sukakudaAvatar border
TS
sukakuda
Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Anies Minta Jakarta Tak Dilupakan
Jakarta - Pantia Khusus (Pansus) pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) semalam menggelar rapat kajian bersama dengan pemerintah pusat. Agenda rapat ini mengkaji rencana tersebut.

Dalam rapat dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Rencananya juga turut hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Selain mengundang para menteri, Panus Pemindahan IKN juga mengundang gubernur yang terkait dengan rencana ini, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia dimintakan masukan dan usulan terkait rencana itu.

Dalam paparannya dia meminta pemerintah pusat untuk tidak melupakan Jakarta. Dia juga ingin tak semua aset negara seperti kantor pemerintahan yang ditinggalkan jadi tukar guling dengan swasta


Saat diberikan kesempatan berbicara, Anies mengatakan, bahwa rencana pindah IKN merupakan kewenangan pemerintah pusat. Meski ditinggalkan, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis.

Namun dia meminta pemerintah untuk tidak melupakan Jakarta. Anies berharap perhatian pemerintah terhadap Jakarta tidak berkurang.

"Harapan kami bahwa perhatian pemerintah bukan hanya terhadap masalah di kawasan ibu kota tapi juga kawasan Jakarta tidak berkurang. Karena kawasan ini memiliki tantangan yang tidak kecil," ujarnya di Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Anies menjelaskan, ada beberapa permasalahan di Jakarta yang menurutnya masih butuh perhatian pemerintah pusat. Pertama permasalahan lingkungan hidup.

"Tantangan ini lintas wilayah. Masalah air saja di kawasan ini air hujan. Di sisi selatan mengalir 13 sungai. Kedua air di pesisir karena air di Jakarta mengalami penurunan permukaan tanah di beberapa titik," terangnya.

Kedua, masalah terkait integrasi transportasi. Jakarta yang nantinya tetap menjadi pusat ekonomi, menurut Anies butuh kebijakan besar dalam menyiapkan integrasi transportasi.

Kemudian masalah ketiga yang dia harap masih dapat perhatian dari pemerintah adalah pengelolaan konsentrasi penduduk dan ketimpangan sosial ekonomi.


finance.detik.com/properti/d-4722441/jokowi-pindahkan-ibu-kota-anies-minta-jakarta-tak-dilupakan/1 

yg namanya mantan itu ya ud takdirnya dilupakan, harus move on

daerah mantan khusus ibukota jakarta

kutil75
otocis
trifatoyah
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.