Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Besi244besi244Avatar border
TS
Besi244besi244
Picu SARA,Ketua MR Papua minta Kapolri rahasiakan pembantaian Warga Minang di Wamena
Picu SARA,Ketua MR Papua minta Kapolri rahasiakan pembantaian Warga Minang di Wamena

Picu SARA,Ketua MR Papua minta Kapolri rahasiakan pembantaian Warga Minang di Wamena

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Majelis Rakyat Papua Timotius Murib meminta Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian untuk merahasiakan korban kerusuhan di Papua mayoritas adalah pedagang yang berasal dari suku Minang


"Jika disebutkan sebagian besar yang dibantai adalah orang minang itu harus dirahasiakan. Bisa bahaya dan ada balasan susulan, takutnya bisa perang SARA. Selain itu, korban atas kejadian aksi kemarin itu semua asli Papua maupun non Papua adalah korban," kata Timotius saat dihubungi Tempo, Rabu, 25 September 2019.

Timotius mengatakan, pengklasifikasian tersebut bisa memicu konflik. Ia tidak ingin masyarakat menilai ada dua kelompok di tanah Papua. Sehingga, ia meminta Tito untuk menyebut masyarakat yang terluka maupun meninggal dunia sebagai korban saja tanpa menyebut bahwa mayoritas adalah suku minang.


Dalam konferensi pers di Kemenko Polhukam pada Selasa kemarin, Kapolri Tito Karnavian mengatakan ada 26 korban meninggal dunia karena kerusuhan di Wamena, Papua. Ia menjelaskan 22 dari 26 korban meninggal dunia itu merupakan warga Papua pendatang di Wamena.


"Mereka pendatang sebagian besar adalah pedagang beretnis minangkabau. Ada juga empat korban meninggal dunia merupakan warga Papua asli Wamena," katanya.

Kerusuhan di Wamena terjadi pada Senin, 23 September 2019. Peserta aksi merupakan pelajar dan masyarakat. Mereka menuntut penolakan terhadap tindakan rasisme.


https://nasional.tempo.co/amp/125230...mpression=true


Diubah oleh Besi244besi244 29-09-2019 10:05
0
3.7K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.