Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indahmamiAvatar border
TS
indahmami
Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman
Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman


Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman





Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman

Sumber: dokpri




Bulan ramadan telah usai, rasanya campur aduk antara sedih dan bahagia. Sedih karena harus setahun lagi menjumpai bulan ramadan, bulan yang penuh limpahan rahmat dan pahala dari Allah swt. Bahagia karena bisa merayakan hari raya idhul fitri, hari raya yang penuh kemenangan bagi umat muslim di seluruh dunia, dan hal yang tak kalah paling penting adalah kita bisa menjalin, menyambung, dan bersilaturahmi kepada sanak saudara.



Apa sih makna hari raya buat kalian gaeess? Kalau aku sih kembali ke suci dengan melebur dosa saling memaafkan sesama umat manusia, yaitu hamba Allah swt.


Banyak tradisi setiap merayakan hari raya idhul fitri, tentu setiap daerah berbeda-beda karena memiliki cara tersendiri untuk menikmati moment indahnya, dan tak ketinggalan adalah moment mudik lebaran. Yup, mudik alias pulang kampung. Moment yang paling kita tunggu selama setahun setelah berkutat dengan rutinitas sibuknya pekerjaan. Bercengkerama dengan keluarga, sanak saudara, bahkan mantan pacar. *ehhh ... emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)


Kalian mudik dari mana ke mana gaes? emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)Kalau aku sih cukup dari kota yang terkenal dengan keraton, alus tutur bahasanya, lemah lembut orangnya, dan unggah ungguh tata kramanya. emoticon-Kiss emoticon-Kiss Yup, dimana lagi kalau bukan kota Solo alias Surakarta. Mudikku sekarang dari kota Solo ke kota makmur aja gaess, yaitu kota Sukoharjo. Hmm,,, gak jauh-jauh amat perjalanannya, hanya butuh waktu tempuh perjalanan sekitar kurang lebih 1,5 jam dach sampai via motor.


Spoiler for Mudikku:



Kebetulan saat perjalanan aku banyak melewati tempat-tempat yang menarik. Kalian wajib mampir ya gaeesss, dijamin jos banget deh! Oke, cekidot!




1. Pasar Gede


Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman

Sumber: dokpri

Kalian yang berdomisili sekitaran Solo atau pun yang pernah tinggal di Solo pasti gak asing ma pasar legend 1 ini. Yup, bener banget. Pasar Gede selain untuk transaksi jual beli kebutuhan pokok dan barang-barang rumah tangga lainnya, juga spot area untuk berselfi ria. Karena emang keren banget gaees, apalagi pas moment tahun baru cina. Banyak banget hiasan dan ornamen-ornamen keren terpasang di sana dan sini sampai di depan bank Indonesia.


2. Bekas Pasar Klewer


Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman

Sumber: dokpri


Setelah melewati Pasar Gede, mulai masuklah ke lingkungan keraton. Sebenernya ini tuh alun-alun utara keraton Solo, tapi sejak terbakarnya pasar klewer disulaplah menjadi pasar sementara. Ehh, itu dulu sih, klw sekarang udah dibangun pasar yang baru.


3. Pendopo Keraton


Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman

Sumber: dokpri


Setelah melewati pasar bekas klewer, kemudian kita masuk ke area pendopo keraton dan dibelakang terdapat musium sejarah keraton Solo. Nah, di pintu masuk keraton terkadang ada beberapa petugas yang menjaga. Kemudian keluar sedikit ke arah timur ke arah musium, ada beberapa penjual kerajinan khas keraton dan andong (kereta kuda).


4. Alun-Alun Selatan


Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman

Sumber: dokpri

Alun-alun selatan keraton alias Alkid (alun-alun kidul dalam bahasa jawa) terdapat banyak hiburan, kebetulan ada pasar malam nih gaess dan yang pasti ramai banget pas malam hari. Kalau siang sampai sore biasanya buat nongkrong atau hanya sekedar jalan-jalan aja..
Kebetulan pas aku lewat, keadaan super sepi banget sih, biasanya sih ada walaupun cuma pedagang pinggiran yang buka. Mungkin efek karena lebaran yang masih sibuk berkunjung ke sanak saudara.


5. Kota Sukoharjo


Mudik Seru Sepanjang Perjalanan ke Kampung Halaman

Sumber: dokpri


Oke, trip selanjutnya adalah memasuki kota Sukoharjo. Kebetulan yang ku lewati jalannya lempeng aja.. Enggak melewati rute ke tempat-tempat hiburan. Cuma melewati kolam renang dan alun-alun Sukoharjo. Alun-alun sukoharjo biasanya ramai kalau malam. Yahh ... seperti alun-alun kidul Solo, alun-alun Sukoharjo juga banyak hiburan.




6. Halal Bihalal






Selain mudik yang paling ditunggu, hal yang paling membahagiakan lainnya adalah berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. Saling maaf mema'afkan, saling melebur dosa, dan kembali ke keadaan yang suci.
Berikut beberapa moment yang sempat tersimpan,
Yaahhh ... cukup sederhana aja sih, enggak mewah-mewah, asalkan makna dari idhul fitri terasa ke dalam relung sanubari.





Karena hakikat idhul fitri adalah kemenangan setelah berjuang berpuasa sebulan penuh dan kegembiraan menyambung ikatan tali silaturahmi sesama saudara semuslim seiman walau tanpa ikatan darah.

Kemarin halal bihalal keliling kampung (satu gang RT), kebetulan semua saudara satu mbah, satu nasab, yaitu Bani Bilal. Walau ada yang tak satu darah bahkan berbeda keyakinan, kami tetap saling bersilaturohmi maaf memaafkan.




Moment hari raya telah menyatukan kita semua, dari sabang sampai merauke, dari yang ikatan sedarah sampai tak memiliki ikatan apapun. Sugeng riyadi, mohon maaf lahir dan batin. Taqoballawlohu mina wa minkum.




emoticon-Ketupatemoticon-Ketupatemoticon-Ketupatemoticon-Ketupat
emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk



Belajar Bersama Bisa
Diubah oleh indahmami 05-10-2022 13:03
erina79purba
evywahyuni
abellacitra
abellacitra dan 22 lainnya memberi reputasi
23
6K
311
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.