• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bagaimana Jadinya Dengan Motor Matik Kekinian Tidak Gunakan Kick Starter Lagi?

indriketarenAvatar border
TS
indriketaren
Bagaimana Jadinya Dengan Motor Matik Kekinian Tidak Gunakan Kick Starter Lagi?
Hallo semua agan sista...!!!
Tentu kita sudah tahu tentang begitu banyaknya kendaraan roda dua untuk saat ini atau biasa disebut dengan sepeda motor. Dan karena jumlah pengguna dari sepeda motor juga kian bertambah, maka para produksi sepeda motor kian memproduksi unit mereka. Sehingga dari tahun ke tahun mereka itu selalu saja menciptakan unit-unit yang baru dan banyak mengalami perubahan.


Upps..., sebentar deh. Maksudnya banyak mengalami perubahan itu dalam segi apa ya...???

Nah, perubahan yang terus di inovasi mulai dari sistem pembakaran dari pembakaran karburator menjadi injeksi, sitem chasis ataupun body, kinerja mesin sampai dengan fitur tambahan lainnya. Dan mungkin saja hal-hal tersebut sudah sering agan sista lihat bukan. Namun, ada juga perubahan yang belakangan ini dimana satu benda dihilangkan dari sepeda motor yang sebelum perubahan benda tersebut ada dan sangat dibutuhkan.

Hmmmm...., kira-kira apa ya gansis...???

Apakah agan sista sudah tahu tentang motor matik terbaru Honda Vario 125 di tahun 2019 ini...???


Coba agan sista perhatikan pada motor matik Honda Vario 125 terbaru 2019 tersebut. Disitu agan sista akan menemukan jawabannya.

Dan ya benar sekali jawaban dari agan sista semua, bahwa Honda Vario 125 terbaru 2019 tersebut tidak menggunakan Kick Starterlagi atau biasa kita sebut dengan engkolan.
Dan apakah agan sista sudah tahu bahwa beberapa unit honda saat ini tidak menggunakan kick starter lagi. Kebanyakan saat ini AHM menghilangkan kick starter atau engkolan pada unit produksi terbaru dari mereka. Dan mereka hanya mengunggulkan starter elektrik saja. Dan saja tentu hal ini akan menjadi masalah baru bagi para bikers. Di mana kick starter ini akan menjadi sesuatu yang mungkin sangat penting ya bagi para bikers. Namun kini sudah dihilangkan oleh AHM itu sendiri.

Oke..., karena di sini kick starter pada Honda Vario 125 terbaru 2019 sudah dihilangkan, ini tentu ada alasan-alasan sendiri dari AHM. Yang mana nantinya juga akan diterapkan juga pada Honda Vario, Honda Scoopy, Honda Beat dan Honda Matic lainnya juga. Itu nantinya akan diterapkan dan digerakkan oleh marketing director AHM itu sendiri. Jadi kelas dunia sekarang ini sudah semuanya tidak menggunakan lagi yang namanya kick starter pada unit mereka.
AHM menghilangkan kick starter pada unit mereka karena mereka sudah melihat melalui survei kepada masyarakat yang memakai kick starter ini ternyata sudah sangat menurun. Artinya AHM ingin memanjakan kepada para konsumen agar hanya menggunakan starter elektrik saja ketika menghidupkan mesin. Tapi menurut saya kick starter merupakan suatu hal yang sangat vital ya sebenarnya. Menurut data yang AHM peroleh memang penggunaan kick starter ini menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Lalu bagaimana nanti dengan solusi-solusi ketika aki atau baterainya soak...???
Bagaimana ketika aki atau baterainya sudah ngedrop...???
Pasti akan susah hidup karena tidak ada lagi bantuan dari yang namanya kick starter bukan...???
Apalagi kalau sepeda motornya jarang digunakan, tentu biasanya kita membutuhkan bantuan yang namanya kick starter bukan...???
Dan ketika kita juga memanaskan mesin biasanya butuh bantuan dari kick starter bukan...???

Nah.., semuanya pertanyaan itu sekarang tidak perlu dikhawatirkan lagi ya gansis. Karena dengan starter elektrik semua bisa dilakukan dengan mudah. Karena sistem yang digunakan sekarang itu sudah menggunakan PGM F1 full injeksi. Jadi sudah sangat berbeda dengan yang motor dulu menggunakan sistem karburator. Tapi kita juga memang harus selalu rajin-rajin mengecek baterai pada Honda Vario 125 terbaru 2019 ini. Kita harus rajin mengecek voltase dari pada baterai itu sendiri. Lalu solusi yang harus dilakukan itu kita harus sering mengecek yang namanya speedometer dari motor tersebut.

Karena di dalam speedometer itu sudah di pasang ya indikatornya mengenai kapasitas voltase dari pada aki atau baterai dari motor tersebut. Dan perlu diketahui bahwa voltase aki atau baterai yang ideal itu di angka 11,4 volt. Ketika baterai atau aki sudah berada di titik batas minimal, maka akan muncul peringatan berwarna merah di bagian speedometernya. Itu memperingatkan penggunanya agar melakukan isi ulang daya aki atau baterai atau mengganti aki atau baterai ketika tidak bisa lagi di isi ulang. Jadi AHM menghilangkan kick starter pada unit motor mereka bukannya malah merepotkan ya gansis sebetulnya. Tetapi sebenarnya AHM ingin sangat memanjakan kepada konsumen khususnya Honda Vario 125 terbaru 2019 ini dengan dihilangkannya kick starter pada sepeda motor tersebut.

Bisa kita lihat bersama bahwa ada tombol di bawah speedometernya.


Jadi untuk melihat indikatornya, silahkan gansis ditekan saja tombol yang ada disebelah kiri. Itu bisa buat lihat berapa voltase dari pada baterai yang digunakan. Biasanya itu Voltase baterainya berada di angka 12,6 volt dalam kondisi mesin itu mati ya atau tidak dalam keadaan menyala. Hanya membuka di bagian kontaknya saja itu biasanya sudah 12,6 volt. Nah ketika mesin menyala atau hidup, biasanya indikator akan menunjukkan voltase baterai menjadi 14,6 volt. Jadi lebih besar ya gansis dari sebelumnya yang artinya sistem pengisian dari mesin untuk mengisi daya pada baterai itu berjalan.

Bagaiman gansis....????
Apakah agan sista masih takut menggunakan sepeda motor tanpa kick starter...???
Apakah agan sista ragu akan menggunakan unit Honda Vario 125 terbaru 2019 ini...???

Quote:

Mari silahkan berbagi dikolom komentarya gansis atau qoute post dibawah thread ini. Terimakasih dan sampai jumpa pada kesempatan thread selanjutnya.

Diubah oleh indriketaren 12-11-2019 18:08
jahotma
swiitdebby
dimaz.habib
dimaz.habib dan 9 lainnya memberi reputasi
8
15.5K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.