Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

whyyoubannedmeAvatar border
TS
whyyoubannedme
Cara Melindungi Diri Saat Diserang Gas Air Mata
Halo gan sista semua, jumat berkah. Semoga ada dalam kelancaran dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan selama beraktivitas. Oke gan, sambil makan siang sama ngopi pasti asik baca thread ane ini gan emoticon-Recommended Seller



Ane cuma berbagi info aja nih, jadi kalau semisalkan agan sista ikut demo kemudian kena gas air mata, maka sebaiknya agan semua ketahui dulu material yang terkandung di dalam gas air mata.

Jadi gas air mata itu kalau diluar negeri dikasih tulisan tear gas/riot control, dan sebagainya.

Gas air mata ini mengandung arang, kalium nitrat, silikon, sukrosa, potasium klorat, dan magnesium karbonat. Semua bahan yang terkandung dalam kaleng gas air mata ini akan keluar dan bersatu semuanya menjadi satu ketika gas air mata meledak atau ditembakan.

Oleh sebab itu, meski gas air mata ini tidak mematikan namun bisa panas di kulit, bikin iritasi, sesak napas, dan tentunya bakalan perih di mata gan. Satu lagi gan efek yang sering dirasakan oleh pendemo ketika dikasih gas air mata, yaitu panik.

Sebagai tindak perlindungan diri, maka ketika dikasih gas air mata sama aparat sebaiknya lakukan beberapa hal ini :

Gunakan kacamata renang dan bawa raket



Memang terlihat konyol sih kalau semua pendemo pakai kacamata renang. Ya jangan pakai dulu dong, pas aparat nembakin gas air mata baru deh pake. Kacamata renang ini sangat efektif melindungi mata dari serangan gas air mata gan.

Kemudian ketika ada kaleng gas terbang, pukul aja pakai raket tenis gan.

Gunakan bandana atau handuk kecil untuk menutup mulut dan hidung



Pas asap gas air mata mulai menyebar, maka sebaiknya tutupi hidung dan mulut dengan bandana atau handuk. Tapi kalau bisa, rendam dulu bandana atau handuk nya ke dalam jus lemon atau cuka.

Jadi sebelum demo harus rendam dulu yah handuk sama bandana nya ke dalam jus lemon atau air cuka, lalu bungkus dalam kantong plastik dan bawa deh pas mau demo, sangat praktis kan. Nah pas demo dan diserang pakai gas air mata baru deh pakai tuh bandana atau handuk yang udah direndam.

Tapi cara ini hanya bisa berlaku beberapa menit saja. Soalnya kalau kelamaan nanti handuk atau bandana nya kan bisa kering dan tidak efektif lagi. Cuma ini kan tetap berguna buat tambahan waktu melarikan diri dari asap gas.

Jangan ambil kaleng atau tabung gas air mata di jalan



Kan suka ada tuh kaleng atau tabung gas air mata tergelatak di jalan. Niatnya sih mau ngelempar balik kalengnya ke aparat, tapi sebaiknya jangan gan. Itu kaleng sangat panas dan bisa meledak juga. Makanya kalau ada tergeletak di jalan sebaiknya jangan disentuh dengan tangan kosong.

Bahaya gan, nanti bisa cedera tangan.

Segera mendongak ke atas, keluar dari kerumanan dan cari tempat aman



Ketika mendengar suara tembakan, maka segera mendongak ke atas untuk mendapatkan udara segar, keluar dari kerumunan dan cari tempat yang aman. Jangan pernah berada di jalur tembakan gas gan. Ya iyalah, kan jalur tembakan gas itu adalah tempatnya asap gas air mata keluar.

Kalau misalkan ada angin akan sangat menguntungkan gan. Karena biasanya angin dapat menyapu bersih gas air mata dan ketika agan berusaha lari dari asap pun bisa tetap bernapas dengan tenang jika agan tau arah angin berhembus.

Cuci mata dan wajah



Ketika terkena gas air mata, maka segera basuh mata anda dengan air bersih, begitu juga dengan wajah anda. Tapi biasanya badan juga bisa kena, maka sekalian sama badannya juga gan.

Kalau misalkan terasa sakit di kulit, maka sebaiknya guyur seluruh badan dengan air susu. Sebab air susu ini dapat menetralkan larutan kimia yang menempel di badan dan dapat meringankan rasa sakit.

Buka baju kalau kena semprot terlalu banyak



Apabila baju yang agan pakai terlalu lama berada dalam asap gas air mata, otomatis baju jadi banyak mengandung material senyawa kimia gas air mata. Dalam kondisi ini sebaiknya buka baju agan, lalu badan yang kena gas air mata harus dicuci pakai sabun.

Hati-hati saat gak pakai baju gan. Soalnya gas air mata ini kan panas, kalau kulit agan sensitif sama bahan kimia, maka nantinya kulit bisa terkena gejala luka bakar ringan. Kulit yang terkena gejala luka bakar ringan masih bisa sembuh dengan diperban gan.

Bawa inhaler



Orang yang punya asma akut pasti sudah terbiasa bawa inhaler kan. Nah buat yang lagi demo juga sebaiknya bawa inhaler gan.

Gas air mata bisa membuat sesak napas sampai agan pun menjadi kesulitan untuk bernapas lagi dengan normal. Supaya cepat teratasi, sebaiknya pakai inhaler.

Itulah beberapa cara yang perlu agan lakukan untuk menghadapi gas air mata. Semoga bermanfaat yah gan.


Spoiler for referensi:



ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 6 lainnya memberi reputasi
7
915
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.