• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Jarang Orang Tahu, Inilah Motor Sport 250cc Honda Dan Yamaha Yang Bermesin 4 Silinder

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Jarang Orang Tahu, Inilah Motor Sport 250cc Honda Dan Yamaha Yang Bermesin 4 Silinder

Yamaha FZR250


Diproduksi pada tahun 1986 sampai 1994, Yamaha lebih awal mendatangkan sportbike 4 silinder 250cc dikelasnya. Sudah mengalami beberapa perubahan pada desain bodi, untuk generasi pertama desain yang diberikan sangatlah sederhana balutan fairing yang simpel dan dipadukan dengan dual headlamp berbentuk bulat menunjukkan bahwa motor ini kental akan nuansa retro. 

Hingga pada 1990an motor ini mengalami perubahan yang signifikan pada desain bodinya, tampil lebih fresh dan modern menghilangkan tampilan pada headlamp yang semua menggunakan dual headlamp berbentuk bulat menjadi single headlamp yang berpenampilan modern. 

Menggunakan rangka khas Yamaha yaitu alumunium deltabox membuat bodi yang diusung FZR250 ini menjadi lebih ringan. Suspensi depan dibekali dengan suspensi berjenis teleskopik fork berukuran 38mm dan suspensi belakang dibekali dengan Monoshock Alumunium Swingarm. 

Untuk pengeremannya, Yamaha mempersenjatai dual disc berukuran 285mm untuk depan dan single disc berukuran 210mm bagian belakang. Semua itu terpasang pada sektor kaki-kaki dengan velg berukuran ring 17, seperti dilansir enoanderson.com(26/4/2014).


Kapasitas mesin : 249cc DOHC 20 Valve

Pendingin : Cairan

Konfigurasi mesin : 4 Silinder Inline

Tenaga : 45hp @14500rpm

Torsi : 25Nm @11500rpm

Transmisi : 6 Percepatan

Kapasitas tangki : 12 Liter

Berat : 141 Kilogram




Honda CBR250RR


Diproduksi pada tahun 1990 sampai tahun 2000an, motor ini hadir sebagai sportbike dikelas 250cc dengan mesin inline 4. Secara desain layaknya motor tua, model yang diberikan masih sangat sederhana. Tampilan dual headlamp berbentuk bulat hampir memiliki kesamaan dengan pendahulunya yaitu Yamaha FZR250 dan Kawasaki ZXR250, mungkin pada zaman dulu tampilan tersebut bisa dibilang sporty sehingga banyak yang menggunakan desain tersebut. 

Keunikan mesin 4 silinder yang dimilikinya, memberikan kesan berkendara yang berbeda layaknya sedang menunggangi motor berkapasitas mesin 1000cc, namun kenyataannya CBR250RR ini hanya dibekali mesin 250cc saja. 

Pada Sektor pengereman, Honda membekali dengan dual disc brake berukuran 275mm untuk bagian depan, sedangkan bagian belakang dibekali dengan single disc brake berukuran 220mm. 

Mengingat motor ini memiliki tenaga yang cukup besar, maka sektor pengereman yang diberikan harus lebih ekstra. Suspensi menggunakan model teleskopik pada bagian depan dan suspensi monoshock pada bagian belakang. Sektor kaki-kaki Honda membekalinya dengan velg berukuran ring 17, dengan ukuran depan 110/70 dan 140/60 untuk bagian belakang seperti dilansir 2fiftycc.com(12/7/2014).



Kapasitas mesin : 249cc DOHC 16 Valve

Pendingin : Cairan

Konfigurasi mesin : 4 Silinder Inline

Tenaga : 45hp @14500rpm

Torsi : 23,5Nm @11500rpm

Transmisi : 6 Percepatan

Kapasitas tangki : 13 Liter

Berat : 143 Kilogram

secrettopsecret
adelianzw
davecchio
davecchio dan 10 lainnya memberi reputasi
9
14.5K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.