funk
TS
OWNER
funk
Simak AC Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia


Sebagai negara di kawasan tropis cuaca yang panas dan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun membuat udara di negara ini cukup panas dan lembab. Cuaca dan iklim yang panas cenderung membuat gerah dan tidak nyaman sehingga membuat orang mencari kesejukan pada ruangannya. Selain menggunakan kipas angin untuk mencari kesejukan tersebut ada pula yang menggunakan pendingin ruangan yang tentunya rasa sejuk lebih maksimal di dapatkan.

Teknologi pendingin udara sudah digunakan sejak jaman romawi kuno, ketika itu air disalurkan melalui terowongan dan diedarkan di dinding-dinding rumah untuk mendinginkan ruangan, dan hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunya. Kita harus berterima kasih kepada John Gorrie dan Willis carrier yang berhasil menemukan teknologi pendingin ruangan atau biasa disebut Air Conditioner (AC). Saat ini teknologi pendingin ruangan dikembangkan sampai pesat hingga sukses membuat umat manusia tidak kegerahan lagi dan menjadikan AC salah satu alat elektronik favorit banyak orang dirumah dan bahkan sudah bukan menjadi barang mewah lagi karena harga sudah terjangkau.

Masalahnya adalah dengan banyaknya merk AC yang dijual terkadang kita bingung saat memilih merk mana sebenarnya yang cocok untuk kita beli. Kita tidak bisa sembarangan dalam memilih AC, jika kurang tepat dan kualitasnya buruk, maka akan membuat konsumsi daya listrik di rumah lebih boros dan tidak awet dalam penggunaanya. Nah kali ini mari kita tilik deretan merk AC terbaik yang beredar di indonesia yang bisa menjadi referensi tepat untuk kita miliki di rumah !

emoticon-terimakasih

1. SHARP



Salah satu merk yang bagus dan tahan lama adalah AC yang di produksi oleh Sharp. Sama seperti Panasonic, Sharp tidak hanya berkonsentrasi pada satu jenis produk elektronik saja, tetapi juga produk home appliance yang lain. Pada awal berdirinya, Sharp Indonesia bernama PT Yasonta. PT Yasonta didirikan oleh Martua R. Pangabean dan Jauw Tjong Kie pada 1969. Setelah itu, Juni 1970, Sharp Corporation melakukan penandatanganan perjanjian kolaborasi dengan PT Yasonta buat menjadi agen pemasaran dan pabrik perakitan produk Sharp Corporation. Pada tahun 2000 Sharp membuat dan meluncurkan teknologi Ion Plasmacluster pada Air Purifier. Sesuai dengan namanya yakni AC Sharp Plasmacluster yang rilis dengan teknologi terbaru dan terpilih. Teknologi berupa Ion Plasmacluster mempunyai kinerja dalam menekan perkembangan dan pertumbuhan virus dan bakteri di suatu ruang, Terlebih memang tak sekedar dingin dan sejuk saja yang diusung oleh AC ini tetapi juga pengkondisian adanya lingkungan sekitar yang terminimalisir dari resiko kesehatan akibat serangan dari virus dan bakteri.

Cara kerja dari Plasmacluster mampu menghasilkan semburan plasma dalam kandungan air dan oksigen di setiap udara yang dihasilkan. Tiap-tiap udara tersebut menghasilkan ion positif dan negatif dalam jumlah banyak sehingga memberikan kesegaran sekaligus kenyamanan pada ruang sekitar lebih lama. Dengan kinerja pilihan yang dimiliki akan menjadikan operasional penunjang. Kinerja tersebut ialah dengan ion negatif dan positif yang dihasilkan untuk menciptakan kesegaran sekaligus membunuh serangan bakteri maupun virus-virus jahat di sekitar. Dengan slogan “Sayonara Panas” Sharp mencoba menawarkan mesin pendingin ruangan secara lebih cepat dan dapat menjadikan betah dan nyaman tidak kepanasan. AC tipe tersebut merupakan ramah lingkungan, menggunakan Freon yang aman dan tidak merusak lapisan ozon.

Semua AC Sharp sudah dilengkapi teknologi Plasmacluster untuk menghilangkan virus dan jamur. Type AC produk sharp mencakup tipe Standar, Plasma, Deluxe Plasma dan Inverter. Produk sayonara panas adalah tipe deluxe plasma. Fitur yang populer lainya Powerfull Jetstream yaitu fitur fast cooling, Coanda Gentle Cool Air fitur yang mampu membuat hembusan udara dingin yang dikeluarkan tidak langsung mengenai tubuh kita, Baby Sleep Mode, Auto Restart dan Auto Swing louver.


2. PANASONIC


Siapa sih yang tidak kenal dengan produsen yang satu ini ? berbagai macam barang elektronik mulai dari kamera, televisi, lemari es, mesin cuci, air conditioner sampai alat masak dan alat kecantikan ada semua. Panasonic menjadi pionir dengan market share terbesar AC di Indonesia selama beberapa tahun, berdasarkan laporan konsultan independen GFK, Panasonic mengantongi 29,9% pangsa pasar AC di indonesia naik ke posisi pertama dari 19,2 % dan tengah bersaing dengan kompetitor terdekatnya LG 18% Sharp 15,8% dan Samsung 13,8%. Dengan brand image lawas merk National yang cukup terkenal di masyarakat melalui produk elektroniknya, sudah cukup membuktikan bahwa kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi.

Panasonic Corporation merupakan salah satu pemimpin dalam pengembangan teknologi elektronik di dunia, baik untuk konsumen rumah tangga, bisnis, industri, serta perlengkapan pribadi. Sejak didirikan pada tahun 1918, Panasonic telah dan memiliki lebih dari 500 perusahaan konsolidasi di seluruh dunia. Berkomitmen untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen melalui inovasi teknologi di segala bidang, Panasonic mendukung terciptanya kehidupan dan dunia yang lebih baik bagi konsumennya. Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kali dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio ‘Tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Hingga saat ini, Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari audio visual, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya. Untuk informasi tentang Panasonic, silakan kunjungi website-nya di www.panasonic.com/idatau telpon Customer Care Center di 0804-1-111-111.

Sebagian besar model AC Panasonic sudah di produksi di dalam negeri oleh PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI), sebagai wujud hasil karya anak bangsa yang berkomitmen mengajak para konsumen untuk mencintai produk dalam negeri. Untuk saat ini PMI merupakan satu-satunya pabrik AC di Indonesia dengan kemampuan memproduksi secara penuh (full manufacture) dari bahan baku hingga produk jadi. Sedangkan untuk segi marketing di Indonesia berada dibawah naungan PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI). Diantara AC Panasonic produksi oleh PMI adalah tipe XN, KN, PN, LN dan YN. Panasonic menyediakan berbagai jenis AC yang lengkap untuk konsumennya, mulai dari single split, cassette type, ceiling type, sampai dengan floor standing type. Saat ini sudah tersedia beberapa jenis AC Panasonic dibekali dengan teknologi inverter yang hemat energy, sekitar 40% produk untuk AC jenis ruangan dan 55% untuk AC jenis komersil. Selain itu produk AC-nya sudah ramah lingkungan berbasis refrigerant R32 dan dilengkapi teknologi Nanoe-X dan Nanoe-G. Teknologi Nanoe adalah system pemurnian udara revolusioner yang dapat menghilangkan bau, mencegah pertumbuhan bakteri dan virus, serta efektif dalam menghilangkan debu untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih bersih dan lebih segar. Teknologi Nanoe yang diciptakan dan dikembangkan oleh Panasonic ini sudah disertifikasi di FCG Research Institute Inc untuk pengujian menghilangkan PM 2.5 dan disertifikasi oleh Kitasato research Center for Environmental science untuk pengujian menghilangkan bakteri, virus dan jamur di udara dan secara global sudah mendapatkan sertifikasi dari seluruh dunia. Teknologi Nanoe pun semakin banyak digunakan di berbagai industri, seperti industri rel kereta, otomotif, hotel dan industri pariwisata.




Fitur menarik lainya adalah Blue Fin, teknologi terbaru yang paling dibanggakan oleh Panasonic ini adalah coating biru pada dibagian evaporator dan ubend dari indoor unit dan juga bagian kondensor dari outdoor unit. Jadi dengan teknologi Blue Fin ini, seluruh bagian Evaporator dan juga Ubend yang berada di Indoor unit dilapisi Blue Fin yang membuat efek daun talas (Hydrophobic) di bagian Evaporatornya. Begitu pula dengan bagian Kondensor di Outdoor unit juga seluruhnya sudah dilapisi dengan Blue Fin. Dengan begitu air jadi tidak menempel yang membuat Evaporator menjadi tahan lama. Itulah mengapa Panasonic sampai berani memberikan garansi khusus Evaporator selama 3 tahun !




 
Pengujian Teknologi Blue Finini sudah dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia melalui Center for Materials Processing and Failure Analysis Universitas Indonesia (CMPFA UI) yang merupakan Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) dalam lingkungan Universitas Indonesia yaitu pengujian korosi berupa uji kabut garam sesuai dengan metode ASTM B117. Berdasarkan pengujian yang dilaksanakan 28 Juni – 11 Juli 2019, ditemukan bahwa dengan pemaparan kabut garam sebesar 5% NaCl, temperatur uji 35°C dan kadar keasamaan 6.9 selama 216 jam terbukti bahwa evaporator AC Panasonic si-BiRU tahan terhadap lingkungan korosif. Deni Ferdian, Director of CMPFA Universitas Indonesia mengatakan kerjasama dengan PT Panasonic Gobel Indonesia ini merupakan bukti nyata Tri Darma Pendidikan Tinggi dalam hal Pengabdian Masyarakat. Dengan peralatan laboratorium yang canggih, Universitas Indonesia memberikan layanan untuk mendukung perkembangan industri dalam negeri dengan predikat sebagai Laboratorium Penguji yang terakreditasi ISO / IEC 17025 membuktikan bahwa hasil pengujian ini dapat memenuhi Standar Internasional.



Dan fitur yang menarik terakhir adalah Ecotoughyaitu outdoor pendingin ruangan (AC) yang di produksi oleh PMI dengan menggunakan material SuperDyma. Material SuperDyma ini telah banyak digunakan untuk konstruksi jembatan dan rel kereta api, sehingga ketahananya sudah terjamin, juga tahan karat sehingga cocok dengan kondisi iklim tropis yang ada di Indonesia. Material SuperDyma  tidak ada unsur metal sama sekali sehingga lebih tahan karat walaupun setelah beberapa tahun pemakaian. Tidak heran jika produk AC panasonic yang menggunakan fitur unggulan ketiga diatas termasuk dalam kategori best seller.

Panasonic berkomitmen untuk menciptakan hidup dan dunia yang lebih baik, serta berkontribusi untuk terus mengembangkan masyarakat dan kebahagiaan manusia di seluruh dunia. Sesuai dengan slogannya yaitu A Better Life, A Better World.


3. LG



Bingung memilih AC dari berbagai merk yang ada di indonesia ? pertimbangkan untuk membeli LG karena merk ini adalah satu yang terbaik dipasar indonesia. Tidak hanya AC, pabrikan korea ini juga memproduksi televisi, lemari es, mesin cuci dan produk elektronik lainnya. Seperti Panasonic, LG dahulunya mempunya merk dagang GoldStar yang pertama kali dibentuk pada tahun 1985. Pada tahun 1995 GoldStar berubah nama menjadi LG Electronics yang merupakan gabungan dari 2 perusahaan korea yaitu Lucky dan Goldstar dimana kemudian lebih dikenal dengan sebutan LG.

Tipe AC LG sempat dikenal oleh masyarakat melalui produk Hercules Mininya, yang diklaim sebagai AC paling hemat di dunia hanya menggunakan 260 Watt untuk AC 1/2 PKnya tapi kemudian tipe tersebut sudah discontinue digantikan dengan tipe Low Wattnya dengan konsumsi listrik 330 Watt agar tenaga ACnya lebih dingin. Terbaru mereka memperkenalkan Varian AC inverter yaitu DUACOOL with Watt Control. Mengusung jargon “Hemat Berlipat”, generasi terbaru penyejuk ruangan ini mampu menghemat listrik hingga 70 persen dibanding AC non inverter. Bicara mengenai kenyamanan penggunaan, LG pun membawa serta berbagai fitur istimewa di dalamnya. Termasuk di dalamnya JetCool, Ionizer, dan SmartThinQ. Sesuai namanya, fitur JetCool yang diaktifkan melalui pilihan tombol khusus pada remote control, membuat  AC DUALCOOL dengan Watt Control mempersingkat proses pendinginan ruang.

Beberapa seri AC LG sudah dilengkapi dengan ionizer sterilization yang dapat mensterilisasi bakteri dan deodorasi hingga 99,9%. Fitur andalan lainnya dari AC LG adalah  Fresh Dry , Auto Cleaning, Air Filter Active Energi Control dan Inverter V Technology. Merek AC dengan slogan “Life’s Good” ini bisa mengklaim bisa menghemat energy sampai 60%. Selain itu dari segi desain juga terlihat stylish dan modern, selain sebagai mesin pendingin ruangan bisa juga sebagai hiasan di dalam ruangan.


4. DAIKIN



Daikin merupakan salah satu produsen pembuat AC terbaik di dunia dan sudah menjual di lebih dari 140 negara. Saat berbicara tentang merk AC yang bagus, maka Daikin menjadi salah satu merk AC yang cukup dicari. Merk AC Daikin bukan lagi menjadi barang yang asing di pasar Indonesia karena memang sudah lama berada di pasar indonesia. Didirikan pada tahun 1924 dengan kantor pusat di Osaka, pada tahun 2012 Daikin Indonesia bergabung dengan group Daikin dan konsisten menyediakan pendingin ruangan untuk hunian, komersil, dan industri.

Daikin selalu konsisten memberikan teknologi terbaiknya. AC Daikin menjadi salah satu solusi agar membuat rumah selalu nyaman di tengah panasnya udara di luar sana akibat pemanasan global. Menjawab kebutuhan akan hunian di Indonesia, Daikin menciptakan khusus untuk pasar di indonesia yaitu AC Daikin Multi-S 2 dan Multi-S 3 koneksi dengan 3 keunggulan utama, diantaranya hemat  tempat, hemat energi dan hemat listrik. Hanya dengan 1 outdoor dapat mengoperasikan 2 unit indoor sekaligus menggunakan daya listrik sebesar 380 Watt (Low Watt Mode, Level 2). Target utama AC ini sebenarnya adalah apartemen 1 kamar tidur atau 2 kamar tidur yang memiliki tempat untuk menaruh ourdoor yang terbatas. Beberapa seri terbaiknya Selain Multi-S dianataranya Urusara 7 (FTXZ), European Designed (FTKJ) dan HI Inverter (FTKV).

Tidak hanya untuk hunian, Daikin juga menyediakan AC untuk industri dan komersil. Perusahaan AC asal Jepang ini memiliki beberapa seri AC terbaik yang ditawarkan. Semua seri terbaru dari Daikin ini sudah memiliki teknologi inverter yang akan membantu Anda menghemat energi. Sebagai produsen AC yang telah berdiri cukup lama, produk AC Daikin pastinya tidak perlu diragukan lagi dengan kualitasnya. AC Daikin sudah dilengkapi dengan Freon R32 yang dikenal sebagai Freon ramah lingkungan yang tidak mengakibatkan merusak lapisan ozon. AC Daikin mempunyai banyak sekali fitur yang canggih diantaranya seperti Energy Saving, Quiet Operation, Auto Fan Speed, 3-D Air Flow,  serta Comfortable Airflow Control yang membuat AC nyaman dan hemat.


5. MITSUBISHI



Selama ini kita mungkin mengira bahwa Mistsubishi adalah sebagai produsen otomotif saja. Sejatinya Mitsubishi Electric bukan pemain baru dalam pasar barang elektronik. Brand ini sudah banyak memproduksi barang elektronik yang bertahan lama dan salah satunya pendingin ruangan alias AC. Perusahaan jepang yang berdiri sejak tahun 1870 ini menghadirkan beberapa jenis AC berkualitas terbaik dikamar tidur. Di Indonesia terdapat 2 perusahaan yang menggunakan nama Mitsubishi, yaitu Mitsubishi Electric dan Mitsubishi Heavy Industries dua-dua mempunyai manajamen berbeda juga mengeluarkan jenis AC sendiri.

AC keluaran Mitsubishi Heavy Industries sempat mengenalkan AC tipe CMP yaitu AC dengan indoor paling kecil didunia sehingga AC ini cocok dengan ruangan yang tidak banyak space yang kocong karena bentuk indoornya yang mungil. Untuk freonya sendiri sudah beralih ke yang ramah lingkungan yaitu tipe R410A dan lini produknya juga tersedia dalam tipe Deluxe dan Inverter. Sedangkan untuk Mitsubishi Electric hadir di Indonesia memperkenalkan lini produknya yang diklaim berkualitas tinggi, dengan suku cadang yang terpilih untuk menghadirkan produk terbaik kualitas Jepang. Agar konsumen tidak bingung Mitsubishi Electric menyebut produk AC nya dengan sebutan Mr. Slim supaya membedakan dengan produk dari Mistsubishi Heavy Industries.

Meskipun menyediakan AC jenis split, Mitsubishi Electric lebih laris dalam AC jenis komersial yang diletakkan dilangit-langit seperti di pusat perbelanjaan. Teknologi terbaru milik mitsubishi adalah “I See Sensor” yang merealisasikan kontrol AC secara lebih baik sehingga kinerja AC jadi lebih optimal. Beberapa fitur yang jadi andalannya adalah Nano Platinum Filter, filter ini menggabungkan partikel keramik-platinum berukuran nano yang menghasilkan efek anti bakteri yang stabil dan tidak berbau, Filter Enzim Anti Alergi yang berfungsi menyaring kutu, debu dan penyebab alergi lainnya, Easy Clean, Super Quiet Indoor, Super Quit Outdoor dan Poko-Poki Motor, dimana teknologi paten ini mengurangi panas dan gesekan.



Nah itu dia, deretan merk AC terbaik yang hemat listrik, awet dan populer
di Indonesia yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.
Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang hendak membeli AC.

emoticon-paket




Diubah oleh funk 23-09-2019 17:31
syafetriyunanditahudazone
hudazone dan 18 lainnya memberi reputasi
19
42.7K
798
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home Appliance
icon
2.7KThread5.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.