Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
350
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d897a828d94d00dc34104e0/andai-jokowi-jatuh
Mari kita simulasikan andai demonstrasi hari-hari ini membuat pemerintahan Jokowi jatuh. Saya terbiasa membuat simulasi dari keadaan terburuk. Bisa kan? Mungkin kan? Bisa banget,
Lapor Hansip
24-09-2019 09:08

Andai Jokowi Jatuh

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Andai Jokowi Jatuh

Mari kita simulasikan andai demonstrasi hari-hari ini membuat pemerintahan Jokowi jatuh. Saya terbiasa membuat simulasi dari keadaan terburuk. Bisa kan? Mungkin kan? Bisa banget, mungkin banget. Wong Soeharto yang 32 tahun berkuasa saja bisa jatuh oleh mahasiswa kok. Apa yang membuat gw membuat perkiraan seburuk itu? Manuver-manuver yang dilakukan parlemen pada detik-detik akhir masa tugas mereka. Mensahkan banyak RUU yang kontroversial dan memancing perdebatan. Mengapa baru sekarang, bukan beberapa bulan yang lalu?

Pernah mikir sampai sini? DPR masa bakti 2014-2019 dianggap yang terburuk selama masa reformasi. Hal ini bisa dilihat dari produktifitas menghasilkan Undang-Undang. Mengapa di akhir masa jabatan, mereka begitu ngotot meng-goal-kan banyak RUU menjadi Undang-undang? Mulai dari RUU KPK, RUU KUHP, sampai dengan RUU Pemasyarakatan. Jokowi sendiri meminta empat RUU termasuk RUU Pemasyarakatan ditunda pembahasannya. Namun, anggota Dewan menolak dan tetap menggelar paripurna, ada apa? Penundaan pembahasan UU membuka peluang untuk dengar pendapat dengan masyarakat, termasuk yang demo itu. Kenapa saluran ini ditutup oleh DPR?

Andai Jokowi Jatuh

Bagi yang mengedepankan emosi dan mudah terprovokasi, tanpa mau membaca situasi dan kondisi, ya mudah saja diajak aksi. Entah aksi itu muaranya kemana dan untuk kepentingan siapa, pokoknya aksi dulu. Narasi dibangun dengan tidak masuk akal. Mulai dari pelemahan KPK, Hutan dibakar, sampai kekerasan Papua. Kalau Jokowi mau melemahkan KPK, gampang. Jokowi bakar hutan? Bukankah beliau yang malah ke sana saat pejabat daerah menikmati plesir ke luar negeri. Papua? Caleg partai mana yang jadi provokator? Jokowi mbangun Papua seperti apa? Dari sini kan ujungnya jelas, Jokowi turun! Teriakan Jokowi turun pun menggema di jalan. Coba deh mikir sejenak, ada yang aneh tidak dengan kondisi hari ini?

Andai Jokowi bisa diturunkan, lalu apa yang akan terjadi? Kekosongan kekuasaan? Pembatalan hasil pemilu, lalu diadakan pemilu ulang? Atau justru Suriah dan Afganistan akan pindah ke negeri yang indah ini? Kalau hal itu sudah terjadi, siap untuk perang tiada henti tiap hari? Lalu AS datang layaknya polisi yang seolah-olah mendamaikan, tapi kemudian mengeruk apa yang bisa dikeruk dari bumi Indonesia, itukah yang kita mau? Terus kalian yang hari berdemonstrasi jadi apa? Jadi dengkulnya reformasi kayak dulu? Bukan kesejahteraan yang kalian dapat, tapi menaikkan sengkuni pada posisi terhormat. Itu yang kalian mau? Mikir boss!!

Andai Jokowi Jatuh

Katakanlah perang tidak terjadi. Yang ada adalah peralihan kekuasaan dengan damai, apakah itu opsi terbaik? Bagaimana jika opsi itu akan terus menjadi opsi di masa yang akan datang? Kurang suka dengan presiden, mau melawan lewat pemilu ternyata kalah mulu, lalu membuat aksi dengan tujuan pribadi untuk menggulingkan pemerintah. Polanya sama. hembuskan isu, mainkan parlemen, gerakkan manusia-manusia yang malas mikir, yang penting aksi, chaos, ambil kekuasaan. Mau seperti itu terus? Lalu kapan akan mensejahterakan buruh, petani dan masyarakat mikin kota yang kalian dengungkan selama ini?

Tapi ya sudahlah, terserah masyarakat saja maunya apa. Toh kalau pada akhirnya chaos, yang rugi juga bisa tertebak kok. Yang untung juga sudah kelihatan, elite-elite yang urusannya dipersulit hari ini. Semoga perkiraan dan pemikiran saya hari ini tidak terjadi. Semoga yang demo sudah mikir masak-masak dan punya banyak plan andai hal buruk terjadi. Salam Damai, semoga beneran damai.



Merdeka!


Sumber Referensi : sini, sini
Sumber Gambar : sini, sini, sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 71 lainnya memberi reputasi
64
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 15
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:19
kalo jatuh ya bangun sendiri,
udah gede ini
0 0
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:21
Quote:Original Posted By Runscore
Presiden pekok beserta jajaran nya emoticon-Big Grin RKUHP gajetot kan yang buat geng2an nya dia (pemerintah), dia maen setuju2 aje! pekok!

Revisi UU kpk yang buat dHewan pun kudu ada persetujuan dari dia juga, pekok nya kpk dilemahin mao jadi lembaga negara emoticon-Ngakak (S) enak kale DPR korupsi sepuasnya emoticon-Big Grin

gua bukan cebong & kampret goblok penghuni kaskus, lawan gih mahasiswa? bela tuh revisi uu kpk! paling buzzerRP tolol bacot doang emoticon-Big Grin

Bagi bata no bacot emoticon-Blue Guy Bata (S)

emoticon-Blue Guy Bata (L)



Lanjut bree..
profile-picture
Runscore memberi reputasi
1 0
1
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:21
pemimpin skrg ya terbaik dari yg terburuklah...

masi aneh aj kok bisa2 nya menyetujui Ruu KPK...
profile-picture
Santri.Santuy memberi reputasi
1 0
1
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:24
Quote:Original Posted By ushirota
Makanya bung karno Segera diganti suhartoemoticon-Frown
Salut dengan bung karno dan gus duremoticon-Matabelo

Teruslah berjuang wahai para mahasiswa di gedung DPRemoticon-Belgia

Gus Dur baru tahap awal akan membubarkan DPR... Tapi ya gitu deh, ada mbah-mbah tak tahu malu dari congcat sana yang menjatuhkan beliau... Jadi apa mbah-mbah itu sekarang??? Gelandangan politik yang omongannya ngawur... emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:25
Udah tertib mulai hari ini. Mudah2an...
profile-picture
Santri.Santuy memberi reputasi
1 0
1
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:27
Quote:Original Posted By taufandilog
Itu yang demo emang pada ngga ada makul? Apa emang udah libur kuliah?

Ane minggu lalu pas pulang kena demo depan gedung mpr/dpr, udah magrib masih aja bertahan, padahal orang-orang kerja pengen cepat nyampe rumah ketemu keluarga dan istirahat.

Dr mampang ke gedung mpr biasanya magrib kalo macet parah cuma 20-30 menit, ini sampe sejam loh. Itu pun terpaksa puter balik lewat jalan asia afrika gara-gara jalanan di blokir.

Ane yakin kalo para mahasiswa yang demo itu suatu saat nanti udah lulus dan kerja, pasti ogah ikut demo macam ini.


Diizinin sama dosen dan dosen juga ikut mendukung
Apalagi dosen fisip, fib ui emoticon-Big Grin
0 0
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:27
Mana simulasinya ??ini mah cuma pendapat ente semata gan, kita ini negata demokrasi, bebas berpendapat donk??toh demonya jg gk anarkis gan, ente lebay
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan eziowhitebird memberi reputasi
1 1
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:30
Quote:Original Posted By dwikusumad
Andai Jokowi Jatuh
Ane dukung skuitwot aja gan.. emoticon-Traveller


Hemm ane punya nih almet nya, tapi nggak ikut demo, nggak bermanfaat mending mikirin skripsi emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan dwikusumad memberi reputasi
2 0
2
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:33
Quote:Original Posted By lopez112
Mana simulasinya ??ini mah cuma pendapat ente semata gan, kita ini negata demokrasi, bebas berpendapat donk??toh demonya jg gk anarkis gan, ente lebay


Hah ga anarkis? TV ente mati ?? Ga liat berapa fasum yg dibakar? Mobil polisi yg d rusak. Ane kemaren d lapangan gan pagi sampai siang oke berjalan damai, sesuai uu jam 6 harusnya udah bubar..

Andai Jokowi Jatuh
Diubah oleh irvan84
0 0
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:33
bungkusnya pakai agama, itu dia yg susah emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan areszzjay memberi reputasi
1 1
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:34
lagiiii, elite politik sdah mngadu domba rakyat.
yg kena ya tetep rakyat.
0 0
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:35
Quote:Original Posted By eziowhitebird
Hemm ane punya nih almet nya, tapi nggak ikut demo, nggak bermanfaat mending mikirin skripsi emoticon-Turut Berduka


Santai gan.. ane juga samaa. Pasukan kampus ane dibilang massa terbanyak kmrn tapi ane lebih milih ngurus revisian dirumah ketimbang ikutan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan areszzjay memberi reputasi
1 1
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:35
Hoam iyain aja biar ts seneng
profile-picture
profile-picture
Santri.Santuy dan areszzjay memberi reputasi
1 1
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:37
Quote:Bagi yang mengedepankan emosi dan mudah terprovokasi, tanpa mau membaca situasi dan kondisi, ya mudah saja diajak aksi. Entah aksi itu muaranya kemana dan untuk kepentingan siapa, pokoknya aksi dulu. Narasi dibangun dengan tidak masuk akal. 


Setubuh gan, rakyat kaya gampang banget terprovokasi.
Kayanya menurut pandangan ane nih gan, kebanyakan yg demo kemaren itu masih miskin literasi gan, iya gak sih.

Mereka hanya tau permasalahan atasnya saja. Bagus sih gan gerakan melawan seperti itu tapi ya harus diiringi dengan kecerdasan literasi yg bagus pula.

Gejayan memanggil itu bagus gan, damai tanpa rusuh dan mengedepankan tuntutan yg emang dinilai salah terutama RUU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alanaf98 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:38
setubuh gan. disini bukan cuma presiden yg berperan tp ada DPR dkk. kayak tim lah. fungsi DPR yg gak jalan. padahal ini tugas DPR dengerin aspirasi rakyat baru sampaikan ke presiden. Presiden bukan ownernya negara juga. Mungkin presiden juga puyeng. ya moga2 aja dibatalin nih RKUHP dan RUU. gak usah nasbung nastaklah. toh wowo kemarin merapat juga. mau presiden diganti wowo atau tiap hari ganti kalo bawahannya kecoak2 ya tetep aja ampas emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gery.poer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:38
Quote:Original Posted By dwikusumad
Santai gan.. ane juga samaa. Pasukan kampus ane dibilang massa terbanyak kmrn tapi ane lebih milih ngurus revisian dirumah ketimbang ikutan emoticon-Ngakak


Mantap tanggung jawab kuliah ente lebih penting gan buat masa depan...
Kalo pun ikut demo, demolah sesuai aturan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:40
Aneh banget. Padahal biasa aja namanya juga demokrasi dan semua negara diseluruh dunia juga begitu emoticon-No Hope
Yang penting aspirasi seluruh masyarakat dapat tersampaikan dan cepat ditanggapi emoticon-Ngacir2
0 0
0
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:41
Quote:Original Posted By dwikusumad
Santai gan.. ane juga samaa. Pasukan kampus ane dibilang massa terbanyak kmrn tapi ane lebih milih ngurus revisian dirumah ketimbang ikutan emoticon-Ngakak


IHSG aja lgsg nyunsep terjun bebas kemaren.. Kl ekonomi terpuruk korporasi kehilangan trust dr investor ujung2nya efisiensi perusahaan /PHK ujung2nya lagi cicilan2 ente2 pada mangkrak..
🤭
Diubah oleh irvan84
profile-picture
profile-picture
reid2 dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:42
Demo itu yang bikin orang banyak senang gitu loh... Demo masak ato apalah..

Seneng banget ngerusak fasilitas umum, mgerugiin masyarakat pula.. emoticon-Cape d...

Demo ya silakan tapi jangan rusuh.. Kan masih ada cara2 lain yang lebih elegan
Diubah oleh uusDK
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan dwikusumad memberi reputasi
2 0
2
Andai Jokowi Jatuh
25-09-2019 06:43
Apa iya presiden bisa bubarin dpr?
0 0
0
Halaman 5 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia