KiamhuAvatar border
TS
Kiamhu 
Sembuhkan Virus Penginfeksi File (Aplikasi) Dengan Dr.Web


Thread ini dibuat karena virus tipe ini penanganan khusus. Baik itu Tool (AntiVirus) yang tepat maupun cara Scan (harus scan semua drive termasuk USB) yang harus tepat juga. Tool yang tepat tetapi cara Scan salah (hanya Scan Drive sistem saja), tidak akan sembuh juga.

Jika Anda tidak yakin sedang terinfeksi virus jenis ini atau tidak, silahkan lampirkan dua buah log farbar terlebih dahulu: https://kask.us/izkEf

Apa yang dimaksud dengan virus penginfeksi File?

Begitu sistem terserang, virus ini mengincar dan menginfeksi (menambahkan script virus) file aplikasi di dalam seluruh Drive (baik itu Drive internal maupun Eksternal/USB). Ekstensi file yang paling umum diincar adalah exe. Setelah itu ada lagi ekstensi com, scr, pif, dll, dan html. Herannya, belum pernah ketemu virus yang menginfeksi ekstensi cmd.

Virus tipe seperti ini tidak bisa sembuh hanya dengan format Drive sistem, karena masih ada Drive Data dan Drive USB yang menyimpan data penting yang tidak mungkin Anda format juga. Bahkan denganFarbar Recovery Scan Tool juga tidak bisa membantu Anda melakukan penyembuhan ini.

Virus penginfeksi file pertama yang paling terkenal adalah Virut dan Sality, diikuti Ramnit yang masih mengincar sistem yang belum ada AntiVirusnya. Untuk Virut, Anda bisa menggunakan VirutKiller dari Kaspersky. Untuk Sality, Anda bisa menggunakan SalityKiller dari Kaspkersky, dan untuk Ramnit, anda bisa menggunakan FxRamnit dari Symantec.

Bagaimana untuk virus penginfeksi file yang lain? Developer AntiVirus tidak lagi mengeluarkan tool khusus untuk menyembuhkan virus penginfeksi file tertentu lagi karena sudah terlalu banyak. Dan juga AntiVirus sering kali tidak menyembuhkan file yang terinfeksi, hanya bisa menghapusnya padahal termasuk data penting.

Usut punya usut, ternyata masih ada satu AntiVirus Portabel yang belum pernah gagal menyembuhkan file penginfeksi exe. Tidak menghapusnya, melainkan menyembuhkan (membersihkan Script Virus dari file tersebut) sehingga bisa dijalankan lagi tanpa menginfeksi ulang.

Dia adalah Dr.Web. Ya, Anda pasti pernah dengar ini di artikel vaksin.com yang dulu. Anda bisa download langsung di sini: https://free.drweb.com/download+cureit+free/

Batasan masalah di Thread ini adalah Saya tidak membahas keampuhan Tool ini dalam memberantas virus lain seperti: Adware, Ransomware, Rootkit, dll. Karena Saya sendiri tidak tahu juga bagaimana keampuhannya terhadap virus itu.

Berikut langkah-langkahnya agar tidak salah Scan:

1. Colok semua drive USB baik itu Flash Disk maupun Hard Disk Eksternal agar bisa ikut dipindai

2. Jalankan Dr.web, centang persetujuannya dan klik Continue



3. Jangan pilih Start Scanning, karena Drive selain sistem tidak ikut dipindai



4. Centang semua opsinya untuk pembersihan maksimal dan pilih folder yang akan ikut dipindai



5. Ini yang paling Fatal! Harus centang semua Drive tanpa kecuali, kemudian klik OK



6. Semua objek yang akan dipindai telah ditampilkan, saatnya mulai Scan



7. Tunggu sampai selesai dan klik Neutralize untuk mulai disembuhkan, setelah selesai proses penyembuhannya, klik open Report



8. Akan keluar laporan dalam bentuk Notepad, silahkan save ke desktop



9. Kompres lognya dengan winzip atau winrar terlebih dahulu, kemudian upload ke Sendspace dan copaskan link hasil uploadnya biar bisa dilihat hasilnya oleh pihak yang memberikan bantuan


Sekian, Anda bisa arahkan Thread ini ke korban virus yang terkena virus penginfeksi aplikasi.
Diubah oleh Kiamhu 28-09-2019 09:03
rullyzaumansyah
al.royhanz
radityajs
radityajs dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.