Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

secret434Avatar border
TS
secret434
Berkenalan dengan Ruby on Rails
Assalamualaikum wr. wb 
emoticon-Salam Kenal

Jumpa lagi dengan ane yang nggak pernah bosan buat update tulisan tentang web
Nah kali ini kita bakal ngebahas salah satu framework populer saat ini, dan kenalan lebih jauh lagi.

Apakah itu ... ?
Langsung aja yuk ... 

Berkenalan Dengan Ruby On Rails



Ruby on Rails atau sering disebut dengan Rails merupakan sebuah framework yang diciptakan dengan bahasa pemrogramman Ruby. Rails sendiri pertama kali dikembangkan oleh David Heinemeier Hansson, yaitu seorang programmer dan pembalap.

Bahasa pemrogramman Ruby khususnya framework Ruby on Rails saat ini sangat banyak di perbincangkan para developer dan pengembang website diluar maupun dalam negeri.

Pasalnya bahasa pemrogramman Ruby sendiri mempunyai syntax atau block code yang sangat elegan dan mudah untuk dipelajari, khususnya orang yang baru belajar bahasa pemrogramman.

Banyak perusahaan besar di indonesia yang mengembangkan produk dengan bahasa pemrogramman Ruby khususnya dengan framework Ruby on Rails, berikut daftar perusahaan besar di dunia yang menggunakan Ruby dan framework Ruby on Rails:

Luar Negeri

- GitHub
- GitLab
- Twitter
- SoundCloud
- Shopify
dan masih banyak lagi.

Dalam Negeri

- BukaLapak.com
- Jualo.com
- Vidio.com
dan masih banyak lagi.

Rails pertama kali dirilis pada 13 Desember 2005, dan sekarang sudah banyak developer dan  programmer yang ikut serta mengembangkan Rails. Rails dikembngakn di GitHub dengan versi yang terakhir yaitu v5.1.4.

Rails dibangun dengan menggunakan konsep MVC yaitu dengan sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller).


Bagian MVC

Model 

Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu  seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.

Viewers 

Viewers adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa di katakan berupa halaman web.

Controller


Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

Kelebihan Ruby On Rails

Terdapat beberapa kelebihan bahasa pemrograman Ruby yang dapat dijadikan sebagai gambaran awal dalam memilih bahasa pemrograman yang tepat, beberapa diantaranya adalah

Mudah Dipelajari

Salah satu kelebihan bahasa pemrograman Ruby adalah mudah untuk dipelajari. Bahkan, dalam infografis bahasa pemrograman ini, bahasa pemrograman Ruby dinyatakan sebagai bahasa pemrograman awal terbaik ketika kamu pertama kali belajar pemrograman.

Oleh Yukihiro, bahasa pemrograman ini dikembangkan agar dapat digunakan secara natural dan mudah untuk dimengerti oleh penggunanya. Selain itu, telah terdapat berbagai macam situs yang telah membahas Ruby, yang dapat digunakan sebagai referensi saat mempelajari bahasa ini.

Library


Selain mudah untuk dipelajari, kelebihan bahasa pemrograman Ruby lainnya juga memiliki kesamaan dengan kelebihan yang dimiliki bahasa Phyton. Bahasa pemrograman Ruby juga menawarkan berbagai macam library perlengkapan yang menakjubkan serta fungsionalitas yang sangat luas.

Dengan kelebihan ini, para developer dapat menggunakan bahasa pemrograman Ruby dengan sangat mudah dalam membangun berbagai macam hal. Para developer tidak harus membuat segala sesuatunya dari awal, mereka dapat menggunakan beberapa library yang sudah ada sebelumnya dalam membangun sebuah kode.


Komunitas yang Besar & Berkembang

Salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk memilih bahasa pemrograman yang tepat yaitu melihat seberapa besar komunitasnya. Hal tersebut dikarenakan, dengan adanya komunitas yang besar akan tersedia juga tempat dan sumber belajar yang lebih banyak.

Ruby menawarkan hal ini dalam salah satu kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan bahasa pemrograman Ruby salah satunya adalah memiliki komunitas yang besar. Tidak hanya besar, komunitas-komunitas yang dimiliki oleh bahasa Ruby selalu tumbuh dari waktu ke waktu.

Hampir pada seluruh kota besar di dunia ini, terdapat komunitas yang mengiati bahasa pemrograman Ruby. Komunitas-komunitas tersebut juga sering mengadakan meetup secara rutin di kota-kotanya. Selain itu, bahasa pemrograman Ruby menjadi bahasa yang paling populer pada situs social coding GitHub.


Ingin Membuat Aplikasi Dengan Ruby on Rails ?

Sebelum Agan/sista belajar framework Ruby on Rails sebaiknya pelajari dulu dasar-dasar dari pemrogramman Ruby.

Kenapa demikian ? 

karena kita akan bekerja dengan framework dimana didalam framework kita sudah di suguhi fungsi-fungsi yang sudah siap digunakan, jadi semisal belum paham dasar dari pemrogramman Ruby justru akan memperlambat proses belajar Agan/sista.

Nah jika agan/sista ingin lebih cepat dan mudah belajar Ruby on Rails sekaligus menguasainya,  bisa coba nih kursus di Babastudio  yang mempunyai fasilitas lengkap dan pengajar yang mumpuni. Sudah banyak alumninya pula yang sukses jadi nggak perlu diragukan lagi deh kualitasnya.

Yuuaps cukup sekian dulu yah tulisan ane kali ini

Semoga bermanfaat 

Waalaikumsalam wr. wb

emoticon-Jempol





0
648
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, WebdeveloperKASKUS Official
23.3KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.