Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Beritaunik24Avatar border
TS
Beritaunik24
KPAI Temukan Hal Mengejutkan di Aksi Mujahid 212

KPAI Temukan Hal Mengejutkan di Aksi Mujahid 212
Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI Jasra Putra menyesalkan adanya anak-anak dalam demonstrasi Mujahid 212 di kawasan Bundaran HI dan Monas pada Sabtu, 28 September 2019.

Dalam pantauannya, Jasra mengatakan pihaknya menemukan anak-anak yang bermalam di aspal hingga emeperan gedung sehari sebelum aksi dimulai.

"Tampak di lokasi anak-anak mulai kelelahan fisik, ada yang tidur-tiduran di aspal samping patung kuda atau area aksi. Mereka tidak memiliki uang untuk kembali ke Bogor," kata Jasra dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 29 September 2019.

Menurut Jasra, panitia penyelenggara harus bertanggung jawab memulangkan anak-anak yang tak memiliki ongkos tersebut. Usulan ini sudah KPAI sampaikan ke humas Aksi Mujahid 212 Budi Setiawan saat aksi berlangsung, namun tak mendapat respon dari panitia.

"Temuan lain banyak anak-anak yang hadir ditemukan merokok dan bahkan berbagi rokok tembakau yang dilinting," kata Jasra.

Seribuan orang massa aksi Mujahid 212 memadati kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat untuk melakukan aksi selamatkan NKRI, Sabtu 28 September 2019. TEMPO/Taufiq Siddiq

Ia menjelaskan anak-anak dilarang untuk mengikuti unjuk rasa. Hal ini seperti telah diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Anak nomor 35 tahun 2015 pasal 24 yang menyatakan Negara, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah menjamin anak untuk mempergunakan haknya dalam menyampaikan pendapat sesuai dengan usia dan tingkat kecerdasanya.

Namun dilarang bila berada dalam situasi yang mengandung unsur Kekerasan dan mengancam jiwa, seperti berada di jalanan dan berada di lautan massa.

Demonstrasi Aksi Mujahid 212 terlaksana pada Sabtu kemarin dengan dihadiri ribuan orang. Dalam tuntutannya, massa meminta pemerintah menyelesaikan persoalan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah. 



https://metro.tempo.co/read/1253837/...o-mujahid-212
0
1.3K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.