoticon-Big Grin) karena alasan kecepatan dan kestabilan. Internet yang dulunya salah satu bentuk kemewahan saat ini sudah menjadi hal biasa.

3. Perkembangan Teknologi Aplikasi

Spoiler for Mulus:




Kalau jaman dahulu ane streaming video atau musik masih melalui laptop atau komputer. Kalau mau memutar di handphone biasanya download dulu. Tapi saat ini aplikasi mobile untuk hal tersebut sudah sangat biasa. Kita sudah bisa mengakses apapun yang kita mau dalam genggaman kita. Game online yang dulunya ada di PC pun sudah bergeser menjadi game mobile. Aplikasi mobile sudah sangat berkembang dan bisa dinikmati di manapun kalian mau. Selain smartphone, TV sekarang juga udah ada yang smart. Gambar semut berkumpul dibasmi dengan kuota internet. emoticon-Big Grin

***

Nah itulah hasil investigasi ane kenapa kebutuhan kuota internet semakin tinggi. Jika agan dan sista punya pendapat lain, jangan sungkan untuk menyampaikan di kolom komentar. JIka ada salah kata dan ucap, tolong dikoreksi dan dimaafkan. Sekian dulu dari ane dan sampai jumpa di thread ane selanjutnya.

Quote:



Polling
0 suara
Berapa kebutuhan kuota internet agan dan sista dalam sebulan ?
Diubah oleh carrpirates 30-09-2019 08:48
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.