bukan.salmanAvatar border
TS
bukan.salman
Goenawan Mohamad: Jokowi Kaget Pembahasan Cepat Revisi UU KPK

TEMPO.CO, Jakarta - Budayawan Goenawan Mohamad mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkejut lantaran pembahasan revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Dewan Perwakilan Rakyat berlangsung sangat cepat. Hal ini terungkap saat Jokowi bertemu dengan sejumlah tokoh, budayawan, dan aktivis, di Istana Merdeka, Kamis, 26 September 2019.

"Dia bilang 'kenapa cepat banget'," kata Goenawan saat di temui di kantor Komunitas Salihara, Jakarta, Jumat, 26 September 2019.

Dengan pembahasan yang kilat itu, Jokowi memberi catatan terhadap sejumlah pasal kontroversial. Salah satunya tentang pembentukan dewan pengawas KPK. "DPR, kan, maunya (dipilih) dia. Tapi Pak Jokowi (bilang) 'gak bisa'," ujarnya.

Pengurus Komunitas Salihara ini menceritakan dalam pertemuan dengan Jokowi, para tokoh sepakat menyarankan presiden mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) untuk membatalkan UU KPK hasil revisi. Mendapat masukan dari para tokoh ini, kata Goenawan, Jokowi terlihat senang.

"Dialognya bagus, Pak Jokowi mencatat dan mendengarkan. Dia pendengar yang baik," ucapnya.

Usai pertemuan dengan para tokoh ini, Jokowi menyampaikan kepada media jika ia mempertimbangkan untuk menerbitkan perpu. Perpu, kata Jokowi, akan diterbitkan dalam waktu secepatnya.

Selain Goenawan, tokoh yang hadir dalam pertemuan ini antara lain Mahfud MD, Quraish Shihab, Franz Magnis Suseno, Sudhamek, Azyumardi Azra, Christine Hakim, Bivitri Susanti, Feri Amsari, Emil Salim, Erry Riana Hadjapameka, Alissa Wahid, Butet Kartaredjasa, Arifin Panigoro, Mochtar Pabottinggi, Abdillah Toha, Zumrotin K. Susilo, Jajang C. Noer, Omi Kamaria, dan lainnya.


sumber

Hahhhh??!! Ane kaget juga
0
1.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.