News
Batal
KATEGORI
link has been copied
47
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8a098be83c7262254af481/menghafal-quran-fitur-meningkatkan-kecerdasan
Qur'an adalah mukjizat terbesar yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi rahmatan lil'alamin. Sungguh Allah telah memilih di antara hamba-hamba-Nya, orang-orang yang Allah jadikan sebagai penjaga Kitabullah dengan cara memelihara hafalannya dan menjaganya di dalam hati-hati mereka. Allah memberikan banyak keutamaan-keutamaan bagi para penghafal Al-Quran (Al-Ajwibah al-Hisan Liman
Lapor Hansip
24-09-2019 19:18

Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan

Qur'an adalah mukjizat terbesar yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi rahmatan lil'alamin. Sungguh Allah telah memilih di antara hamba-hamba-Nya, orang-orang yang Allah jadikan sebagai penjaga Kitabullah dengan cara memelihara hafalannya dan menjaganya di dalam hati-hati mereka. Allah memberikan banyak keutamaan-keutamaan bagi para penghafal Al-Quran (Al-Ajwibah al-Hisan Liman Araada Bihifdzil Quran karya Syaikh Taqiyyul Islam Qaari), diantaranya adalah: Membantu meningkatkan kekuatan daya ingat dimana hafalan itu bertambah serta mudah pula untuk menghafal apa yang dia inginkan berupa ilmu-ilmu dan faedah-faedah. Allah menjadikan mudah baginya.

Banyak ilmuwan muslim yang mereka sukses dan menjadi ilmuwan dunia hingga ilmunya telah memberi manfaat besar dalam kehidupan kita saat ini. Sebut saja Ibnu Sina - Bapak Kedokteran dunia yang dikenal oleh orang-orang barat dengan nama Avicena, Al Khawarizmi (penemu Ilmu Aritmatika), Al Farabi (Filosof Islam), Ibnu Jabir Al Hayyan (Bapak Kimia Modern), Ibnu Jazari (Perintis Teknologi Modern & Robot) dan lain-lainnya masih banyak lagi. Kesemua ilmuwan ini tidak menjadi besar dan hebat begitu saja. Pada Usia yang sangat kecil mereka telah dekat dengan Al Qur'an. Bahkan Ibnu Sina pada usia 10 tahun sudah menghafal Qur'an 30 Juz, subhanallah. Mereka tidak hanya menguasai satu bidang ilmu.

Saat ini dibelahan bumi Arab, saudara-saudari kita di Palestina mereka berlomba-lomba menghafal qur'an 30 Juz dalam usia yang relatif masih sangat kecil. Dan ini yang menjadi kekhawatiran orang-orang Yahudi, akan muncul para pemimpin-pemimpin muslim yang cerdas dan tangguh dari anak-anak penghafal Qur'an ini.

Di Indonesia, dari beberapa hal yang saya amati dari interaksi saya dengan temman-teman dan rekan kerja (Maiyah, al Hafidzoh, Ir. Maya, Al Hafidzoh), Dwi Nurjanah, al Hafidzoh, MAria Ulfah, al Hafidzoh, siswa-siswi juga anak-anak sahabat yang telah dibiasakan dekat dengan Qur'an sejak kecil. Saya melihat kecenderungan peningkatan kecerdasan siswa-siswi dan para krucil saya...luar biasa. Terlihat perbedaan antara mereka yang tidak lancar membaca, menghafal dan yang hafalan Qurannya lebih banyak. 3,5 tahun bersama mereka, mengamati perkembangan mereka belajar dan berubah menjadi lebih sholeh dan smart. Mereka yang hafalan Qurannya bagus dan lebih banyak terlihat mereka lebih siap belajar dan mampu memahami hal-hal yang bagi usianya masih rumit tapi menjadi mudah untuk mereka, Keep Fighting My litle stars ^_^

Ayasy (anak seorang sahabat) dalam usia 11 tahun telah menghafal 30 Juz, dalam akademiknya ia mengalami lompatan kelas dan lulus lebih awal dari teman-teman satu angkatannya. Tak hanya unggul dalam akademis, dia pun menjadi juara dalam sebuah kompetisi beladiri internasional. Krucil-krucilku Rahma & Zahra (the twins) sejak kecil alhamdulillah mereka dibiasakan membaca Qur'an, serta merta menempatkan mereka selalu menjadi juara di kelasnya.

Pembiasaan dekat dengan Qur'an sejak dalam kandungan salah satu cara membiasakan mereka dekat dengan Quran ketika mereka besar. Mamah Tien Soekresno dalam perbincangan kami di bulan Ramadhan beberapa tahun silam mengatakan "sejak dalam kandungan, janin yang dibiasakan diperdengarkan bacaan Quran akan terbentuk sebuah 'space' di otaknya sebuah kemampuan lain yaitu terbiasa dengan bacaan yang baik, Qur'an". Bacaan Al-Qur’an mampu merangsang syaraf-syaraf otak pada anak.

Dan tidaklah heran kita menemukan anak di usianya yang relatif kecil sudah menghafal Qur'an, Hauzah Ilmiah Qom yang paling belia (5 tahun) dan dengan kecerdasannya ini anak pertama dari negeri Iran ini berhasil memperoleh titel Doktor kehormatan dari salah satu universitas Inggris di usianya yang ketujuh.

Dari berbagai penelitian membuktikan, usia dini (0-6 tahun) merupakan periode atau masa keemasan (the golden age) yang sangat menentukan tahap perkembangan anak selanjutnya. Kecerdasan anak mencapai 50 persen pada usia 0 – 4 tahun, sebanyak 80 persen pada usia delapan tahun, dan mencapai 100 persen pada usia 18 tahun. Ini berarti masa emas seorang anak berada pada usia dini, sebelum berusia 7 tahun. Pada masa emas, kecepatan pertumbuhan otak anak sangat tinggi, mencapai 50 persen dari keseluruhan perkembangan otak anak selama hidupnya. Di masa ini, seorang anak mampu menyerap ide dan pengetahuan jauh lebih kuat daripada orang dewasa. Manfaatkanlah kehebatan otak anak-anak kita...biasakanlah dengan hal-hal positif.

Insya Allah akan melahirkan pribadi-pribadi sholeh, smart dan tangguh...menjadi "Generasi Harapan" Pemimpin masa depan yang hebat, Amiiinn. Bila orangtua tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan jalan membantu dari belakang, maka tetap tidak akan mempengaruhi kemampuan otak anak dalam menganyam neoron, karena kesempatan untuk memperkuat koneksi otak terbuka luas selama masa anak-anak. Tetapi tentu akan semakin baik bila orangtua pun ikut aktif membantu.

Usia menghafal tidak hanya sampai 18 atau ada yang mengatakan 21 tahun, bagi kita-kita yang usianya sudah berlanjut...masih ada harapan. Dalam buku HAFAL AL-QUR’AN TANPA NYANTRI penyusun: Abdud Daim Al Kahil. penerbit: Pustaka Arafah-- Ummu Sholih (Indonesia) berhasil menghafal Quran 30 juz pada usia yang telah lanjut 70 tahun...subhanallah. Ini berarti masih ada harapan...Ayo diri SEMANGAT ! Tularkan kebaikan ini untuk diri dan untuk orang-orang disekitar yang kita cintai.

https://www.kompasiana.com/jatsy/581...kan-kecerdasan

Subhanallah
Diubah oleh barusan.mualaf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
musaidullah dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan
24-09-2019 20:57


Quote:Original Posted By musaidullah
Pantesan negara2 kafir seperti Jepang, Korea, Taiwan, Eropa, Amerika pada goblok2 dan kismin2, rupanya karena mereka tidak pernah membaca Al-Quran.

Bandingkan dgn negara2 islam yg ummatnya rajin membaca Quran, seperti Sudan, Pakistan, Somalia, Yaman, Suriah, Libya, Afghanistan, dll
rakyatnya pada cerdas2 dan setiap tahun selalu saja menghasilkan Nobel Laurates yg mendatangkan inovasi2 baru.
Masya Allah...


S3 Sarkasme nih emoticon-Leh Uga
0 0
0
Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan
24-09-2019 21:07
0 0
0
Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan
24-09-2019 21:32
Quote:Original Posted By donal.duck.
Wah keren udah menciptakan apa saja nih yg baru ? Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan


menciptakan...... uhuks.... perdamaian emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ikyu828
http://worldpopulationreview.com/cou...iq-by-country/

https://en.wikipedia.org/wiki/List_o...tes_by_country

emoticon-Wink


Lah itu tempat kuliah ustad kondang nyecroll kebawahnya jauh amat yak emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kristiyan.3gp dan donal.duck. memberi reputasi
2 0
2
Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan
Lapor Hansip
24-09-2019 22:05
Balasan post lonelylontong
@lonelylontong baca lagi kalimat ane... Resapi dalam2...
0 0
0
Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan
24-09-2019 23:40
Bosen ane dimana-mana yg di bahas agaaamaaaa mulu, pengen bgt sih di bilang paling benerz paling dapet surga. Terpenjara dogma, jadi otak kisut.

Sekali-kali keluar negri deh, minimal banyak baca, biar pikiran kebuka.
0 0
0
Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan
25-09-2019 00:10
Quote:Original Posted By beyoungcarerock
emoticon-shakehand

Jangan lupa negara2 Skandinavia yang banyak ngateis nya, mereka hidup dibawah garis kemiskinan, pendidikan terbelakang dan tingkat kriminalitas yg tinggi


Sarkas tingkat dewaemoticon-Toast
0 0
0
Menghafal Qur'an: Fitur Meningkatkan Kecerdasan
25-09-2019 08:05
klo bahas claim sana sini mendadak pada diakui is..nya ... giliran gontok gontokan suru bikin agama sendiri....
Diubah oleh dcp1968
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia