News
Batal
KATEGORI
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8e241628c99155ee0440bd/mahasiswa-unair-sesalkan-bem-si-tolak-temui-jokowi
Surabaya - Niat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dan berdialog dengan mahasiswa bertepuk sebelah tangan. Sebabnya, undangan pertemuan dari Jokowi ditolak mentah-mentah oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Menanggapi penolakan itu, BEM Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyesalkan sikap BEM SI. Karena undangan dialog tersebut merupakan kesempatan untuk menyam
Lapor Hansip
27-09-2019 22:00

Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi

Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi

Surabaya - Niat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dan berdialog dengan mahasiswa bertepuk sebelah tangan. Sebabnya, undangan pertemuan dari Jokowi ditolak mentah-mentah oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

Menanggapi penolakan itu, BEM Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyesalkan sikap BEM SI. Karena undangan dialog tersebut merupakan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi secara langsung dan dinilai dapat mempercepat tuntutan mahasiswa.

"Kami menyesalkan sikap kawan-kawan BEM SI tersebut. Karena semestinya bertemu dengan Presiden Jokowi bisa membuat kawan-kawan mahasiswa langsung menyampaikan aspirasi secara terperinci, tanpa sekat dan tanpa pihak perantara," kata Ketua BEM Unair Agung Tri Putra saat dihubungi detikcom, Jumat (27/9/2019).

Menurut Agung, selain menuntut penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu), pada dasarnya tuntutan seluruh mahasiswa yang telah turun ke jalan hampir sama semua, yakni menuntut pembatalan sejumlah rancangan undang-undang yang dinilai penuh dengan poin-poin kontroversial. Untuk itu, ia merasa heran dengan penolakan itu.

"Gol kawan-kawan mahasiswa se-Indonesia ini sebenarnya kan sudah jelas, mulai soal pembatalah RKUHP, pengesahan RUU PKS, tuntutan dikeluarkannya Perppu KPK, penanganan kebakaran hutan, penyelesaian permasalahan di Papua, dan beberapa hal lainnya yang sudah kita suarakan bersama. Terus kalau tidak mau bertemu Jokowi, bagaimana maksudnya? Baru setelah tidak ada hasil seusai dialog dengan Presiden, kita turun lagi dan rapatkan barisan," terang Agung.

"Kasihan kami di daerah, kawan-kawan di daerah yang sudah berjuang, eh kawan-kawan BEM SI malah bermanuver tidak mau menyampaikan tuntutan langsung ke Jokowi," tambah Agung.

Dikatakan Agung, jika memang BEM SI bersikap menolak pertemuan dialog dengan Jokowi, maka sebaliknya, pihaknya mengaku siap berdialog dengan siapa saja, tak terkecuali dengan presiden. Tawaran itu disampaikan, sebab, selain menyampaikan aspirasi di jalanan, dialog juga merupakan tradisi intelektual yang melekat pada mahasiswa.

"BEM Unair siap berdialog dengan siapapun termasuk presiden, karena dialog adalah ciri insan kampus untuk instrumen kita berdialektika dengan segera mengutarakan tuntutan," tutur mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional (HI) Fisip Unair itu.

Meski siap berdialog dengan presiden, lanjut Agung, pihaknya juga akan mengajukan dua syarat. Pertama yakni presiden mau terbuka mendengarkan agenda aksi yang telah diperjuangkan mahasiswa selama ini dan kedua, menjamin ada solusi dari tuntutan para mahasiswa.

"Syarat dialog cuma dua, yaitu BEM Unair minta presiden terbuka mendengarkan masukan agenda aksi mahasiswa dan bisa segera ditemukan jalan keluar," lanjut Agung.

Agung mengimbau kepada para mahasiswa di seluruh Indonesia agar tetap fokus pada tuntutan utama yakni penerbitan Perppu untuk menyelamatkan KPK dari pelemahan. Ia juga berharap momen aksi #SurabayaMenggugat yang diikuti puluhan ribu mahasiswa pada Kamis (26/9) kemarin mampu dijadikan contoh bagi aksi-aksi di berbagai daerah yang tetap mengedepankan kepentingan publik tanpa anarki.

"Kawan-kawan saya harap tetap fokus, dengan tuntutan wujudkan perppu untuk menganulir UU KPK, RKUHP, segera sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, penuntasan masalah Papua dan sebagainya," imbaunya.

"Di Surabaya ada lebih dari 20.000 massa, tapi tak satu pun taman yang rusak, tak ada bakar-bakar, kebersihan terjaga. Maka kawan-kawan mahasiswa harus merapatkan barisan. Jangan sampai ada kekerasan dan penyusup, karena itu justru akan melemahkan fokus kita memperjuangkan tuntutan," tutup Agung.

Seperti diberitakan, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) telah merespons niat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para mahasiswa. BEM SI menolak bertemu dengan Jokowi kecuali syarat-syarat pertemuan yang mereka tuntut dipenuhi Jokowi.

"Untuk hari ini, tentu kita dengan tegas menolak," kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Muhammad Nurdiyansyah, kepada wartawan, Jumat (27/9/2019).

Adapun prasyarat-prasyarat yang BEM SI terbitkan pada Jumat (26/9) tadi malam, yakni pertama, dilaksanakan secara terbuka dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi. Kedua, Jokowi menyikapi tuntutan mahasiswa yang tercantum dalam 'Maklumat Tuntaskan Reformasi' secara tegas dan tuntas.


Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi

BEM SI punya agenda tersendiri. harusnya BEM Unair memahami dan memaklumi hal tersebut.
udahlah, nasi sudah menjadi bubur. jokowi urusannya tidak hanya ngurusi BEM SI.

jatim khususnya surabaya tidak anarkis, karena ada Bu Khofifah dan Bu Risma yang mampu meredam emosi anak-anak muda. 

harusnya, organisasi mahasiswa yang konon katanya dipenuhi kaum muda intelektual (terdidik) mengandalkan dialog ketimbang berperilaku rusuh. bukan terus ngobrak-abrok obyek vital milik bangsa.

kita semua yang rugi, termasuk bapak-ibu kalian sebagai pembayar pajak. tujuan itu tidak harus dicapai dengan cara-cara yang kasar. 

lihat noh di lokasi-lokasi lain selain jateng, jogja & jatim. semua pada rusuh, bahkan ada yang kantor dewan diobrak-abrik.  kawan-kawan kalian banyak yang pada teriak-teriak revolusi... revolusi. emangnya kalian mau negeri ini chaos? 

aparat juga manusia dan mereka juga punya keluarga yg harap-harap cemas menunggu di rumah. kalau sebagian diantara kalian ada yg bertindak brutal dan membahayakan mereka, apakah mereka tidak boleh membela diri?

fokuslah pada tuntutan kalian, hindari gesekan dengan siapapun, dan hati-hati dengan penyusup dan pendompleng agenda mulia kalian. cerdas dikit dalam memperjuangkan sesuatu. 

kalau maunya rusuh dan benturan fisik terus kayak gini, lebih baik main pencak dor atau MMA sekalian aja. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trinelovers dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 08:05
Balasan post iorveth
@iorveth
Mungin sampeyan nggak, tapi mungkin ada beberapa oknum mahasiswa yg nyeleneh, situ berani jamin ?

Gue nggak setuju revisi UU KPK, tapi untuk saat ini gue rem dulu, karena banyak penunggang-2 gelap yg coba-2 memanfaatkan situasi ini dengan tujuan & agenda yg laen...
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 08:06
Balasan post munarmansh
@munarmansh

Oh, penilaian murni untuk keterbukaan informasi ke publik itu darimana? Sadar tidak dgn revisi UU KPK yg baru KPK gak bisa lg secara mandiri menetapkan tersangka korupsi, gak bisa lg kasi travell banned ke tersangka korupsi, gak bisa lg OTT, dan banyak lg kewenangan KPK yg akan dibuntungi dan beralih ke dewan pengawas. Yg seperti itu mau didukung? Yakin ente yg seperti itu namanya mengawal marwah lembaga anti rasuah?
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 08:10
Balasan post kingoftki
Modal untuk jadi poli-tikus dikemudian hari.emoticon-Traveller
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 08:12
Balasan post mbak_yul77
Quote:Original Posted By mbak_yul77
@iorveth
Mungin sampeyan nggak, tapi mungkin ada beberapa oknum mahasiswa yg nyeleneh, situ berani jamin ?

Gue nggak setuju revisi UU KPK, tapi untuk saat ini gue rem dulu, karena banyak penunggang-2 gelap yg coba-2 memanfaatkan situasi ini dengan tujuan & agenda yg laen...


[mention]mbak_yul77[/mention]

Saya nggak akan jamin. Tapi apa gunanya pertemuan tertutup klo gak akan ada hasilnya. Apa yg dibicarakan tidak tau, apa kesepakatannya pun tdk tau. Namanya jg pertemuan tertutup. Apapun hasilnya nanti ya sdh disensor sesuai dgn kepentingan pemerintah. Jokowi cuma manusia biasa ya gan, klo salah ya tetep harus dikritisi. Dan kali ini menurut ane jokowi jelas salah. KPK diberangus kok tetap dia restui
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 08:12
Balasan post iorveth
@iorveth lah, kalau tujuan utama mahasiswa menjaga marwah lembaga rasuah, ya usulkan hapus pasal2/aturan2 yang membuntungi kewenangan KPK secara cerdas dan elegan. gak usah pakai demo ngerusuh lah. kalian semua tahu gak? gerakan dan mungkin maksud baik kalian rawan ditunggangi kelompok tertentu.

kalau ingin menunjukkan keterbukaan informasi ke publik, apa presiden harus menemui mereka di tempat terbuka (lapangan atau dijalanan misalnya sbg contoh ekstrim).

apakah ada yang berani menjamin keamanan presiden, dan BEM SI dijamin tidak menggunakan momentum tersebut untuk pansos dengan cara mempermalukan/memaki-maki presiden?
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 08:20
Kemaren ane denger tuntutan mahasiswa mau pertemuannya dgn syarat terbuka diliput media masa. Ga disanggupi? Apa ada tuntutan lain gitu sehingga berat hati.
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 08:20
Balasan post munarmansh
Quote:Original Posted By munarmansh
@iorveth lah, kalau tujuan utama mahasiswa menjaga marwah lembaga rasuah, ya usulkan hapus pasal2/aturan2 yang membuntungi kewenangan KPK secara cerdas dan elegan. gak usah pakai demo ngerusuh lah. kalian semua tahu gak? gerakan dan mungkin maksud baik kalian rawan ditunggangi kelompok tertentu.

kalau ingin menunjukkan keterbukaan informasi ke publik, apa presiden harus menemui mereka di tempat terbuka (lapangan atau dijalanan misalnya sbg contoh ekstrim).

apakah ada yang berani menjamin keamanan presiden, dan BEM SI dijamin tidak menggunakan momentum tersebut untuk pansos dengan cara mempermalukan/memaki-maki presiden?


@munarmansh

Demo mahasiwa di jakarta bukannya sdh selesai dalam 1 hari 1/2. Gak lanjut lg. Karena mereka jg sadar dan menahan diri ada pihak-pihak yg coba mengail di air keruh. Many roads leads to rome gan, ada sekelompok mahasiwa yg coba argue via tuntutan ke MA/MK. Sisanya ya menekan pemerintah via demo. Dan jelas ada hasilnya. Buktinya jokowi mempertimbangkan untuk mengeluarkan perppu. Tanpa demo emangnya mau keluarkan perppu? Kecil kemungkinannya emoticon-Malu

Agan salah paham nih dgn maksud pertemuan terbuka. Tempatnya bisa dimana saja, di ruangan tertutup di mabes TNI pun bisa, dgn dikelilingi paspampres. Maksudnya terbuka proses pembicaraan, apa yg dibicarakan, hasil pembicaraan semua masyarakat luas tau. Dgn cara apa? ya disiarkan via televisi, klo perlu dipandu mata najwa biar situasinya keep adem why not?
profile-picture
profile-picture
clyope dan ryukaiser memberi reputasi
2 0
2
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 08:27
mungkin takut nya ga bisa pulang kali.. emoticon-Big Grin

ntar malah jadi undangan "terakhir" emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 08:28
Balasan post Ahyau
Pengen tenar,modal untuk masa depan kalau jadi poli-tikus.
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 08:51
Ini baru murni perjuangan utk membela rakyat tanpa ada agenda tersembunyi.
BEM SI arogan.
Presiden sudah mempunyai niat baik utk menerima masukan dari BEM SI, tetapi mereka malah menolak kesempatan ini.
Sangat disayangkan
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 09:02
Bem si sebenarnya mau bre, tapi syartanya diskusinya harus dilakukan secara terbuka
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 09:16
Balasan post iorveth
kalau yang dimaksud terbuka itu proses pembicaraannya. tapi sekali lagi apakah ada jaminan bahwa BEM SI nggak nyolot untuk memaki-maki jokowi? taruh kata ada moderator, juga gak jaminan gak ribut ketika ada peserta diskusi yg nyolot. acara yg dipandu najwa aja gak bisa ngatasi ketika andre rosiade nampak emosi dalam berpendapat.

next, perppu KPK sudah mo dikeluarkan dan sudah secara terbuka diungkap oleh mahfud md. semua undang2 lainnya yg kok mahasiswa masih juga demo dan semuannya berakhir rusuh? taruh kata tuk mengawal agar perppu KPK segera keluar, khan gak perlu harus dengan demo-demo lagi yang berakhir rusuh?
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 09:19
Balasan post pelindungsapi
Ini lg nasbung2
Hadeh
Komen lu ini opini
Goblok
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 09:25
demo mahasiswa kok ga
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 09:31
lah setau saya bukan menolak mentah2 tapi ada syaratnya, mereka minta harus diskusi terbuka dan disiarkan di media televisi, biar semua org bisa lihat dan dengar. mereka gamau diskusi tertutup di dalam istana
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 09:49
Quote:Original Posted By DoNotEvil
takutnya ada deal2an yang berujung fitnah, makanya minta live


Quote:Original Posted By b09eLL
Bikin perbandingan aja..
Berapa banyak "korban" makan siang istana? Yang ngenceng dijalan, pas beres makan siang tau2 senyum2 kelar urusan..
Dan berapa banyak orang yang ngomong keras macam bem UI di dpr kemarin?..
Gak ada salah nya toh, kalo mau ngajak diskusi, acara nya live dan seluruh elemen media masuk? Ngapa risih kalo beneran bersih? Toh kalaupun kejadian presiden diteriak2i macam di dpr kemarin, masyarakat sudah cukup cerdas untuk mengartikan bahwa tujuan demo sebenarnya itu apa..
Ya gak?


Quote:Original Posted By iorveth
Perlu diluruskan ini. Bukan menolak tapi karena jokowi gak mau klo pertemuan dgn BEM SI dilangsungkan secara terbuka, transparan, disiarkan oleh televisi dan semua rakyat indonesia tau apa yg dibicarakan. Otomatis pertemuan batal. Baca jangan cuma judul berita doank donk, isi berita jg dibaca


Menurut ane ga bisa dengan secara benar benar terbuka, pengambilan keputusan itu ga bisa dengan waktu singkat saat debat apalagi menyangkut orang banyak.
Kalau tolak harus ada kajian kajian ulang kenapa bisa seperti itu, tidak bisa serta merta ia dan tidak.

Terlalu vulgar sih menurut gw kalau di tampilkan secara terbuka, masalah yang sebelumnya yang makan siang di Istana. Tergantung ini mahasiswa yang ikut, kalau gila kekuasaan ya bakal sama sebelumnya.

Huuh dangelan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 10:05
karena memang mau bikin rusuh doank dari awal,harusnya tembak mati aja yg biang rusuhnya biar besok2 kalo demo yg jelas
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 10:07
ketemu, dialog terbuka, kp mentok demo lg. ah elah mahasiswa kok cupet pikir
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
Lapor Hansip
28-09-2019 10:14
Balasan post gentongb
Quote:Original Posted By gentongb






Menurut ane ga bisa dengan secara benar benar terbuka, pengambilan keputusan itu ga bisa dengan waktu singkat saat debat apalagi menyangkut orang banyak.
Kalau tolak harus ada kajian kajian ulang kenapa bisa seperti itu, tidak bisa serta merta ia dan tidak.

Terlalu vulgar sih menurut gw kalau di tampilkan secara terbuka, masalah yang sebelumnya yang makan siang di Istana. Tergantung ini mahasiswa yang ikut, kalau gila kekuasaan ya bakal sama sebelumnya.

Huuh dangelan


Ya memang keputusan tdk bisa diambil segera setelah pertemuan, sak dek sak nyet ujuk-ujuk ambil keputusan, gak begitu. Mestinya agenda utamanya kan dialog, jokowi mendengarkan keluhan/masukan dari mahasiswa, jalan keluar apa yg kira-kira bisa diberikan. Mengenai keputusan apa yg akan diambil jokowi selanjutnya ya itu terserah dia.

Agan gak merasa UU KPK yg baru itu vulgar ya gan? Klo buat ane sih vulgar banget, di depan rakyat secara terang-terangan wewenang KPK dipreteli. Dibuat oleh DPR, diapprove by president. Dgn Dalih "itu untuk memperkuat KPK".

Who're you trying to fool? Dagelan!
Diubah oleh iorveth
0 0
0
Mahasiswa Unair Sesalkan BEM SI Tolak Temui Jokowi
28-09-2019 10:29
kebanyakan nongkrong di cafe dan asyik PUBG kayaknya tuh.

emoticon-2 Jempol emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia