Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hari ini !!. "Mengapa bendera merah putih dikibarkan setengah tiang.?"

spenasAvatar border
TS
spenas
Hari ini !!. "Mengapa bendera merah putih dikibarkan setengah tiang.?"
Assalamualaikum, gan. emoticon-Salam Kenal
 
    Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan kepada agan dan sista tentang judul di atas. Pasti agan dan sista terheran-heran dengan adanya bendera merah putih yang dikibarkan setengah tiang. Nah, kali ini saya akan memberitahukan bahwa hari ini tanggal 30 september merupakan sejarah nya pengkhianatan atau pembrontakan pancasila dari PKI disebut juga dengan G30S/PKI dan menimbulkan korban jiwa yaitu para pahlawan jenderal TNI yang telah gugur. Oleh karena itu, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan tersebut bendera merah putih dikibarkan setengah tiang. Untuk lebih mengetahui. Sebelum masuk ke kronologi atau cerita G30S/PKI. 

Hari ini !!. "Mengapa bendera merah putih dikibarkan setengah tiang.?"
sumber gambar : tribunnews.com



APA ITU G30S/PKI ?

  Gerakan 30 September (dalam dokumen pemerintah tertulis Gerakan 30 September/PKI, disingkat G30S/PKI), Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi selewat malam tanggal 30 September sampai di awal 1 Oktober 1965 ketika tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha kudeta. (sumber).



       Yuk kita lanjut simak bareng-bareng kronologi atau cerita singkat G30S/PKI :

   G30S merupakan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis. Gerakan ini dipimpin oleh DN Aidit yang saat itu merupakan ketua dari Partai Komunis Indonesia (PKI). Pada 1 Oktober 1965 dini hari, Letkol Untung yang merupakan anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal Istana) memimpin pasukan yang dianggap loyal pada PKI. Gerakan ini mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya. Jenazah ketujuh perwira TNI AD itu ditemukan selang beberapa hari kemudian. (sumber)


         Nama-nama perwira TNI AD yang telah gugur :


Hari ini !!. "Mengapa bendera merah putih dikibarkan setengah tiang.?"
sumber gambar : manado.tribunnews.com

   Keenam perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjadi korban dalam peristiwa ini adalah:
1. Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani
2. Mayor Jendral Raden Soeprapto
3. Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono
4. Mayor Jendral Siswondo Parman
5. Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan
6. Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo

  Sementara itu, Panglima TNI AH Nasution yang menjadi target utama berhasil meloloskan diri. Tapi, putrinya Ade Irma Nasution tewas tertembak dan ajudannya, Lettu Pierre Andreas Tendean diculik dan ditembak di Lubang Buaya. Keenam jenderal di atas beserta Lettu Pierre Tendean kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi. Sejak berlakunya UU Nomor 20 tahun 2009, gelar ini juga diakui sebagai Pahlawan Nasional. Selain itu, beberapa orang lainnya juga menjadi korban pembunuhan di Jakarta dan Yogyakarta. Mereka adalah:
1. Brigadir Polisi Ketua Karel Satsuit Tubun
2. Kolonel Katamso Darmokusumo
3. Letnan Kolonel Sugiyono Mangunwiyoto (sumber)


     Bagi agan yang di rumahnya mempunyai bendera merah putih diharapkan untuk diturunkan setengah tiang agar kita sebagai warga negara Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan kita yang telah gugur pada waktu itu dan mendo'akannya. Sekian Informasi dari saya kurang lebihnya mohon maaf emoticon-Salam Kenal, jika ada kata-kata yang kurang paham silahkan balas thread dan jangan lupa beri cendol emoticon-Cendol Gan dan ratenya emoticon-Rate 5 Star.

      Wassalamualaikum wr wb





ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.